Pastikan 5 Bahan Makanan Sehat untuk Anak Ini Ada dalam Setiap Menunya

Pastikan 5 Bahan Makanan Sehat untuk Anak Ini Ada dalam Setiap Menunya


Masalah si picky eater sepertinya menjadi permasalahan sebagian besar mama ya? Padahal rasa-rasanya sudah nggak kurang-kurang lagi kita berusaha memperkenalkan si kecil pada berbagai makanan sehat untuk anak yang bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Tapi, ya gitu deh. Kadang teori ya tinggal teori.

Nah, ini ada tambahan satu teori lagi nih, Ma. Menurut majalah Ayahbunda, supaya si kecil jadi doyan makan dan terbiasa makan sehat sejak dini, coba kreasikan beberapa makanan sehat untuk anak berikut ini, Ma.

Mama bisa mencoba untuk menggunakan atau menambahkan beberapa jenis makanan ini pada resep makanan untuk si kecil.


5 Bahan Makanan Sehat untuk Anak yang Bisa Ditambahkan dalam Menu Harian


1. Madu

Cobalah untuk menggunakan madu sebagai pengganti gula, Ma. Atau Mama juga bisa menggunakannya sebagai pengganti selai sebagai isi sandwich atau teman makan pancake.

Selain memiliki efek adiktif, gula mengandung kalori tinggi dan menjadi penyebab utama diabetes. Madu akan baik untuk si kecil, karena Mama pasti sudah tahu kandungan baik yang ada dalam madu. Bahkan bisa menjauhkan risiko penyakit stroke dan jantung juga.

Jadi, coba ganti gula dengan madu hari ini yuk.


2. Kacang

Kalau memang si kecil nggak punya alergi, Mama bisa memberikan kacang untuk camilan.

Kacang memiliki kandungan protein tinggi dan Omega 3 untuk membangun maupun memperbaiki jaringan tubuh.

Coba berikan walnut, almond, dan pistachio yang lezat, sebagai kudapan. Bisa juga ditambahkan sebagai topping di sandwich ataupun pancake-nya.


3. Yoghurt

Nah, tapi bukan sembarang yoghurt. Yoghurt yang dijual di minimarket memang enak, segar, dan praktis, namun mengandung gula tinggi. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, Ma. Maunya sehat, tapi malah menyodorkan gula yang terlalu banyak pada anak-anak.

Berikanlah plain yoghurt untuk mereka konsumsi, yang bagus untuk pencernaan. Kalau anak-anak nggak suka rasa plain yoghurt, coba saja buat yoghurt berperasa sendiri dengan menyampurkan buah-buahan segar, madu, atau maple syrup, dengan semangkuk plain yoghurt.


4. Tomat

Selain segar, tomat juga merupakan salah satu makanan sehat untuk anak yang sebisa mungkin diberikan setiap hari, Ma. Tomat punya banyak manfaat, di antaranya menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, prostat, dan penyakit perut.

Jadikan tomat sebagai camilan atau bekal makanan ke sekolah. Campurkan dengan buah lain, seperti anggur atau stroberi. Berikan tomat ceri agar si kecil lebih mudah memakannya.


5. Telur

Jadikan telur sebagai makanan sehat untuk anak yang wajib ada dalam menu kesehariannya. Telur mengandung Omega 3s yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel syaraf anak.

Cara yang termudah dan enak untuk si kecil adalah diceplok atau didadar, lalu campurkan dengan makanan utamanya. Atau Mama juga bisa mengolahnya menjadi makanan kekinian, baik sebagai bahan utama atau sekadar "bumbu" saja. Bikin egg benedict untuk menu sarapannya, mungkin?


Nah, kelima makanan sehat untuk anak di atas rasanya kan enak, Ma. Jadi, seharusnya kita memang nggak akan mendapatkan banyak kesulitan yang berarti untuk membujuk anak-anak supaya mau menyantapnya. Apalagi kalau Mama pintar masak, pasti nggak ada masalah sama sekali.

Selamat mencoba.
Pastikan 5 Bahan Makanan Sehat untuk Anak Ini Ada dalam Setiap Menunya Pastikan 5 Bahan Makanan Sehat untuk Anak Ini Ada dalam Setiap Menunya Reviewed by Carolina Ratri on January 15, 2019 Rating: 5

No comments