Pendaftaran Prasekolah dan Serba-Serbi Memilih Sekolah yang Cocok untuk Si Kecil

Pendaftaran Prasekolah dan Serba-Serbi Memilih Sekolah yang Cocok untuk Si Kecil



Pendaftaran prasekolah sudah dimulai. Si kecil akan masuk prasekolah, Ma? Sebaiknya mulai tanya-tanya ke tetangga deh, juga teman, berselancar di situs-situs prasekolah yang kerap terdengar, membandingkan, dan seterusnya.

Ya. Pendidikan prasekolah semakin dirasakan penting oleh orang tua. Menurut data dari National Household Education Survey, Amerika Serikat, di tahun 2005, ada 69% anak usia 4 tahun dan 43% anak usia 3 tahun yang masuk sekolah. Jumlah ini meningkat dari data tahun 1991, bahwa ada 59% anak usia 4 tahun dan 41% anak usia 3 tahun yang ikut mengantre pendaftaran prasekolah.

Eits, tapi, jangan berujung bingung ya, Ma!

Tapi ya kalau bingung, itu sih wajar kok. Nah, agar lepas dari kebingungan, berikut ada beberapa tip yang bisa Mama lakukan saat euforia pendaftaran prasekolah, sehingga bisa memilih yang tepat dan cocok buat si kecil.


Tip Pendaftaran Prasekolah

1. Menyeleksi informasi

Setelah beberapa informasi pendaftaran prasekolah terkumpul, buatlah daftar sekolah yang menjadi prioritas sesuai kriteria yang diinginkan. Mama bisa mempelajari sekolah tersebut lewat laman sekolah ataupun menelepon untuk menggali informasi lebih dalam.

Selain sekolah, cari juga testimoni dari teman, saudara, atau tetangga yang menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Bandingkanlah informasi-informasi tersebut dan pilih yang kriterianya paling mendekati kriteria dari Mama sendiri.


2. Siapkan waktu

Jika Mama adalah seorang ibu bekerja, maka agendakan waktu untuk mengunjungi sekolah yang diincar. Teleponlah pihak sekolah terlebih dahulu untuk mengetahui kapan Mama boleh datang berkunjung.

Dengan datang ke sekolah, Mama bisa melihat lebih jauh mengenai sekolah tersebut, misalnya jarak perjalanan dari rumah, lingkungan sekolahnya, dan fasilitas yang dimiliki.

Dengan kunjungan ini, Mama bisa mempertimbangkan apakah sekoah tersebut sesuai dengan karakter si kecil atau enggak.


3. Ajak si kecil

Jauh-jauh hari, sampaikan kepada si kecil kalau Mama akan mengajaknya mengunjungi beberapa prasekolah.

Di hari H, mintalah si kecil berpakaian rapi. Lalu ajak ia mengunjungi calon sekolahnya.

Mengajak dan melibatkannya dalam memilih sekolah akan membuatnya mengenal calon sekolahnya sejak awal, dan hal ini akan baik efeknya pada saat ia harus beradaptasi kelak, Ma.

Jangan lupa, berikan juga ia hak suara untuk memilih sekolah yang membuatnya senang dan nyaman ya.


4. Siapkan daftar pertanyaan

Agar bisa tahu lebih detail mengenai sekolah tersebut, siapkanlah daftar pertanyaan untuk diajukan, seperti visi dan misi, program dan kegiatan belajar, keamanan, menu, dan fasilitas yang disediakan.
Informasi tersebut dapat memperkaya pertimbangan Mama dalam proses pendaftaran prasekolah yang sedang Mama lakukan.

Mama juga sebaiknya menginformasikan karakter si kecil pada pihak sekolah. Hal ini penting ya, Ma, agar pihak sekolah tahu mengenai calon siswanya, terutama kalau si kecil punya kebutuhan khusus.


5. Beri anak kesempatan berinteraksi

Saat berkeliling melihat-lihat sekolah, Mama biasanya akan ditemani oleh staf yang akan memberikan penjelasan, kondisi ruang belajar, tempat bermain, dan sebagainya ya. Mintalah pendapat si kecil mengenai tempat-tempat tersebut, dan cermati reaksinya. Apakah ia suka atau enggak?

Beri juga ia kesempatan untuk berinteraksi dengan guru ya, Ma. Semakin banyak si kecil mengenal calon sekolahnya, ia akan merasa semakin nyaman dengan sekolah barunya nanti.


6. Gali informasi dari orang tua yang lain

Cari tahu juga mengenai kondisi sekolah dari para orang tua murid yang sudah lebih dulu bersekolah di sekolah tersebut. Caranya, tunggu hingga pelajaran sekolah usai. Biasanya ada beberapa orang tua yang menjemput anak. Saat itulah Mama bisa bertanya kepada mereka.

Selain itu, perhatikan juga murid-muridnya saat kelas selesai. Apakah mereka terlihat senang, kompak, saling menghargai, dan bagaimana cara mereka  berbincang satu sama lain.

Nggak jarang dari sini Mama bisa tahu, bagaimana sekolah mengajarkan respek dan sopan santun pada muridnya.


7. Ikut trial

Jika Mama sudah menyimpulkan bahwa sekolah tersebut cocok untuk si kecil, dan ia juga antusias, maka berikutnya Mama bisa meminta pihak sekolah untuk mengikutsertakan anak untuk trial sekolah selama beberapa hari.

Biasanya beberapa sekolah mengizinkan calon siswanya untuk ikutan trial ini, Ma. Hal ini bertujuan untuk melihat, apakah anak benar-benar merasa cocok bersekolah di tempat itu, dan nyaman bermain dengan teman-teman barunya.


Nah, dengan sedikit tip memilih di atas, Mama dapat mengikuti semua proses pendaftaran prasekolah dengan lancar.

Yang penting, selalu tempatkan kepentingan si kecil sebagai prioritas utama ya.

Pendaftaran Prasekolah dan Serba-Serbi Memilih Sekolah yang Cocok untuk Si Kecil Pendaftaran Prasekolah dan Serba-Serbi Memilih Sekolah yang Cocok untuk Si Kecil Reviewed by Carolina Ratri on January 03, 2019 Rating: 5

No comments