Fakta Makanan Siap Saji: Ternyata Tak Seberbahaya Itu - Nggak Perlu Parno!



Memberikan makanan siap saji untuk si kecil? Aduh, jangan sampai deh!

Mungkin itulah jawaban Mama ya, kalau ditanya apakah pernah memberikan makanan siap saji pada si kecil kesayangan itu?

Alasannya pasti banyak, yang kesemuanya Mama dapatkan informasinya dari hasil baca sana-sini, ya kan? Seperti kurang sehat, bahannya tak bisa dijamin higienitasnya, mengandung MSG, dan pastinya, banyak mengandung zat pengawet.

Karena semuanya bukan merupakan syarat makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh si kecil, makanya sebisa mungkin menjauhkan si makanan siap saji dari anak-anak. Betul?

Tapi, benarkah makanan siap saji seberbahaya itu? Sejahat itu? Pernahkah Mama melihat sendiri pemrosesan jenis-jenis makanan siap saji ini?


Coba ikuti beberapa fakta menarik berikut ini terkait makanan siap saji


1. Makanan siap saji praktis

Fakta ini tentunya tak bisa dimungkiri ya, Ma. Menggunakan bahan makanan siap saji akan memudahkan kita saat menyiapkan makanan untuk si kecil, karena hanya akan memerlukan satu kali proses pemasakan.

Apalagi kalau kita sibuk bin lagi riweuh nih. Tinggal goreng atau rebus saja, makanan dengan segera bisa siap disantap.

Inilah alasan mengapa banyak orang tua lebih suka menyimpan nugget, sosis, bakso ikan atau daging di dalam freezer masing-masing di rumah.


2. Pemrosesannya melalui pengawasan yang ketat

Sebenarnya, bagaimana sih dengan kandungan gizi dari berbagai makanan siap saji ini?

Well, Mama tak perlu khawatir sebenarnya, Ma. Proses pembuatan makanan-makanan ini sudah melalui proses pengawasan yang ketat kok. Bukankah sudah terdaftar pula di BPOM? Beberapa bahan juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Jadi, apa yang perlu dikhawatirkan, Ma? Jika ada hal-hal yang perlu diperhatikan, Mama tinggal mencari informasi saja di lembaga resmi pemerintah.


3. Bahan dasarnya sesuai kebutuhan

Tak semua bahan makanan olahan atau siap saji ini menggunakan pengawet lo. Misalnya saja pada pembuatan nugget. Beberapa proses yang dilalui oleh nugget dalam pembuatannya membuat makanan ini awet bahkan tanpa ditambah zat pengawet.

Nugget, sosis, atau bakso ikan dibuat dengan menggunakan bahan dasar sesuai kebutuhan. Bahan dasar ini kemudian ditambahkan tepung terigu atau bahan tambahan lain.

Pada nugget, ayam segar ditambahi dengan tepung terigu yang kemudian dicetak sesuai selera. Adonan ini kemudian dibungkus dengan mentega, lalu dibalur dengan tepung roti. Selanjutnya, nugget-nugget ayam ini akan dikukus dan kemudian dibekukan.

Proses inilah yang membuat nugget awet. Sebab pada proses pengukusan dan pembekuan, pertumbuhan bakteri penghancur makanan menjadi terhambat.

Umumnya, makanan siap saji jenis nugget ini bisa tahan hingga 6 bulan jika disimpan dalam freezer.


4. Penyimpanan menjadi koentji

Nah, yang perlu Mama perhatikan selanjutnya adalah penyimpanan bahan-bahan makanan siap saji ini, supaya tetap segar dan layak dikonsumsi terutama oleh si kecil.

Penyimpanan makanan siap saji sebaiknya memang di freezer dalam keadaan beku.

Saat Mama sudah membuka kemasannya untuk dikonsumsi, kalau nggak langsung habis, maka pindahkan ke wadah tertutup rapat lalu masukkan lagi ke freezer.

Yang paling praktis yang bisa Mama lakukan adalah langsung memisahkan bahan-bahan makanan ini dalam takaran sekali olah atau sekali makan. Jadi Mama hanya tinggal mengambil bagian yang akan dimasak saja tanpa mengganggu sisa bahan yang lain.


5. Tetap lengkapi dengan nutrisi lain

Hal lain yang harus diperhatikan adalah nilai gizi makanan siap saji ini. Agar si kecil tetap mendapatkan asupan gizi yang seimbang, maka lengkapilah sajiannya dengan unsur-unsur nutrisi lainnya, seperti sayur dan buah.

Makanan olahan seperti ini biasanya tinggi protein dan karbohidrat saja, dan minim vitamin dan mineral. Padahal si kecil pastinya butuh semua unsur kebutuhan gizi yang seimbang agar aktivitas dan perkembangannya optimal kan? Karena itulah, Mama harus juga menyediakan makanan lain yang bisa melengkapi kebutuhan gizi si kecil.

Dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi, maka asupan gizi si kecil pun terpenuhi.


Nah, Mama, artikel selanjutnya akan ada beberapa resep praktis yang bisa Mama sontek, dengan memakai beberapa bahan makanan siap saji nih. Pantau terus mamarempong.com ya!

Fakta Makanan Siap Saji: Ternyata Tak Seberbahaya Itu - Nggak Perlu Parno! Fakta Makanan Siap Saji: Ternyata Tak Seberbahaya Itu - Nggak Perlu Parno! Reviewed by Carolina Ratri on January 19, 2019 Rating: 5

No comments