Paginya Para Ibu Bekerja: Tak Perlu Heboh dengan Trik Berikut



Bagi para ibu bekerja, pekerjaan bahkan sudah dimulai sebelum kita berangkat ke kantor. Kadang sampai kantor, bukannya siap untuk segera menyelesaikan tugas, tapi malah sudah capek duluan lantaran terlalu heboh di pagi hari.

Siasati yuk.

10 Trik Atasi Kerepotan Pagi Hari untuk Para Ibu Bekerja


1. Siapkan pada malam hari

Hal ini sangat efektif mengurangi tugas dan kerepotan Mama di pagi hari. Siapkan pakaian dan dokumen-dokumen yang harus dibawa sejak semalam. Juga siapkan seragam dan alat-alat sekolah si kecil, atau perlengkapannya jika ia akan dibawa ke daycare.

Siapkan juga sarapan siap saji, atau bahan-bahan siap masak di pagi hari.


2. Buat daftar

Sediakan agenda berisi daftar pekerjaan yang harus disiapkan malam hari, dan segera lakukan di pagi hari.

Cek daftar ini sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Kegiatan pagi Mama pun lebih terarah dan Mama akan terbiasa dengan rutinitas baru ini.


3. Bangun awal

Bangun lebih awal dari seluruh anggota keluarga akan membuat Mama lebih tenang dan tidak terburu-buru memulai hari.

Ketahui waktu yang Mama butuhkan untuk melakukan rutinitas di pagi hari.

Tambahkan beberapa menit, sehingga Mama tahu kapan Mama harus bangun agar semua beres. Tambahan waktu 15-20 menit akan memberikan waktu cadangan seandainya ada hal yang tak terduga.


4. Siap tempur

Sebelum membangunkan si kecil atau menyiapkan sarapan, siapkan diri Mama dahulu. Hal ini dapat membantu Mama menyiapkan si kecil tanpa harus setres sendiri.


5. Bagi tugas

Bagilah tugas dengan suami, atau anggota keluarga yang lain, sehingga tugas Mama akan lebih ringan. Misal, suami menemani si kecil yang sudah bangun, sementara Mama menyiapkan sarapan dan bekal. Mama mandi, sementara suami menyuapi si kecil.

Selain mengurangi beban, suami juga bisa ikut menjalin ikatan dengan si kecil kan, Ma? Jika si kecil sudah bisa makan dan berpakaian sendiri, biarkan ia melakukannya. Hal ini akan membuatny alebih mandiri.


6. Luangkan waktu

Hindari memulai pagi dengan mengecek notif email atau media sosial ataupun chat terkait kerjaan.

Luangkan waktu untuk diri Mama dan keluarga Mama. Peluk dan sambut si kecil yang baru bangun tidur. Momen-momen seperti ini akan membuat mood membaik lo.


7. Ikuti irama si kecil

Mempercepat langkah si kecil ataupun menyuruh si kecil untuk cepat-cepat menyelesaikan sarapannya bukan tindakan yang bijaksana, Ma. Ia kan sedang belajar dan berkembang.

Pelajari kebiasaan dan tempo si kecil, lalu sesuaikan rutinitas dengan kemampuannya. Jika ia bisa makan sendiri tapi berantakan, maka ganti segera bajunya setelah ia sarapan.



8. Maksimalkan perkakas pintar

Membeli peralatan rumah tangga pintar adalah investasi. Maksimalkan penggunaannya terutama untuk memudahkan diri Mama sendiri.

Panaskan sarapan yang telah Mama siapkan malam sebelumnya dengan microwave atau steamer. Atau, siapkan makanan di malam hari dengan menggunakan slow cooker agar di pagi hari sudah bisa langsung siap santap.


9. Atasi kendala

Perhatikan masalah Mama di pagi hari. Coba kenali, Ma. Apakah si kecil nggak mau dipakaikan baju, atau ia menolak sarapannya? Segera cari solusi yang tepat untuk masalah-maslaah tersebut.


10. Tenangkan diri

Selain istirahat cukup, luangkan waktu untuk menenangkan hati dan pikiran. Hindari mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi karena hanya akan membuat Mama memulai hari dengan mood buruk.


Nah, semoga dengan beberapa trik di atas, pagi Mama sebagai seorang ibu bekerja tak terlalu buruk lagi ya.

Tetap semangat!
Paginya Para Ibu Bekerja: Tak Perlu Heboh dengan Trik Berikut Paginya Para Ibu Bekerja: Tak Perlu Heboh dengan Trik Berikut Reviewed by Carolina Ratri on February 05, 2019 Rating: 5

No comments