4 Cara Paling Mudah dan Sederhana Mengatasi Bayi Cegukan



Namanya juga ibu baru, kadang segala sesuatunya jadi bikin khawatir. Mulai dari soal nutrisi, cara memandikan bayi, sampai yang sepele-sepele semacam bayi cegukan, bisa saja mengganggu pikiran.

Nah, soal bayi cegukan ini, Mama sebenarnya tak perlu khawatir kok. Normal, Ma, kalau bayi mengalami cegukan. Nanti juga akan sembuh sendiri.

Tapi, kalau semisal Mama memang pengin membantunya supaya cegukannya hilang, Mama bisa melakukan beberapa hal berikut.


4 Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Bayi Cegukan


1. Ubah posisi

Ubahlah posisi menyusui, jika bayi cegukan saat Mama sedang memberinya ASI. Hal ini merupakan tindakan untuk mencegah bayi supaya jangan sampai menelan udara berlebih yang membuatnya cegukan saat menyusu.


2. Serdawakan

Jangan sampai lupa untuk menyerdawakan bayi setelah menyusu untuk mencegahnya mengalami cegukan.

Dengan berserdawa ini, maka bayi akan bisa mengeluarkan udara berlebih yang ada di perut, dan bisa mengatasi kejang otot yang memungkinkan terjadinya cegukan.


3. Usap-usap

Usap punggung bayi saat ia mengalami cegukan, agar ia lebih nyaman. Dengan membuatnya nyaman--bahkan mungkin lalu tertidur--cegukan pun akan berangsur hilang.


4. Perbaiki jadwal makan

Biasakan bayi makan dengan jadwal teratur untuk mengurangi risiko bayi cegukan.

Perlu Mama ketahui ya, bahwa jika bayi terlalu sering cegukan maka ini bisa mengindikasikan kalau ada masalah pada lambungnya lo. Apalagi jika disertai muntah

Jadi, jika bayi cegukan cukup sering dan terlalu lama, lebih baik Mama konsultasikan pada dokter anak langganan, agar bisa diperiksa lebih lanjut.


Nah, demikian 4 cara mudah dan sederhana mengatasi bayi cegukan. Semoga membantu ya.
4 Cara Paling Mudah dan Sederhana Mengatasi Bayi Cegukan 4 Cara Paling Mudah dan Sederhana Mengatasi Bayi Cegukan Reviewed by Carolina Ratri on December 06, 2018 Rating: 5

No comments