15 Rahasia dan Tip Dapur Masa Kini yang Belum Banyak Orang Tahu

15 Rahasia dan Tip Dapur Masa Kini yang Belum Banyak Orang Tahu


Beragam pertanyaan muncul dari dapur yang selalu penuh cerita. Mau masak lebih praktis? Lebih sehat? Lebih enak? Lebih menarik? Butuh tip dapur yang oke? Barangkali Mama juga baru tahu nih sekarang.

Ini dia 15 tip dapur yang barangkali tak akan Mama temukan di mana pun


1. Benarkah buah avokad akan segera matang jika disimpan berdekatan dengan pisang?

Pisang matang mengeluarkan senyawa etilen berbentuk gas yang mudah menguap. Gas ini memiliki pengaruh cepat terhadap pematangan buah, Ma.

Karenanya, avokad mentah yang disimpan bersama pisang matang akan lebih cepat matang pula ketimbang jika ditaruh di ruang terbuka.

Ini juga berlaku untuk buah lain yang memerlukan proses pengeraman untuk mematangkannya, seperti sirsak, mangga, dan kiwi.


2. Bagaimana membuat saus tomat rumahan agar warnanya menarik?

Proses memblansir tomat sebelum dicincang dan dimasak wajib hukumnya dalam membuat saus tomat.

Tahap ini membuat karotenoid pada tomat lebih ‘keluar’ karena nggak terikat lagi oleh protein. Proses blansir juga berguna untuk mempermudah pengupasan kulit tomat yang tidak dibutuhkan.

Simpan saus dalam wadah tertutup rapat dalam freezer. Cara ini bisa membuat saus tomat awet hingga 1 tahun.


3. Bagaimana meracik buttermilk sendiri, karena sulit didapatkan di pasar?

Campur 250 ml susu cair dengan 1 ¾ sdm cream of tartar, 1 sdm cuka masak, atau 1 sdm air jeruk lemon, aduk rata. Diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Buttermilk biasanya digunakan untuk membuat tekstur pancake agar lebih lembut dan moist tanpa perlu menggunakan banyak lemak. Pada masakan Barat, ayam goreng biasanya terlebih dahulu juga direndam dalam buttermilk agar teksturnya lebih empuk dan lembut.


4. Bagaimana menyimpan kimchi agar lebih awet?

Stoples kaca yang ditutup rapat adalah kemasan yang ideal untuk menyimpan acar Korea ini. Sebelum digunakan, rebus terlebih dahulu stoples kacanya. Jika disimpan dalam suhu ruang, kimchi bertahan selama 3-5 hari.

Kimchi akan bertahan lebih lama, 3-6 bulan, jika disimpan dalam lemari es dan stoples terjaga kebersihannya.


5. Kacang-kacangan yang disimpan sering rontok dan hancur akibat serangga kecil. Gimana ngatasinnya?

Saat membeli kacang-kacangan, atau biji-bijian, pilihlah yang masih utuh dan nggak berulat, Ma.

Masukkan dalam stoples bertutup rapat bersama degan beberapa buah cabai merah kering.
Simpan dalam lemari yang terhindar dari sinar matahari langsung.


6. Bagaimana menghilangkan aroma menyengat dari grinder yang biasa digunakan untuk menghaluskan bumbu dan rempah?

Cuci bersih grinder setelah digunakan. Seka menggunakan lap yang lembut. Masukkan beberapa potong roti tawar kering. Proses hingga halus menggunakan grinder.

Seka dan simpan hanya jika grinder sudah benar-benar kering.


7. Apakah menambahkan soda kue saat merebus sayuran, seperti daun pepaya atau daun singkong, akan membuatnya cepat lunak?

Soda kue bersifat basa, sehingga akan membuka serat-serat sayuran, terutama ikatan pektin dan klorofilnya, sehingga sayuran jadi lebih mudah lunak.

Gunakan sedikit saja, Ma, karena sayuran akan terlalu lunak kalau kebanyakan, dan akan kehilangan warna hijaunya yang segar.


8. Benarkah merebus kacang merah dengan garam atau gula pasir justru akan membuatnya keras?

Garam atau gula akan menyerap air dari bagian dalam kacang merah. Jika air ini ‘keluar’, maka tekstur kacang merah pun menjadi lebih keras.

Jika Mama ingin merebusnya dengan gula, rebuslah kacang merahnya dulu hingga ¾ matang, baru kemudian tambahkan gula. Teruskan memasak hingga matang.


9. Agar nggak repot, kita menggunakan santan cair atau bubuk dalam kemasan. Adakah tip khusus menggunakannya?

Kocok santan cair (tetra pak dan kalengan) sebelum digunakan, karena selama pengimpanan beberapa komponen dalam santan cenderung mengendap.

Biasakan membeli santan sesuai kebutuhan saja, Ma, karena santan mudah mengalami perubahan kimia akibat proses oksidasi maupun serangan mikroba.

Untuk santan bubuk, larutkan santan terlebih dahulu dengan air bersuhu normal. Kemasan santan bubuk bisa dilipat dan disimpan di tempat kering.


10. Bagaimana mempertahankan bentuk manisan ceri agar nggak mengerut dan tetap kencang?

Manisan ceri yag dijual di pasaran cenderung lebih ‘rapi’ bentuknya dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Ini disebabkan oleh larutan gula yang merendamnya. Mama juga bisa melakukan hal yang sama, Ma.
Pastikan sisa ceri yang disimpan kembali terendam dengan air gula yang kental. Masukkan ke dalam stoples kaca atau plastik. Tutup rapat, simpan dalam lemari es atau di suhu ruang.

11. Bagaimana membuat kue cucur supaya nggak bantat?

Tepuk-tepuk adonan menggunakan jari, membentuk gerakan seperti sedang mengambil adonan (jari-jari keluar dari dalam adonan kemudian masuk lagi) hingga adonan terasa ringan.

Udara yang masuk membuat adonan mengembang saat digoreng. Gorenglah dalam minyak dengan panas sedang, sambil menyiram-nyiramkan minyak ke permukaan adonan hingga matang.

Bila cucur yang sudah matang dibelah, maka akan tampak lubang-lubang seperti berserabut.


12. Saya sering keliru memilih pisang, walau warnanya kuning sempurna. Ada tip?

Warna kulit pisang yang kuning memang nggak bisa menjadi indikator bahwa rasanya pasti enak. Ini bisa disebabkan oleh waktu panen yang terlalu dini.

Pilihlah pisang yang kulitnya sudah tidak bersudut, atau bentuknya sudah bulat sempurna. Walau kulitnya masih hijau, pisang dengan bentuk seperti itu dipanen saat sudah matang dan pasti manis.


13. Mengapa daging sapi segar menjadi kering dan kehitaman, jika disimpan dalam freezer terlalu lama?

Penyebabnya adalah pada plastik kresek yang mudah rusak dalam freezer, Ma. Jenis plastik yang tidak tahan beku akan membuat daging terpapar aliran udara dingin, menyebabkan terjadinya freezing injury.

Dalam proses tersebut, aliran udara dingin menarik uap air dari dalam daging sehingga tekstur daging mengeras, mengering, dan terkadang menghitam. Selalu gunakan wadah kedap udara dan tahan beku saja, Ma, alih-alih kresek.


14. Plastik BPA Free, apa artinya?

BPA atau Bisphenol-A merupakan senyawa yang umum digunakan dalam pembuatan botol plastik minuman dan wadah makanan. Sementara banyak studi, salah satunya oleh ahli biologi AS, Dr. Patricia Hunt, menunjukkan bahwa senyawa BPA bisa larut dalam air panas.

Untuk itu, kemasan plastik nggak boleh terpapar sinar matahari atau terkena air panas, kecuali bila tercantum BPA Free. Bila terkonsumsi, senyawa ini mudah terserap usus halus, dan berefek negatif pada kesehatan.


15. Di kemasan salah satu produk susu UHT, saya pernah membaca bahan bernama stabilizer. Bahan apakah ini dan bagaimana keamanannya?

Susu merupakan produk gabungan antara air dan lemak (emulsi). Stabilizer adalah bahan tambahan yang digunakan untuk menstabilkan paduan tersebut sehingga lemak susunya nggak terpisah.

Bahan penstabil yang digunakan biasanya merupakan golongan karbohidrat yang aman dan sama sekali nggak berbahaya bagi kesehatan.



Nah, gimana, Ma? Banyak tip dapur yang baru tahu sekarang ya? Nantikan berbagai tip dapur lain di Mama Rempong kalau gitu yah!
15 Rahasia dan Tip Dapur Masa Kini yang Belum Banyak Orang Tahu 15 Rahasia dan Tip Dapur Masa Kini yang Belum Banyak Orang Tahu Reviewed by Carolina Ratri on January 27, 2019 Rating: 5

No comments