Trik Menyiapkan Menu Makanan Keluarga Secara Cerdas dan Praktis untuk Mama Sibuk



Pernahkah Mama menghadapi situasi seperti ini? Pulang kerja, telat karena macet di jalan. Sudah kecapekan, di rumah anak-anak sudah menanti di meja makan dengan piring kosong. Mama pun menyiapkan menu makanan bak menghadapi drama pertempuran terakhir dengan sisa-sisa tenaga yang tersedia.

Hmmm ... sounds familiar?

Seberapa sering Mama terjebak dalam situasi demikian? Sering? Kalau begitu, jangan lagi.

Jika setiap harinya Mama pulang kerja dalam kondisi tubuh letih, masih harus menyempatkan waktu pergi belanja ke supermarket, pun masih harus memotong-motong sayur, mengupas ini itu, menghaluskan bumbu-bumbu, merebus daging supaya empuk, dan lain-lain, berarti ada yang salah dalam hidup Mama.

Mama, ini zaman manusia sudah sanggup menaklukkan bulan. Sudah pada pergi ke Mars. Ini juga saatnya kita sanggup menaklukkan segala kerepotan hidup kita dengan cara dan trik yang cerdas.

Tidak terlalu sulit. Apalagi teknologi telah cukup canggih untuk bisa membantu segala kesulitan hidup manusia. So, ayo, manfaatkan peralatan seperti lemari es dan freezer yang Mama punya!

Stacy M. DeBroff, penulis dan pendiri Mom Central dalam bukunya 4.278 of Mom Central’s Tips, for Moms, from Moms, memberikan tip dan trik jitu menyiapkan menu makanan serta bagaimana mengelola manajemen dapur Mama dengan sempurna.
Mau tahu?


Trik cerdas menyiapkan menu makanan


Pernahkan Mama di kantor seharian tapi pikiran menerawang ke mana-mana.

“Duh, masak apa yang nanti malam?”

Jika pernah, ya, Mama nggak sendirian. Banyak mama juga terjebak pada situasi yang sama setiap hari. Agar tak membuang waktu sia-sia hanya untuk memikirkan harus menyiapkan menu makanan apa, maka buatlah perencanaan menu untuk satu minggu, Ma.

Mama bisa membuat menu sederhana yang nggak terlalu merepotkan, atau bisa juga membuat daftar menu favorit keluarga sekalian secara lengkap. Nanti, Mama tinggal mengurutkannya sesuai dengan daftar.

Mama juga bisa menambah ide menu masakan dari resep yang ada di majalah, tabloid, atau blog, seperti Mama Rempong ini.

Buatlah kelompok menurut waktu makan; sarapan, makan siang atau makan malam. Kalau Mama dan Papa makan siang di kantor, mungkin Mama nggak perlu memasukkannya ke dalam daftar. Sehingga cukup menu untuk anak-anak, misalnya.

Tempelkan daftar menu yang sudah Mama buat di tempat yang mudah terlihat di dapur Mama, bisa ditempelkan di pintu kulkas atau tempat lainnya.

Pagi hari sebelum berangkat, Mama bisa melihat menu apa yang akan Mama persiapkan nanti malam, demikian pula sebaliknya.


Memanfaatkan freezer dan lemari es untuk menyiapkan menu makanan keluarga

Dengan padatnya jadwal kerja, akan sangat menyita waktu dan melelahkan jika Mama harus berbelanja setiap hari. Betul?

Karena itu, akan lebih baik jika Mama manfaatkan layanan freezer dan lemari es Mama. Beberapa jenis makanan, terutama daging-dagingan, dapat bertahan lama bahkan satu bulan lebih jika Mama simpan dengan benar di freezer.

Setiap hari Minggu, luangkan waktu beberapa saat untuk membuat sebanyak mungkin cadangan makanan yang bisa dibekukan. Bungkus masing-masing daging dalam kantong-kantong plastik, lalu masukkan ke dalam freezer.

Namun ingat, Ma, daging nggak bisa Mama keluar-masukkan dari freezer bolak balik, karena bisa merusak zat yang terkandung di dalamnya. So, buatlah ukuran-ukuran daging sekali ambil dan sekali masak, dan masukkan dalam wadah kecil. Sehingga kalau Mama butuh untuk masak, cukup ambil saja satu wadah tersebut sesuai porsi.

Mama juga bisa membuat masakan berbumbu, dan kemudian masukkan ke dalam freezer. Di malam hari sepulang kerja, Mama atau anggola keluarga yang sampai di rumah lebih awal tinggal memanaskannya. Pastikan sebelum keluar rumah pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur, makanan beku tersebut dipindahkan lebih dahulu ke rak lemari es, untuk persiapan makan malam atau sarapan ya.

Untuk sayuran ataupun bahan bumbu, misalnya seperti cabai dan lainnya, nggak bisa Mama simpan dalam freezer memang. Karena itu, nggak perlu nyetok terlalu banyak. Cukup belanja cadangan sayuran dengan beberapa jenis saja untuk persediaan seminggu.

Biasanya sayuran atau bumbu seperti cabai ini atau bahan bumbu berupa daun akan mudah busuk jika ditaruh begitu saja dalam lemari es. Untuk mengatasinya, bungkuslah sayuran dengan tisu makan yang tebal atau kertas sebelum memasukkannya ke dalam kantong plastik. Dalam kondisi seperti ini, biasanya sayuran dapat bertahan segar beberapa hari.

Bawang putih bisa Mama kupas dan masukkan ke dalam lemari es dalam jumlah tertentu. Dengan demikian, sepulang kerja, Mama nggak harus repot mengupas lagi.


Nah, Mama, nggak sulit kan menyiapkan menu makanan secara cerdas ala Mama Rempong ini?
Selamat mencoba!

Trik Menyiapkan Menu Makanan Keluarga Secara Cerdas dan Praktis untuk Mama Sibuk Trik Menyiapkan Menu Makanan Keluarga Secara Cerdas dan Praktis untuk Mama Sibuk Reviewed by Carolina Ratri on March 21, 2019 Rating: 5

No comments