Jadi Mama Pintar Belanja Bulanan? Lakukan 7 Hal Simpel Berikut!

Jadi Mama Pintar Belanja Bulanan? Lakukan Beberapa Hal Simpel Berikut!


Belanja bulanan adalah salah satu penguras anggaran terbesar dalam keuangan keluarga. Pahami cara belanja yang tepat, agar Mama tetap punya sisa uang lebih.

Bener deh, Ma. Disadari atau enggak, belanja bulanan untuk kebutuhan rutin rumah tangga menjadi pengeluaran yang cukup menguras kantong ya, Ma. Itu terjadi karena pengeluaran rumah tangga dipengaruhi oleh gaya hidup kita.

Feffrey D. Voudrie, dalam bukunya Let Financial Freedom Ring mengatakan begini.

“Financial freedom is not about spending moe, but worrying less. It is more about the relationship between your lifestyle and your income.”

Untuk itu, cara yang paling sederhana adalah mengubah cara Mama berbelanja setiap bulannya.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Institure for Economic Research, dengan cermat mengatur keuangan untuk keperluan sehari-hari, setiap bulannya kita bisa menghemat uang sekitar 50% lo!


Makanya, ayo, Ma, dicoba cara belanja bulanan yang berikut ini deh!


1. Pahami waktu belanja

Hindari waktu belanja bulanan saat supermarket penuh. Hal ini akan membuat Mama nggak fokus, dan lebih emosional saat mengambil barang.


2. Masak satu kali sehari

Biasakan untuk memasak makanan satu kali dalam sehari. Sebelumnya Mama bisa membuat daftar menu makanan setiap minggunya.

Hal ini dilakukan agar Mama bisa berbelanja sayur dan makanan segar satu kali seminggu dan untuk mencegah masak berlebih yang akhirnya terbuang.

Untuk sayuran, lebih baik Mama membelinya di pasar tradisional. Catat juga semua keperluan yang akan dibeli, agar nggak terjadi pembelian barang yang tidak diperlukan. Untuk mempermudah, tempelkan kertas di kulkas, dan biasakan langsung mencatat barang-barang yang sudah habis.


3. Periksa poin belanja

Lakukan saat Mama selesai melakukan transaksi, untuk menghindari kemungkinan Mama membayar lebih dari seharusnya.

Simpan juga bon belanja bulanan Mama untuk perbandingan di bulan sebelumnya dan berikutnya. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui kenaikan harga setiap barang.


4. Manfaatkan kartu anggota

Nggak ada salahnya jika Mama menjadi anggota di berbagai supermarket. Dengan begitu, Mama bisa melihat berbagai promosi ataupun diskon yang ditawarkan setiap bulannya.

Jangan segan untuk minta katalog promosi setiap bulan. Jumlah poin yang dikumpulkan jika ditukarkan bisa berupa hadiah produk atau voucher belanja.

Manfaatkan juga promosi berhadiah, seperti beli dua gratis satu. Saat membelinya, perhatikan tanggal kedaluwarsa masing-masing produk. Promo ini ada karena biasanya masa kedaluwarsa barang tersebut akan jatuh tempo.

Kalau masih dapat digunakan dalam waktu 3 bulan ke depan, Mama kan jadi nggak perlu beli di bulan depan kan?


5. Beli produk supermarketnya

Setiap supermarket pasti menawarkan berbagai produk yang diproduksi oleh mereka sendiri, seperti misalnya tisu, pembersih lantai, gula pasir, bahkan beras.

Dengan harga yang lebih murah, kualitas yang ditawarkannya juga cukup baik.


6. Ganti daging dengan makanan berprotein

Pilihlah daging ayam, ikan, atau bisa juga tempe, tahu, atau telur, sebagai pengganti daging merah. Bahkan Mama pun bisa menggantikannya dengan brokoli yang ternyata mengandung protein lebih tinggi ketimbang daging merah.

Selain harganya lebih bersahabat, menggantikan daging merah dengan bahan makanan protein lainnya bisa membantu tubuh lebih sehat.


7. Pahami trik belanja

Jangan tergoda membeli semua keperluan di satu supermarket, karena mereka akan memberikan harga yang lebih murah di berbagai produk kebutuhan pokok, misalnya, dan menaikkan harga di berbagai produk sekunder seperti kosmetik.


Nah, semoga dengan sedikit trik belanja bulanan di atas, pengeluaran bulan ini akan lebih terkendali ketimbang bulan lalu ya, Ma.

Jadi Mama Pintar Belanja Bulanan? Lakukan 7 Hal Simpel Berikut! Jadi Mama Pintar Belanja Bulanan? Lakukan 7 Hal Simpel Berikut! Reviewed by Carolina Ratri on March 14, 2019 Rating: 5

No comments