Panduan Ibu Menyusui: Yuk, Ketahui Kebutuhan ASI si Kecil Seiring Pertumbuhannya

Panduan Ibu Menyusui: Yuk, Ketahui Kebutuhan ASI si Kecil Seiring Pertumbuhannya


Seiring bertambahnya usia, kebutuhan ASI si kecil juga ikut menyesuaikan. Mulai dari pertama kali menyusui ASI eksklusif hingga mengonsumsi makanan padat sebagai pendamping ASI.

Yuk, Ma, ketahui kebutuhan ASI si kecil seiring pertumbuhannya, supaya Mama bisa memenuhi secara optimal.

Kebutuhan ASI bayi Sesuai Usianya

Usia 1 hari

Saat baru lahir, bayi hanya butuh 5-7 mililiter atau satu sendok makan ASI sekali minum. Jumlah ini menyesuaikan kapasitas lambung bayi yang masih seukuran biji kemiri.


Usia 3 hari

Kebutuhan ASI untuk bayi usia 3 hari mulai bertambah menjadi 22-27 mililiter ASI atau setara dengan satu gelas air dalam satu hari. Ukuran lambungnya pun menjadi seukuran buah anggur sedang.


Usia 1 minggu

Memasuki usia seminggu, bayi bisa minum ASI sebanyak 45-60 mililiter sekali menyusu. Jika ditotal, ia bisa menghabiskan 400-600 ml ASI atau sekitar satu setengah hingga dua setengah gelas air sehari. Di usia inilah si kecil akan mengalami lonjakan pertumbuhan yang pertama.


Usia 1 bulan

Di usia ini bayi bisa menghabiskan 80-150 ml sekali menyusu. Sesi menyusu pun bertambah menjadi 8-12 kali sehari, atau setiap 1.5-3 jam.

Bayi juga sudah dapat menyusu dengan baik, sehingga Mama dan si kecil sudah lebih nyaman sekarang. Di usia ini, Mama yang bekerja kantoran sudah bisa mulai memerah ASI.


Usia 6 bulan

Di usia ini bayi membutuhkan ASI 720-840 ml per hari. Ia juga sudah bisa mulai diberi makanan pendamping ASI yang teksturnya lembut, seperti pisang yang dihaluskan. MPASI diberikan setelah bayi menyusu.


Usia 7-9 bulan

Menuju 12 bulan, kebutuhan ASI bayi terus meningkat. Pemberian ASI bisa dilakukan 4-6 kali sehari dengan takaran ASI 900-960 ml.


Usia 10-12 bulan

Saat memasuki usia 1 tahun, kebutuhan ASI bayi justru menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Hal ini disebabkan oleh si kecil yang sudah bisa mengonsumsi makanan padat, seperti anggota keluarga lainnya. Semakin bervariasi makanan yang Mama berikan maka kebutuhan gizinya akan terpenuhi.


Usia 12-24 bulan

Semakin besar kebutuhan ASI tidak lagi terlalu banyak. Paling tidak sekitar 100-150 ml dalam satu hari. Di usia ini makanan yang diberikan sudah berbentuk lebih padat dibanding satu tahun sebelumnya. Pemberiannya pun bisa dilakukan 3-5 kali saja.


Nah, sudah tahu kan, Ma, berapa kebutuhan ASI yang diperlukan oleh bayi seiring pertumbuhannya? Tetap semangat ngASI ya!

Panduan Ibu Menyusui: Yuk, Ketahui Kebutuhan ASI si Kecil Seiring Pertumbuhannya Panduan Ibu Menyusui: Yuk, Ketahui Kebutuhan ASI si Kecil Seiring Pertumbuhannya Reviewed by Carolina Ratri on January 25, 2019 Rating: 5

No comments