7 Hal Wajib yang Harus Dilakukan Mama Rempong Demi Kepraktisan Hidup

7 Hal Wajib yang Harus Dilakukan Mama Rempong Demi Kepraktisan Hidup


Menjadi seorang mama rempong itu berarti harus pintar-pintar mengatur segalanya. Ya waktu, ya uang.

So, Mama Rempong punya 7 trik kecil ini yang mungkin bisa juga dilakukan demi kepraktisan hidup

1. Siapkan semua yang mau dimasak besok, hari ini.

Mau masak apa nih?

Kalau Mama baru mikirin menu masakan hari ini, pada hari ini, itu sudah terlambat. Yes, kita harus sudah memikirkan masak apa one day ahead.

Kenapa? Karena kita bisa langsung persiapkan sejak hari ini, dan besok tinggal cemplung-cemplung aja.

Misal, besok masak sop ayam jagung, maka persiapkanlah bumbu-bumbunya sedari sekarang. Sediakan satu wadah khusus untuk persiapan masak besok, seperti stoples kecil atau box plastik kecil. Masukkan semua bumbu yang diperlukan di dalamnya. Sayurannya sudah diiris-iris sekalian. Masukkan ke dalam lemari es atau freezer.

Kalau perlu bikin kaldu ayam sendiri, kita bisa kok memasak kaldu sambil mengerjakan yang lain, tapi jangan ditinggal begitu saja juga, sampai-sampai lupa mematikan kompor kalau kaldu sudah siap.

Nah, besok harinya, tinggal keluarkan semuanya dari kulkas, masak sebentar. Selesai.


2. Sediakan kebutuhan anak sehingga mereka bisa melayani dirinya sendiri

Kalau si kecil suka minuman teh, cokelat, susu, dan sejenisnya, biarkan saja mereka membuatnya sendiri. Sediakan stoples-stoples kecil berisi teh, cokelat, susu, gula, dalam wadah masing-masing. Letakkan di tempat aman yang bisa dijangkau.

Dengan demikian, saat dia lagi kepengin, dia akan membuat minumannya sendiri. Yang harus kita bantu paling adalah kalau harus menuang air panas ya. Tapi dengan sedikit latihan, dia akhirnya bisa mengambil air panas dengan hati-hati dari dispenser.

Namun, jangan kaget ya, kalau menemukan gula atau cokelat berceceran di sekitar stoples-stoples itu, Ma. Kita bersihkan saja sebentar setiap hari.

Punya sisa buah, atau buah yang sudah terlalu matang? Jangan dibuang, Ma. Potong-potong kecil, lalu masukkan ke dalam plastik, bisa dijadikan bahan smoothie. Sekalian saja, langsung kantongin per resepnya.

Punya pisang yang sudah hampir terlalu matang, dan sejempol jahe? Langsung kantongin, bisa buat smoothie pisang jahe. Punya pisang dan jeruk? Kantongin deh, buat smoothie pisang jeruk besok. Ada pisang sisa dan stroberi? Yummm, besok berarti ada smoothie pisang stroberi.

Jangan pernah membuang buah, Ma. Sebisa mungkin kita olah jadi makanan yang enak, sehingga anak-anak pun suka. Tak hanya smoothie, kita pun bisa membuat muffin, puding isi buah, pie dan hidangan berbahan buah yang lain.


3. Selalu sedia piring makan kertas, sendok plastik, dan tisu makan

Punya balita itu asyik asyik menyeramkan. Setuju nggak, Ma?

Apalagi kalau kita lagi training mereka makan sendiri dari piringnya. Iya sih, kita bisa sedia piring plastik atau bahan lain yang nggak mudah pecah. Sekarang banyak kan ya, dijual?

Tapi, meski kita juga punya piring plastik, ada baiknya kita juga menyediakan piring kertas. Asal makanannya nggak terlalu panas, kita bisa menggunakan piring kertas untuk menyajikan makanan mereka.

Alasannya cuma satu, Ma. Kadang kita nggak sempat nyuci piring, apalagi para mama rempong yang nggak punya ART nih, acara cuci piring kadang juga penuh drama. Lagi nyuci, tiba-tiba si balita rewel minta gendong, atau barusan beres nyuci dia minta makan lagi.

Duh, kerjaan kayak nggak selesai-selesai ya?

Makanya, piring plastik dan piring kertas kita harus punya, Ma, agar bisa kita pakai di mana perlu. Yang habis makan, bisa dibuang.


4. Tata belanjaan dengan barcode menghadap ke atas

Kadang yang bikin lama kalau belanja adalah pas mengantre dan membayar di kasir, terutama kalau kita belanjanya di hypermarket yang ramai dan besar, pas tanggal satu pula. Aduh. Makan waktu banget.

Hal ini bisa kita siasati dengan menata barang-barang belanjaan tersebut dengan barcode di sebelah atas sejak kita ambil pertama. Kalaupun nanti di kasir tetep dibongkar dari troli, kita letakkan di meja kasir dengan barcode yang menghadap ke kasirnya. Jadi dia juga cepet nggak usah muter-muterin box kemasan buat nyari. Iya kan? Lumayan menghemat waktu lo, Ma.

Lebih baik juga kita bawa tas belanja sendiri dari rumah. Jadi nggak perlu memakai plastik dari hypermarket. Save the earth!


5. Persiapkan baju untuk ngantor sejak malam hari

Nah, ini permasalahannya sama dengan persiapan masak di atas, Ma. Buat para Mama Rempong yang ngantor, terlambat kalau baru mikir mau pakai baju kerja apa buat ngantor pada pagi hari menjelang berangkat.

Persiapkan semua keperluan untuk ngantor besok, malam ini, Ma. Atasan, bawahan, tas, sepatu, jam tangan, gadget, semuanya diletakkan pada satu tempat. Pagi harinya, Mama sudah bisa langsung dandan tanpa harus memikirkan lagi mau pakai baju apa, aksesoris apa dan sebagainya, dan capcus berangkat.


6. Lengkapi perbekalan di dalam mobil

Buat di mobil, sediakan makanan juga, kalau perlu. Pilihlah camilan sehat ya, Ma. Buah yang sudah dipotong-potong misalnya. Atau berbagai jenis kacang juga bisa. Kalau buah ya pastikan sesampainya di rumah sudah habis, atau ikut dikeluarkan dari mobil ya, karena berisiko busuk nanti kalau kelamaan di dalam mobil.

Kalau sedang pergi ke suatu tempat dan harus menunggu, kita bisa sambil membaca buku kalau bosan bermain smartphone. Misalnya saat menjemput anak sekolah. Lumayan kan, jadi me time tersendiri.

Atau saat macet, dan kita udah lapar banget. Supaya nggak belok ke warung fast food, kita tinggal ambil bekal buah atau kacang. Jangan lupa selalu sedia air putih di dalam mobil juga ya.


7. Masih sempat mengganti cat kuku!

What? Sibuk banget seperti ini, masih sempat ngecat kuku?

Bisa dong. Biar sibuk berat, nggak berarti tangan nggak bisa tampil cantik kan? Mama hanya perlu waktu yang tepat kapan mengecat kuku.

Ternyata waktu yang paling oke buat ngecat kuku adalah sesaat sebelum berangkat pergi, Ma. Kalau Mama menyetir mobil sendiri ke kantor, lima menit sebelum berangkat, persiapkan semua di dalam mobil. Tas sudah dimasukkan, lalu sambil manasin mesin mobil, Mama cat kuku dulu.

Sambil nyetir, Mama bisa mengeringkan cat kuku deh. Begitu sampai di kantor, voila! Cat kuku pun sudah kering.


Yak, sudah siap berangkat sekarang, Ma?
Yuk, capcus! Hati-hati ya, di jalan!

7 Hal Wajib yang Harus Dilakukan Mama Rempong Demi Kepraktisan Hidup 7 Hal Wajib yang Harus Dilakukan Mama Rempong Demi Kepraktisan Hidup Reviewed by Carolina Ratri on March 26, 2019 Rating: 5

No comments