Tip Memulai Bisnis Katering dari Rumah - Semoga Sukses!

Tip Memulai Bisnis Katering dari Rumah


Melakukan bisnis katering di rumah bukan hanya menjanjikan dari sisi uang, tetapi juga kepuasan. Apalagi kalau Mama jago masak.

Ya, kalau Mama punya kemampuan lebih dalam memasak, kenapa enggak dibisniskan? Kan sayang kalau cuma dianggurin, atau hanya buat masak makanan sendiri.

Bisnis katering adalah pilihan cocok bagi yang suka memasak, terutama ibu rumah tangga. Sebab bisnis yang satu ini bisa sepenuhnya dijalankan di rumah. Bahkan menurut situs Powerhomebiz, bisnis ini merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan lo.

Bisnis katering ini bisa dijalankan untuk melayani event pernikahan, ulang tahun, aneka pesta, atau sekadar untuk menu sehari-hari. Bisa juga untuk menyediakan makan siang bagi pekerja kantoran.
Modal yang harus dikeluarkan untuk bisnis katering ini tidak terlalu besar. Apalagi kalau sudah memiliki alat-alat untuk memasak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis katering:


1. Reputasi menentukan

Reputasi sangat menentukan untuk menjalankan bisnis ini. Artinya, sekali saja konsumen dibuat kecewa, bukan tak mungkin pelanggan lain juga akan kabur satu per satu.

Reputasi akan hancur lebur. Karena itu dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan. Dan, bidang ini biasanya ada pada perempuan. Pada ibu rumah tangga.


2. Biaya rendah

Faktor biaya terbesar dalam bisnis katering ini adalah modal awal untuk menyediakan perangkat dan bahan-bahan memasak.

Namun, dibandingkan dengan bisnis restoran, membuka bisnis katering jauh lebih murah. Sebab, nggak perlu menyediakan ruang khusus untuk masak dan juga khusus untuk makan pelanggan.
Cukup menggunakan dapur yang sudah ada. Jika tak cukup tersedia dana, perlengkapan masak pun bisa diperoleh dengan cara menyewa.


3. Penghasilan besar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis berbiaya murah dengan keuntungan berlipat adalah bisnis makanan dan minuman. Dan di sektor ini, bisnis katering merupakan yang paling murah dengan potensi keuntungan yang sama banyak dengan restoran.

Pendapatan yang besar karena biaya operasional terbilang kecil. Jika sudah memiliki perlengkapan memasak dan dapur sendiri, maka biaya hanya perlu untuk menggaji karyawan, yaitu para juru masak saja.

Satu buah mobil sudah cukup untuk membawa masakan ke tempat pemesan.


4. Pemasaran

Satu hal terpenting yang nggak boleh dilupakan adalah pemasaran. Sebab, orang perlu tahu jasa yang Mama berikan dan kualitas yang Mama hasilkan. Promosi dari mulut ke mulut atau penawaran langsung ke calon konsumen bisa menjadi alat pemasaran yang baik untuk bisnis ini.


Nah, gimana, Ma? Sudah ada sedikit gambaran lagi kan jika Mama pengin mulai membangun bisnis katering? Yang pasti sih, mulai aja dulu. Yakin, dan percaya diri!

Mama bisa membaca banyak buku pengembangan bisnis untuk menemani perjalanan Mama nanti. Pasti deh, bisa sukses.

Tip Memulai Bisnis Katering dari Rumah - Semoga Sukses! Tip Memulai Bisnis Katering dari Rumah - Semoga Sukses! Reviewed by Carolina Ratri on January 23, 2019 Rating: 5

No comments