Ini Dia 6 Penyakit Berbahaya yang dapat Mengancam Anak-Anak Kita Namun Bisa Diatasi dengan Imunisasi



Satu tahun dalam kehidupan anak merupakan kesempatan kita untuk memperkuat pertahanan tubuhnya. Jangan salah, semakin maju teknologi, maka semakin banyak pula penyakit berbahaya yang juga harus kita hadapi.

Salah satu cara untuk menangkal penyakit-penyakit berbahaya ini adalah dengan tidak melupakan jadwal imunisasinya. Beberapa imunisasi diberikan nyaris bersamaan, misalnya pada usia dua bulan. Pada usia tersebut, si kecil akan mendapatkan imunisasi polio, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, dan hemofilus influenza type B.

Wah, sebenarnya penyakit berbahaya apa saja sih yang harus kita cegah jangan sampai menjangkiti si kecil, dan kemudian dirasa perlu untuk diberikan imunisasi dan vaksinasi?

Setidaknya ada 6 penyakit, Ma, yang sangat berbahaya namun dapat dicegah dengan imunisasi ini. Yuk, kita lihat.

6 Penyakit berbahaya yang bisa mengancam si kecil tetapi bisa diatasi dengan imunisasi


1. Hepatitis B

Penyakit ini pada anak merupakan penyakit yang sering menjadi kronis dan akan membuat anak lebih berisiko terkena liver saat dia sudah besar nanti. Dan bukan tak mungkin, akan berkembang lebih parah hingga mengancam jiwanya.

Data global dari WHO menyebutkan bahwa ada sekitar 2 miliar penduduk dunia terinfeksi virus Hepatitis B, dengan 240 juta di antaranya bahkan sudah kronis.

Pemberian vaksin hepatitis B dilakukan sebanyak tiga kali, dan akan lebih memperkuat daya tahannya jika kemudian dilakukan booster.


2. Polio

Beberapa kali sering kita lihat berita, baik di televisi maupun di media cetak, penyakit polio masih ditemukan di antara masyarakat kita. Gejalanya lumpuh layuh hingga membuat penderitanya tak bisa berjalan.

Virus polio ini masuk ke dalam tubuh melalui saluran cerna, dan kemudian berkembang biak di dalam usus. Polio bisa menyebabkan kelumpuhan, dan bahkan mengancam jiwa hanya dalam beberapa jam, Ma.

Mengerikan sekali, ya? Karena itu jangan sampai terlewatkan jadwal pemberian vaksinasi ini ya.


3. Haemofilus Influenza tipe B (HIB)

HIB berupa kuman yang dapat menyerang siapa pun, dari mulai anak-anak hingga yang lanjut usia, terutama mereka yang berdaya tahan tubuh lemah.

Gejalanya berupa infeksi telinga tengah, radang paru-paru, hingga radang sistemik yang menyebabkan komplikasi dan yang paling berbahaya adalah bisa menjurus ke meningitis atau radang selaput otak.


4. Pertusis

Pertusis, sering juga disebut sebagai batuk seratus hari atau batuk rejan. Penyakit ini mudah menular dan merupakan infeksi pada saluran pernapasan.

Jika terkena, anak bisa batuk terus menerus hingga sulit bernapas.


5. Tetanus

Tetanus disebabkan oleh kuman Clostridium tetanii yang bisa ditemukan di mana saja. Kuman ini masuk ke tubuh melalui jaringan yang tidak terdapat oksigen, misalnya lubang telinga bagian dalam, kulit yang tertusuk cukup dalam dan tidak dibersihkan dengan baik, bahkan melalui gigi berlubang.

Toksin tetanus dapat menyerang saraf hingga menimbulkan kejang dan kekakuan seluruh tubuh.


6. Difteri

Difteri diawali dengan gejala demam, bull neck atau pembesaran kelenjar getah bening di leher, dan kemudian muncul selaput abu-abu pada saluran napas.

Toksin difteri yang tak tertangani dengan baik akan menyerang jantung. Penyakit ini ditularkan melalui percikan ludah.



Wah, sekarang sudah makin jelas ya, Ma, betapa mengerikannya keenam penyakit berbahaya ini. Karena itulah mengapa vaksinasi sangat penting.

Jangan lupakan hak anak-anak untuk menjadi sehat ya, Ma!

Referensi:
Centers of Disease Control and Prevention. “Vaccines and Immunizations”. 2012
Centers of Disease Control and Prevention. “Vaccine Information statements: Your Baby’s First Vaccines, what you need to know”.

Ini Dia 6 Penyakit Berbahaya yang dapat Mengancam Anak-Anak Kita Namun Bisa Diatasi dengan Imunisasi Ini Dia 6 Penyakit Berbahaya yang dapat Mengancam Anak-Anak Kita Namun Bisa Diatasi dengan Imunisasi Reviewed by Carolina Ratri on February 21, 2019 Rating: 5

No comments