Ubah Kebiasaan untuk Memperbaiki Postur Tubuh dengan 5 Tip Ini!

Ubah Kebiasaan untuk Memperbaiki Postur Tubuh dengan 5 Tip Ini!


Berdiri yang salah dan duduk terlalu lama dapat menimbulkan gangguan pada postur tubuh, bahkan kesehatan lo, Ma. Yuk, segera lakukan sesuatu untuk memperbaiki postur tubuh agar lebih enak dilihat dan tubuh juga lebih sehat.

Mengapa harus memperbaiki postur tubuh sih?
Well, sebuah penelitian dari Northwestern University’s Kelloog School of Management menyatakan, bahwa orang yang memiliki postur tubuh bagus akan memungkinkan untuk bisa berpikir dan bertindak lebih baik.

Nah, mau kan, Ma, kualitas hidup kita menjadi lebih baik?

Karena itu, ayo ubah kebiasaan buruk Mama saat berdiri dan duduk untuk memperbaiki postur tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat dengan beberapa tip berikut.


5 Tip Mengubah Kebiasaan untuk Memperbaiki Postur Tubuh


1. Duduk Sepanjang Hari di Kantor

Tak jarang, karena terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, Mama merasa jenuh dan lupa mengatur postur duduk yang baik. Duduk terlalu merosot ke bawah, terlalu maju ke depan, bahkan lupa berdiri dan meluruskan kaki. Akhirnya pinggang dan punggung langsung terasa nyeri.

Ubah kebiasaan:

  • Sandarkan bahu dan punggung atas ke kursi. Putar bahu ke belakang, dan turunkan. Tarik otot perut agak dalam dan angkat tubuh ke atas. Atur juga sandaran kursi agar tak terlalu condong ke belakang.
  • Tempatkan layar komputer sejajar mata. Pasalnya, gerakan tubuh mengikuti gerakan mata, Ma. Itu sebabnya dianjurkan menempatkan layar komputer sama dengan pandangan mata. Jika menggunakan laptop, cobalah ganjal bagian bawahnya dengan beberapa buku atau pakai keyboard terpisah, agar pergelangan tangan tetap sejajar meja.
  • Hindari duduk dalam waktu lama. Lakukan peregangan setiap 20-30 menit. Selain itu, usahakan jangan memilih kursi yang terlalu empuk, karena dapat membuat kita sering membungkuk tanpa sadar.


2. Menjinjing tas di mal

Perempuan dan tas sangat tak bisa dipisahkan ya, Ma. Berbagai barang kebutuhan kita simpan di dalamnya, dari mulai dompet, makeup pouch, agenda, handphone, hingga novel yang belum selesai dibaca.

Parahnya lagi, saat pergi ke mal tak jarang jumlah tas juga bertambah. Setelah itu giliran bahu deh yang terasa nyeri.

Ubah kebiasaan:

  • Pilih tas bertali pendek. Pasalnya, tas bertali panjang lebih mudah berayun mengikuti langkah. Akibatnya, otot perut dan otot bahu bagian belakang menjadi tak stabil dan berisiko cedera. Namun, jika terlanjur menggunakan tali panjang, kenakan dengan menyilang di bahu, agar beban terbagi merata.
  • Bagi rata beban. Seimbangkan barang bawaan Mama di bagian sebelah kanan dan kiri tubuh. Misalnya, bawalah laptop di tangan kiri dan tas belanjaan di tangan kanan. Usahakan beratnya benar-benar seimbang ya. Dengan demikian, Mama tak akan kewalahan saat berjalan.


3. Berdiri antre

Sering kali tanpa sadar saat sedang antre menunggu, kita berdiri dengan menekuk salah satu kaki, melipat tangan di dada, dan membiarkan punggung tidak dalam kondisi tegak.

Nah, kebiasaan ini salah, Ma.  Coba deh, punggung dan kaki bakalan pegal luar biasa setelahnya. Yuk, coba kita lakukan beberapa hal untuk memperbaiki postur tubuh ini.

Ubah kebiasaan:

  • Berdiri dengan punggung tegak. Putar bahu ke arah belakang, lalu turunkan. Tarik perut agak ke dalam, lalu angkat ke atas. Jaga posisi leher dan kepala agar tak maju ke depan. Btw nih, selain lebih sehat, posisi ini bisa membuat kita terlihat lebih ramping lo. Catet!



4. Memakai sepatu high heels

Hasil sebuah penelitian dari American College of Rheumatology menyatakan, bahwa pemakaian sepatu hak tinggi terlalu lama bisa memicu terjadinya radang sendi.

Ubah kebiasaan:

  • Sebenarnya, memakai sepatu hak tinggi bisa membantu kita memperbaiki postur tubuh. Sebab, saat dikenakan, tubuh diposisikan seakan sedang berjalan menurun. Sehingga, secara nggak langsung nih, kita jadi menahan tubuh supaya nggak jatuh ke depan. Jadi lebih tegak kan, posisinya? Tapi, di sisi lain, pemakaian sepatu hak tinggi juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Karena itu, Ma, kita harus selalu sadar menjaga punggung agar tetap tegak namun tetap rileks.
  • Punya sepatu hak tinggi lebih dari satu. Apalagi, jika Mama terbilang sering mengenakan sepatu hak tinggi. Misalnya, hari ini mengenakan sepatu berhak 5 cm, maka besok pilihlah yang berhak 3 cm. Intinya, gunakanlah secara bergantian, agar otot telapak kaki dan punggung lebih lentur dan mudah beradaptasi dengan hak tinggi yang berbeda-beda. Ada baiknya, untuk nggak mengenakan sepatu dengan hak yang melebihi 6 cm dalam waktu yang terlalu lama.


5. Terjebak macet

Harus mengemudi selama berjam-jam, tentu membuat mata, tubuh dan pikiran menjadi luar biasa lelah ya, Ma. Begitu pula dengan leher dan punggung.

Tak jarang, demi menghilangkan rasa lelah, kita pun memegang kemudi dengan berganti-ganti posisi.

Ubah kebiasaan:

  • Atur jok dengan kemiringan 20-25 derajat. Untuk amannya, lebih baik pegang kemudi dengan tangan kiri pada pukul 9, dan tangan kanan pada pukul 3. Tekuk kedua siku sedikit. Postur seperti ini secara otomatis akan membuat punggung kita tetap lurus.
  • Letakkan bantal kecil di punggung bagian bawah. Tak hanya jadi sandaran yang nyaman, bantal ini sekaligus membuat posisi duduk lebih nyaman dan sehat. Dengan posisi berkendara yang nyaman, setidaknya kita sudah mengurangi satu faktor pemicu stres lo.



Nah, gimana, Ma? Sederhana saja kan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki postur tubuh kita ini? Nggak susahlah untuk bisa kita lakukan sehari-hari.

Semoga Mama dan keluarga selalu sehat ya!
Ubah Kebiasaan untuk Memperbaiki Postur Tubuh dengan 5 Tip Ini! Ubah Kebiasaan untuk Memperbaiki Postur Tubuh dengan 5 Tip Ini! Reviewed by Carolina Ratri on December 08, 2018 Rating: 5

No comments