4 Tipe Liburan Keluarga yang Bisa Mama Lakukan di Masa Liburan Mendatang

4 Tipe Liburan Keluarga yang Bisa Mama Lakukan di Masa Liburan Mendatang



53% liburan keluarga membuat hubungan antar anggota keluarga semakin erat. (Sumber : takingthekids.com) Sebelum menentukan destinasi, cek dulu keluarga Mama termasuk tipe yang mana.

Liburan keluarga sendiri bertujuan untuk melepas penat dan memiliki quality time dengan suami dan anak-anak.

Ke mana? Well, tergantung masing-masing keluarga juga.

Beberapa keluarga lebih memilih santai menikmati segarnya udara pegunungan dan deburan ombak di lokasi wisata pantai daripada permainan yang memerlukan aktivitas fisik sebagai destinasi liburan.

Beberapa lainnya, lebih tertarik mengunjungi tempat wisata edukatif dibandingkan dengan taman hiburan.

Terlepas dari berapa lama waktu libur yang ada dan berapa banyak biaya yang Mama alokasikan untuk melakukan liburan keluarga, penting lho untuk menentukan destinasi yang tepat.

Jangan sampai, hanya karena beberapa tempat lagi nge-hits, Mama dan keluarga menghabiskan waktu di sana tanpa merasa enjoy. Bukan momen berharga yang didapat, malah lelah dan hasil jepretan semata.

Sebelum berangkat, sebaiknya cari tahu dulu tipe liburan keluarga seperti apa yang cocok untuk keluarga Mama!


Air!

Menurut fakta psikologis, warna biru memang dapat memberikan efek relaksasi bagi kita, Ma.
Nggak heran, kalau banyak banget orang yang memilih pantai sebagai destinasi liburan.

Tapi, kalau Mama sekeluarga ingin merasakan liburan keluarga di air dan memacu adrenalin sekaligus, maka arung jeram adalah jawaban yang tepat! Selain itu, water sports seperti scuba diving, jetpacks, surfing, rafting juga perlu Mama dan keluarga coba.

Jika ingin sekadar santai di cottage atau hammock bisa Mama rasakan sambil melihat anak membuat istana pasir saat berada di pantai. Hal yang perlu Mama perhatikan yakni selalu membawa tabir surya agar kulit nggak terbakar dan melakukan aktivitas di air tanpa kendala!


Back to Nature

Breathe in, breathe out….

Jenuh dengan kebisingan dan polusi di kota? Well, wisata alam bisa jadi solusi untuk Mama yang ingin menikmati liburan keluarga yang penuh dengan pemandangan asri dan lebih dekat dengan alam.

Bagi para working mama, rutinitas naik kendaraan umum atau ojek online saat berangkat ke kantor bisa diganti dengan trekking atau mountain biking saat liburan bertemakan kembali ke alam ini.

Bagi mama yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang hobi masak, kali ini Mama bisa masak dengan latar berbeda, di alam terbuka! Kalau biasanya dapur, saat wisata alam Mama bisa masak di tungku kayu sambil berkemah di kaki gunung, juga dimanjakan dengan pemandangan yang serba hijau.

Tempat lain bernuansa alam yang bisa jadi alternatif yakni peternakan dan perkebunan. Peternakan kuda dan kelinci sepertinya cocok buat si kecil penyayang binatang. Jika ingin menikmati minuman segar yang baru dipetik dari alam, kebun teh atau kebun stroberi tempat yang sesuai untuk Mama sekeluarga.


Wisata edukatif

Mama sekeluarga ingin mendapat hiburan dan edukasi sekaligus dari momen liburan keluarga kali ini? Selain bersenang-senang, banyak pengetahuan yang bisa didapat dari liburan tipe ini.

Wisata edukatif mensyaratkan tempat yang sarat akan suatu nilai. Seperti museum, galeri, monumen, taman margasatwa, dan taman nasional. Bahkan, tempat ibadah bersejarah pun bisa dimasukkan dalam daftar destinasi keluarga, lho. Mengingat isu agama sedang marah akhir-akhir ini, wajib bagi Mama memberikan edukasi mengenai toleransi beragama kepada anak sejak dini.

Outbond juga punya banyak manfaat agar anak lebih aktif dan berani mencoba sesuatu yang baru. Beberapa tempat outbond menyediakan jasa permainan untuk team-building. Mama browsing dulu mengenai tempat-tempat tersebut dan tanyakan ketertarikan anggota keluarga lebih condong ke mana.


I feel freeee

Untuk Mama dan keluarga yang ingin bebas mengekspresikan diri dan merasakan sensasi liburan keluarga yang lain dari biasanya, paralayang, kereta gantung, roller coaster, trampolin, dan bungee jumping bisa menjadi pilihan.

Wah! Mama dan sekeluarga pasti puas jika memang merupakan tipe keluarga “I feel free” sejati.
Nah, kalau mau yang all-in-one, taman hiburan dengan berbagai wahana juga bisa Mama kunjungi. Baik yang berada di tengah kota ataupun taman hiburan yang terkenal di suatu daerah.

Kalau cuaca lagi kurang menentu, antusiasme Mama dan keluarga nggak akan surut jika bermain di tempat hiburan indoor. Nggak perlu merogoh kantong terlalu dalam Mama sudah bisa membebaskan diri dari kepenatan.


Nah, mau ke mana, Ma, liburan mendatang?

Sebaiknya, segera rencanakan mulai dari sekarang. Rundingkan dulu dengan seluruh anggota keluarga sebelum memutuskan ingin mencoba tipe liburan keluarga yang mana.

Tak hanya bujet, namun kondisi fisik Mama sekeluarga juga harus disesuaikan ya, Ma. Pastikan keluarga Mama dalam keadaan fit agar saat liburan keluarga datang, maka bisa menjadi momen yang tak terlupakan karena 47% momen tak terlupakan terjadi saat liburan keluarga, Ma. Momen itu akan terus dibicarakan oleh suami, dan terutama anak-anak, bahkan setelah waktu liburan usai.

Keep this in mind, "Time you enjoy wasting is not wasted time".
Selamat berlibur untuk Mama dan keluarga!
4 Tipe Liburan Keluarga yang Bisa Mama Lakukan di Masa Liburan Mendatang 4 Tipe Liburan Keluarga yang Bisa Mama Lakukan di Masa Liburan Mendatang Reviewed by Carolina Ratri on April 06, 2019 Rating: 5

No comments