Tip Memilih Dress yang Pas dengan Acara, dari Pesta Pernikahan Sampai Job Interview

Tip Memilih Dress yang Pas dengan Acara, dari Pesta Pernikahan Sampai Job Interview


Percaya atau enggak, Ma, bahwa gaya busana yang kita bawakan akan menentukan kesan penampilan kita. Cara kita menampilkan diri akan memberi impresi pada orang lain tanpa perlu banyak bicara.

Terus, bagaimana ya, memaksimalkan penampilan kita agar selalu berkesan di mana pun kita berada? Secara khusus, Mama Rempong akan mengulas tip memilih busana agar sesuai dengan tempat dan acara. Biar nggak sampai salah kostum, hingga berdampak kita jadi memberikan kesan yang salah atas diri kita sendiri pada orang lain.

Yuk, simak sampai selesai ya.

Tip Memilih Dressa yang Pas dengan Acara

1. Undangan Pernikahan

Undangan, lokasi, dan jam akan menjadi panduan kita dalam memilih dress.

Untuk undangan pernikahan yang berlokasi di luar ruangan pada siang hari, biasanya akan lebih santai dan kasual. Hindari aksen yang berat seperti payet dan manik-manik. Akan lebih baik jika kita memilih dress yang berbahan ringan berwarna cerah yang dipadu dengan sepatu berujung terbuka.

Jika akad nikah berlangsung sore dan berlanjut resepsi pada malam harinya--dan tanpa dresscode--maka anggaplah sebagai acara semiformal. Cocktail dress atau setelan malam dengan warna yang tidak lebih mencolok dari pengantin perempuan sangat boleh dikenakan.

Merah muda yang lembut masih bisa dipakai, tetapi tidak dengan warna hot pink. Tak harus selalu gaun panjang selantai, gaun selutut juga masih bisa dipakai asal memiliki potongan semiformal atau formal.


2. Cocktail party

Pesta cocktail adalah sebuah acara dengan tampilan gaya yang kasual. Pakailah atasan dengan detail khusus yang dipadu rok atau celana yang sesuai, ditambah heels atau flat mewah.

Namun, hindari kain yang terlalu santai seperti chino, jersey, dan denim.

Atasan berbahan kashmir dengan rok satin selutut, heels, anting-anting, dan setumpuk gelang bisa dicoba. Tak harus selalu memilih dress, celana panjang juga bisa dicoba asal tampilannya tidak membuat kita jadi tampak 'kantoran' banget. Kalau mau pakai jaket, pilihlah kamisol bahan sutera sebagai dalamannya.


3. Makan malam

Pertanyaan ini harus dijawab dulu: Siapa yang mengundang dan seberapa spesialkah acara ini?

Ini penting untuk memilih dress yang pas, karena kalau sampai gaya busana kita kurang pantas, maka bisa saja menyinggung sang pengundang. Tapi, kalau sampai gaya kita melebihi sang pengundang, maka suasana bisa saja jadi awkward.

Solusinya, jangan ragu bertanya pada pengundang atau tuan rumah tentang acaranya tersebut. Ini adalah cara terbak untuk mengetahui, apakah bisa memakai denim yang kasual atau rok dan blus dengan bahan jatuh yang lembut.

Lalu, bagaimana membuat tampilan kita jadi maksimal? Kenakan anting besar, atau lilitkan scarf cantik di tas. Itu saja.


4. Makan malam bisnis atau office party

Untuk memilih dress yang cocok dengan acara ini, budaya kantor harus diperhatikan. Apakah lingkungan kantor termasuk konservatif? Atau santai dan kasual?

Celana dengan sweater bahan halus atau blus dan blazer bisa dicoba. Atau, memilih dress warna gelap. Bawa blazer dan siapkan blus feminin serta sepatu malam yang cantik berwarna metalik. Atau, bisa juga mengenakan perhiasan dengan sesuatu yang lebih terlihat.


5. Job Interview

Pada perusahaan besar yang masih tradisional, pemakaian blazer masih dianggap standar. Memakai jas dapat memberi kesan bahwa kita serius tertarik pada posisi itu.

Namun, kalau melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang kreatif atau artistik, seperti media, desain atau teknologi, kenakanlah sesuatu yang di luar kebiasaan. Misalnya, memilih dress dengan ikat pinggang besar dan kardigan. Atau bisa juga rok pensil dengan blus dan cropped jacket.


Nah, jadi, mempunyai beberapa helai pakaian dasar seperti dress, blazer, kardigan, dan sebagainya itu perlu. Mama tentunya tak akan kesulitan kan menemukan baju-baju yang pas seperti ini. Pilihan mau belanja online ataupun offline banyak. Juga sekarang banyak pusat perbelanjaan yang menjual baju branded murah. Asalkan kita telaten memilih, pasti akan dapat yang pas di hati, pas pula di kantong.

Saran aja sih, kalau lagi belanja baju, mendingan nggak usah ajak si papa. Nanti malah pingsan di tengah-tengah belanja, karena kecapekan antar kita bolak-balik sana-sini.
Tip Memilih Dress yang Pas dengan Acara, dari Pesta Pernikahan Sampai Job Interview Tip Memilih Dress yang Pas dengan Acara, dari Pesta Pernikahan Sampai Job Interview Reviewed by Carolina Ratri on May 14, 2019 Rating: 5

No comments