5 Cara Menyusui Tanpa Rasa Sakit



Barangkali ada banyak di antara mama muda yang masih takut saat waktu menyusui tiba. Salah satu faktornya adalah rasa sakit saat menyusui. Nah, kalau begitu, coba ikuti beberapa tip menyusui  berikut, agar tidak terasa sakit lagi. Karena sebenarnya rasa sakit itu hanyalah sugesti saja.


5 Tip Menyusui Tanpa Rasa Sakit


1. Lakukan IMD

Apa itu IMD? IMD adalah Inisiasi Menyusu Dini.

Letakkan si kecil yang baru saja dilahirkan di atas dada Mama, lalu biarkan ia mencari posisi puting Mama sendiri.

Konon, IMD ini dapat memperkuat hubungan batin Mama dan bayi Mama yang baru lahir. Nah, kabar baiknya, proses IMD bisa membuat puting Mama sedikit melemas untuk mengurangi lecet di area puting.


2. Temukan konsultan laktasi

Setelah melahirkan, segeralah mencari konsultan laktasi, Ma, yang bisa membantu Mama dan mengarahkan Mama, untuk mencari posisi yang paling benar untuk menyusui.

Konsultan laktasi akan dapat membantu Mama untuk bisa menyusui tanpa rasa sakit, sekaligus bisa memberikan masukan agar ASI Mama bisa lancar keluarnya.


3. Meletakkan puting dengan tepat

Saat ini sudah banyak artikel dan buku-buku yang bisa Mama pelajari tentang serba serbi menyusui.

Nah, pasti juga semua setuju, bahwa prinsip utama kalau mau menyusui tanpa rasa sakit adalah bagaimana cara meletakkan puting secara tepat. Sebaiknya sih, hal ini sudah Mama ketahui dan latih bahkan sebelum si kecil lahir, agar saat sudah saatnya menyusui, Mama tinggal lakukan saja.



4. Susuilah saat tidak rewel

Lo, kok disusui ketika lagi tidur? Nah, tentang ini masih banyak Mama yang belum tahu.

Ketika si kecil lapar, ia akan semakin bersemangat untuk menggigit puting. Ini lo yang bahaya, karena akan berpotensi mengakibatkan luka pada area puting.

So, sebelum si kecil terlalu lapar, sebaiknya Mama sudah menyusuinya terlebih dahulu. Bangunkan si kecil kalau semisal ia masih tidur, Ma. Tidak apa-apa, nanti ia juga akan tertidur kembali kalau sudah kenyang.


5. Jangan menyerah

Memang menyusui itu tak pernah jadi hal yang mudah, Ma. Di belahan dunia mana pun, sepertinya banyak ibu yang mengalaminya juga. Jadi, Mama tidak sendirian.

Rasa capek, frustrasi, hingga stres barangkali akan datang menghantui Mama, apalagi jika sampai beberapa hari setelah melahirkan, Mama belum juga sukses menyusui.

Tenang, Ma. Kendalikan diri Mama. Karena, begitu Mama merasa stres, maka menyusui akan menjadi lebih sulit lagi. Cobalah cari bantuan, jika Mama mengalami kesulitan. Tetapkan skala prioritas, jika banyak hal yang harus dilakukan sekaligus.

Tenangkan hati, nyamankan diri. Bikin diri sendiri bahagia dulu, Ma, sehingga akan berpengaruh baik pula untuk bayi Mama.

Ingat, bahwa tip menyusui tanpa rasa sakit sebenarnya hanya satu saja, yaitu menemukan posisi yang pas. Jadi, hilangkan dulu sugesti Mama tentang kekhawatiran dan ketakutan mengalami rasa sakit saat menyusui.

Yang penting, tetap semangat ya, Ma! Minta bantuan Papa juga untuk selalu memberi semangat pada Mama.

Selamat menyusui!

5 Cara Menyusui Tanpa Rasa Sakit 5 Cara Menyusui Tanpa Rasa Sakit Reviewed by Carolina Ratri on February 28, 2019 Rating: 5

No comments