5 Tip Berbaur dan Menjalin Hubungan yang Akrab dengan Wali Murid Lain

5 Tip Berbaur dan Menjalin Hubungan yang Akrab dengan Wali Murid Lain


Tahun ajaran baru segera dimulai. Barangkali Mama yang sudah memiliki anak usia 3-4 tahun sudah mulai siap-siap mendaftar sekolah ya, Ma?

Yang biasa terjadi adalah, saat orang tua mengantar anak ke sekolah baru, yang justru kayak murid baru malah orang tuanya. Sibuk kenalan, sibuk nanya nomor HP wali kelasnya. Sibuk nyari teman. Keliling sekolah buat lihat-lihat ruangan, menghafal nama-nama anak teman dan juga menghafal nama-nama staf sekolah, dengan urusannya masing-masing.

Anak-anak? Asal ada mainan, teman baru bisa langsung akur.

Nah, supaya para Mama Rempong bisa langsung ikut membaur juga dengan orang tua atau wali murid lain, berikut sedikit tip yang mungkin berguna.


1. Bersikap ramah


Saat Mama melihat salah satu wali murid, sapa dia, tanyakanlah beberapa hal yang remeh temeh, dan kalau nyaman, teruskanlah mengobrol. Dengan begitu yang lain akan ikut nimbrung.

Dari situlah Mama bisa mulai menjalin pertemanan dengan mereka. Jadi setiap Mama sedang menunggu anak selesai sekolah, Mama setidaknya ada teman mengobrol.


2. Meminta nomor telepon

Setelah Mama mengenal mereka satu per satu, mintalah nomor telepon supaya kalau ada apa-apa Mama bisa bertukar info dengan mereka. Seperti kalau suatu kali nanti, si kecil sakit dan izin tidak bisa masuk sekolah, dan Mama kan jadi bisa bertanya kalau ada tugas atau pengumuman-pengumuman, jika tak bisa bertanya pada gurunya langsung.

Berinisiatiflah untuk membuat grup WhatsApp, kalau belum ada yang melakukannya. Dalam grup, tentunya Mama akan lebih mudah melakukan komunikasi dengan wali murid yang lain.


3. Undang jika mengadakan pesta ulang tahun

Anak-anak kan paling suka tuh, kalau ulang tahun mereka dirayakan, jadi Mama jangan lupa untuk mengundang teman-teman sekelasnya. Nah, undang sekalian ibunyaya, kan bisa sekalian untuk mengenalkan rumah Mama.

Datanglah juga, kalau mereka mengundang Mama untuk hadir di pesta yang mereka adakan.


4. Kalau ada yang bisnis, cobalah untuk menjadi pelanggan mereka

Kadang di antara para orangtua murid tersebut, ada yang punya bisnis kecil-kecilan. Nah, ini bisa jadi "senjata" ampuh untuk mengakrabkan diri dengan mereka lo, Ma.

Misalnya saja, ada yang menerima pesanan kue ulang tahun. Nah, ketimbang jauh-jauh ke toko kue, mendingan kan melarisi bisnis sesama wali murid saja. Pasti mereka juga akan senang sekali kalau kita menjadi pelanggannya.


5. Hadiri undangan sekolah

Rajin-rajinlah terlibat dalam acara di sekolah. Dengan terlibat, Mama akan sering bertemu dengan wali murid lainnya, dan hal ini bisa menambah keakraban Mama dengan wali murid dan para guru.


Memang hal ini tak semudah yang dibayangkan kadang ya, Ma. Bagi kita sendiri, yang dewasa ini kadang memang susah untuk bisa berakrab-akrab ria dengan orang yang belum terlalu kenal. Wajar sih, nggak apa-apa. Asalkan kita mau membuka diri dan mau memulai, nanti lama-lama juga akan akrab satu dengan yang lain.

Pede aja lagi!

5 Tip Berbaur dan Menjalin Hubungan yang Akrab dengan Wali Murid Lain 5 Tip Berbaur dan Menjalin Hubungan yang Akrab dengan Wali Murid Lain Reviewed by Carolina Ratri on April 20, 2019 Rating: 5

No comments