Tak Ada Lagi Kantung Mata: 4 Cara Mengatasinya Secara Sederhana

Tak Ada Lagi Kantung Mata: 4 Cara Mengatasinya Secara Sederhana


Kantung mata tentunya mengganggu penampilan. Akibatnya bermacam-macam, yang pasti, mata terlihat lelah dan kurang segar.

Namun, Mama nggak perlu khawatir, karena ternyata ini bisa dihindari kok. Sebelum melihat cara pencegahannya, Mama harus tahu dulu apa penyebab munculnya kantung mata.


Penyebab kantung mata

Kulit di sekitar mata merupakan kulit paling tipis sehingga area tersebut merupakan area yang paling terpengaruh oleh keluar masuknya cairan.

Demikian penjelasan dari Valerie Goldburt, dermatologist di NYU Langone Medical Center yang dikutip dalam artikel Banish the Bang Under Your Eyes. Alergi, pilek, ataupun sinusitis merupakan sumber yang memicu cairan menumpuk di area bawah mata yang menimbulkan kantung mata.

Nggak cuma dari dalam tubuh, pemicu munculnya kantung mata di pagi hari pun bisa disebabkan oleh faktor dari luar, misalnya terlalu banyak mengonsumsi garam di malam hari, atau bahkan menangis.

Kebiasaan buruk seperti menggosok mata, tidur tanpa membersihkan riasan wajah, dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga menjadi pemicu timbulkan kantung mata.

Mengapa?

Riasan wajah yang tidak dibersihkan menyebabkan mata iritasi sehingga cairan menumpuk di bawah mata. Sedangkan, kebiasaan mengonsumsi makanan beralkohol menyebabkan dehidrasi sehingga kulit bawah mata pun menurun.



Pencegahan timbulnya kantung mata

Dengan mengetahui apa yang menjadi pemicu timbulnya kantung mata, maka kita pun akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk mencegah terbentuknya kantung mata.

  • Jika terserang demam atau pilek, Mama bisa segera mengonsumsi obat flu atau ke dokter. Jika dibiarkan, cairan akan semakin menumpuk di bawah mata.
  • Para penderita sinusitis dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan sejenis obat semprot hidung yang mengencerkan sinusitis sehingga cairan tidak akan menumpuk dan membentuk kantung mata.
  • Ubahlah posisi tidur. Tidur dengan posisi menyamping akan mendorong cairan mengumpul di bawah mata. Sebaiknya, cobalah tidur telentang dan menambah jumlah bantal saat tidur. Semakin cepat mengubah posisi tidur akan semakin baik karena kantung mata bisa menjadi permanen jika didiamkan saja.



Obat kantung mata yang bisa Mama dapatkan di rumah


  1. Air; Delapan sampai sepuluh gelas air putih dalam sehari bisa menjaga area sekitar mata terhidrasi. 
  2. Tea bags; mengompres kedua mata dengan kantung teh yang diseduh akan membantu menghilangkan kantung mata akibat iritasi
  3. Cucumber; gunakan irisan ketimun yang telah didinginkan 10 menit di dalam lemari es untuk menutupi mata.
  4. Cold spoon; dinginkan beberapa buah sendok dalam lemari es, dan gunakan untuk mengompres kantung mata sampai sendok terasa hangat.

Nah, ternyata mudah sekali bukan, cara menghilangkan kantung mata ini?

Selamat mencoba!
Tak Ada Lagi Kantung Mata: 4 Cara Mengatasinya Secara Sederhana Tak Ada Lagi Kantung Mata: 4 Cara Mengatasinya Secara Sederhana Reviewed by Carolina Ratri on April 16, 2019 Rating: 5

No comments