3 Cara Paling Sederhana untuk Ajari Anak Mengalah dan Berempati

3 Cara Paling Sederhana untuk Ajari Anak Mengalah dan Berempati


Balita memiliki sikap protektif yang sangat tinggi terhadap benda-benda yang dimilikinya. Hal ini karena mereka belum mengerti akan artinya berbagi.

Jika hal ini dibiarkan terus, si kecil pun akan menjadi egois dan sulit berbagi, Ma.

Yuk, ajari ia untuk berani mengalah dengan beberapa langkah berikut.


1. Berbagi itu indah

Katakan pada si kecil bahwa saat mengalah berarti ia telah berbagi dengan orang lain dan membuatnya senang.

Mama juga bisa mengarahkannya untuk mengajak kakak, adik, atau teman yang ingin meminjam mainan untuk bermain bersama atau bergiliran.


2. Menenangkan hati

Dengan mengalah, si kecil akan terhindar dari pertengkaran dengan orang lain dan hatinya pun lebih tenang.

Jelaskan padanya bahwa saling berebut mainan atau benda lainnya hanya akan membuat dirinya kesal dan dipenuhi kemarahan. Hal itu pun akan memengaruhi mood-nya dalam menjalani kegiatan sehari-hari.


3. Disayang semua

Jelaskan jika si kecil mau mengalah kepada adik, kakak, atau temannya, ia pun akan lebih disayang oleh mereka dan orang lain di sekitarnya.

Dengan mengalah, ia juga akan menciptakan kedamaian bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya.


Nah, tapi ada satu hal yang harus diingat. Bahwa meski mengalah memang baik, tapi bukan berarti juga bahwa si kecil harus terus menerus mengalah. Jika terus mengalah, maka potensinya pun tidak berkembang dan membuatnya tak percaya diri.

Karena itu, berikan kesempatan baginya untuk juga mengungkapkan pendapat dan ajari ia mengalah dengan cara yang tepat. Ia juga boleh kok mempertahankan diri, asalkan beri kesempatan padanya untuk memberi penjelasan yang logis.

Happy parenting, Mama!

3 Cara Paling Sederhana untuk Ajari Anak Mengalah dan Berempati 3 Cara Paling Sederhana untuk Ajari Anak Mengalah dan Berempati Reviewed by Carolina Ratri on April 13, 2019 Rating: 5

No comments