Tip Memilih dan Mempersiapkan Bahan Makanan Seafood yang Sehat untuk Dimasak

Tip Memilih Bahan Makanan Seafood yang Sehat


Jika Mama ingin memasak makanan seafood, seperti lobster, udang, kerang ataupun ikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli bahan-bahannya.

Yang pertama, belilah selalu yang masih hidup. Yang kedua, pilihlah yang segar.

Lalu, apa lagi ya yang harus kita perhatikan saat hendak memilih bahan makanan seafood? Berikut ada sedikit tip untuk Mama.


Tip Memilih Bahan Makanan Seafood


1. Lobster dan Udang

Jika Mama ingin memasak makanan seafood berbahan lobster dan udang, maka pilihlah yang hidup dan masih gesit. Kalau sudah mati, pilih yang masih keras, kenyal dan tidak berlendir, warnanya masih segar, tidak bernoda hitam di bawah kulitnya dan juga tidak berwarna putih karena pembekuan yang tidak sempurna. Baunya segar dan tidak busuk.

Bila hendak disimpan, sebaiknya lobster dan udang ini dibersihkan terlebih dulu. Beri garam dan simpan di dalam freezer di bawah es. Tutup dengan plastik yang rapat, agar bau amis tidak menyebar ke seluruh lemari es.

Untuk menghindari keracunan, sebaiknya bila merebus ditambahkan arang atau tempurung kelapa.

Udang segar dalam suhu biasa hanya dapat bertahan kurang lebih 3 jam saja.


2. Kepiting dan Kerang

Untuk makanan seafood berbahan kepiting dan kerang, maka pilihlah yang masih hidup. Untuk kepiting, pilihlah yang terasa berat dan tidak berbau busuk.

Sedangkan, untuk kerang, pilihlah yang masih terbuka tutupnya dan bila disentuh akan menutup.

Biarkan kepiting dan kerang Mama tetap hidup sebelum Mama mengolahnya. Simpan di tempat terbuka.


3. Ikan

Untuk makanan seafood berbahan ikan, pilihlah yang masih hidup dan segar. Dagingnya kenyal dan kaku, dan tidak lembek terutama di bagian perut.

Jika ditekan dengan jari akan cepat kembali ke bentuk semula, sebaliknya ikan yang sudah busuk meninggalkan bekas bila ditekan. Mata ikan menonjol, tidak pecah dan selaputnya bersih.

Sebelum membersihkan, lumurilah tangan Mama dengan garam agar tidak licin. Pegang bagian kepalanya, pakailah pisau yang tumpul untuk membersihkan sisik ikan, kerjakan dari arah ekor ke kepala.

Bersihkan isi perut ikan, dengan cara membelah perutnya lalu buang isinya. Cuci ikan di bawah air yang mengalir dengan ekor di bagian atas. Hilangkan amis ikan dengan memberinya beberapa tetes air jeruk nipis.


Nah, semoga sedikit tip memilih dan mempersiapkan bahan makanan seafood di atas bermanfaat ya, Ma. Selamat memasak!
Tip Memilih dan Mempersiapkan Bahan Makanan Seafood yang Sehat untuk Dimasak Tip Memilih dan Mempersiapkan Bahan Makanan Seafood yang Sehat untuk Dimasak Reviewed by Carolina Ratri on January 05, 2019 Rating: 5

No comments