Resolusi Tahun Baru 2019: Lebih Sehat dan Bahagia, Bukan Cuma Kurus



Penghujung tahun sudah mulai terlihat nih. Saatnya kita mulai merefleksi dan kemudian membuat suatu rencana perubahan agar lebih baik di tahun depan. Istilah zaman now-nya: bikin resolusi tahun baru.

Apa kabar resolusi tahun baru 2018 yang lalu? Yang pengin mengecilkan ukuran celana? Gagal? Celana terasa makin ketat saja?

Iya, tapi rasanya juga nggak ada waktu sama sekali buat merhatiin, atau sekadar memikirkan harus olahraga apa. Secara, gitu ya, kita sehari-hari sudah disibukkan dengan berbagai urusan domestik, belum lagi buat Mama yang juga berbisnis. Kadang rasanya, bisa makan saja sudah untung. Kapan sih bisa kita sempat lari keliling kompleks rumah, kalau setiap pagi selalu disibukkan mempersiapkan ini itu buat anak-anak dan suami?

Sering nggak merasa begitu, Ma?

Mama, celana yang kian ketat sebenarnya bisa kok kita atasi. Bukan, bukan dengan membeli celana baru. Celana yang ketat bisa kita atasi dengan mengubah menu makanan.

Bukan, Ma, bukan diet. Makanan seharusnya adalah salah satu hal yang seharusnya bisa kita nikmati kan, Ma? Bukan hal yang seharusnya kita musuhi, bikin kita sedih ataupun membuat kita menyesal.

Jadi alih-alih kita melakukan diet secara ketat, akan lebih baik jika kita mengubah menu makan dengan menu yang nutrisinya lebih baik dan dengan ukuran yang pas dan sesuai untuk tubuh.

Kita bisa membandingkan tubuh kita dengan sebuah mesin, sebenarnya Ma. Mesin mobil misalnya, kalau bahan bakarnya seharusnya Pertamax ya jangan diisi dengan Premium. Kondisinya lama kelamaan akan menurun karena nutrisi yang tak seharusnya.  Memang mobilnya nggak langsung turun mesin sih, Ma, tapi performanya sudah bisa dipastikan akan terus menurun.

Nah, begitu juga kalau tubuh kita mendapatkan nutrisi yang kurang pas. Memang tak serta merta tepar atau sakit. Tapi lama kelamaan kondisi tubuh akan memburuk.

Jadi, lebih pilih mana, Ma, celana kembali longgar atau kondisi tubuh?

Nah, untuk mendapatkan nutrisi yang pas ada 3 rahasia besar nih yang harus Mama ketahui lebih dulu sebelum memilih menu yang sesuai. Apa saja? Kita lihat yuk!

3 Rahasia Lebih Sehat sebagai Resolusi Tahun Baru 2019

1. Seimbang

Menu yang seimbang memang tak akan serta merta membuat lingkar pinggang Mama langsung mengecil, seperti kalau Mama melakukan diet ketat. Tapi menu yang seimbang akan membuat tubuh Mama akan membaik, sehingga mencapai kondisi paling ideal untuk Mama.

Kondisi ideal ini berarti sesuai dengan umur Mama, dengan aktivitas Mama sehari-hari, dan juga sesuai dengan kondisi tubuh Mama secara keseluruhan.

Jadi, sebagai resolusi tahun baru 2019, agar lebih sehat maka carilah menu yang seimbang dan ubah kebiasaan makan makanan yang sehat. Hal ini akan lebih baik ketimbang meniatkan diri untuk diet ketat demi menurunkan berat badan secara cepat.

Temukan motivasi terbaik Mama, dan Mama akan mendapatkan keuntungan dari perubahan ini dalam jangka waktu yang panjang. Memang tampaknya akan lebih sulit ya, karena membutuhkan pemikiran yang lebih, perencanaan dan usaha, tapi hasilnya akan lebih lama terasa karena tidak instan.


2. Variasi

Makan berbagai makanan. Variasi pada makan nggak hanya mencegah kebosanan terhadap jenis makanan tertentu, tetapi juga memberikan tubuh kita semua jenis vitamin dan nutrisi untuk tetap berfungsi secara optimal.


Sudah pernah lihat MyPlate, Ma? Piramida makanan, mungkin Mama sudah tahu ya? Nah, MyPlate ini hadir menggantikan piramida makanan yang dianggap sudah tak lagi bisa memenuhi tuntutan tubuh akan nutrisi yang lebih baik.

Untuk tahu lebih banyak mengenai MyPlate, Mama bisa cek langsung ke webnya ya.

Inti dari MyPlate adalah mem-variasikan makan dari semua kelompok makanan, dari grain hingga produk olahan susu. Dalam web di atas, Mama bisa melihat banyak pilihan variasi makanan yang lebih seimbang, yang cocok untuk metabolisme tubuh.


3. Jumlah yang pas dan cukup

Semangka memang baik dan sehat, karena mengandung banyak air dan penuh vitamin C. Namun, nggak berarti makan semangka sepanjang hari dan setiap hari akan membuat Mama lebih sehat.

Jumlah makanan yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit itu nggak baik, Ma. Tapi kalau semua makanan itu dimakan dalam jumlah yang pas dan cukup, maka pasti akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dan itu even adalah biskuit Oreo cokelat yang dicelup susu. Hohoho. Asik.

Jadi memang boleh-boleh saja, Ma, makan makanan kesukaan. Tapi diatur ya, jangan terlalu banyak. Secukupnya.



Yang pasti, Ma, dengarkan sinyal tubuh Mama. Tetapkan niat kecil, seperti makan satu buah dan satu jenis salad setiap hari, dan minum delapan gelas air setiap hari. Kita kira yang seperti nggak akan terlalu berat ya.

Dan, jangan lupa untuk mengucapkan selamat pada diri sendiri, Ma, kalau nanti pada akhir tahun, resolusi tahu baru 2019 Mama ini berhasil. Mama menjadi lebih sehat, lebih jarang sakit, dan akhirnya beberapa celana lama muat lagi.

Yippie!
Resolusi Tahun Baru 2019: Lebih Sehat dan Bahagia, Bukan Cuma Kurus Resolusi Tahun Baru 2019: Lebih Sehat dan Bahagia, Bukan Cuma Kurus Reviewed by Carolina Ratri on December 12, 2018 Rating: 5

No comments