5 Ciri Anak Cerdas--Bahkan Lebih Cerdas dari yang Kita Kira

5 Ciri Anak Cerdas--Bahkan Lebih Cerdas dari yang Kita Kira


Kadang kita sering berpikir, anak-anak masih terbatas pengetahuannya dan perlu dibimbing, agar tumbuh menjadi anak cerdas.

Well, hal ini nggak salah sih. Namun sering kali pula, kita terheran-heran akan kemampuan berpikir anak, yang bisa dibilang jauh melebihi apa yang kita harapkan. Betul nggak, Ma?

Berikut ini beberapa bukti bahwa anak kita sebenarnya sudah tumbuh menjadi anak cerdas--bahkan lebih cerdas dari yang kita kira


1. Mereka tidak pernah melupakan apa pun

Pernah menjumpai kalimat seperti ini dari anak-anak, Ma?

“Lho, tapi tadi Mama/Papa bilang ..."

Ya, anak-anak tak akan melupakan kata-kata ataupun janji yang pernah kita berikan padanya. Padahal mungkin saja janji-janji atau kata-kata tersebut kita ucapkan sambil lalu, atau hanya agar dia teralihkan perhatiannya.

Tapi, jangan harap anak-anak bisa melupakan begitu saja apa yang sudah Mama katakan pada mereka.

Dan karena mereka anak cerdas yang tak pernah melupakan apa pun, mereka juga ingat hal-hal penting yang sering kita lupakan. Mereka tak melupakan tanggal-tanggal penting, seperti ulang tahun anggota keluarga yang lain (yang kadang kita saja sering lupa), mereka juga sering bisa diandalkan menjadi alarm untuk mengingatkan kita melakukan sesuatu kalau kita butuhkan.


2.  Pernah mencoba membantu mereka mengerjakan tugas sekolah?

PR dan tugas sekolah anak-anak sekarang luar biasa. Tentu saja ini bisa dipahami karena semakin banyaknya tuntutan agar mereka bisa mengejar kemajuan zaman.

Dan, jika Mama sering membantu mereka mengerjakan semua tugas itu, Mama pasti juga pernah mengalami kesulitan menjawab soal-soal yang diberikan. Hingga akhirnya, Mama akan berselancar di internet bersama mereka untuk bersama-sama mencari jawabannya.

Jadi bukan saja anak-anak yang belajar sesuatu, kita juga kan?


3. Kegiatan bongkar-pasang menjadi salah satu bentuk seni

Si kecil suka membongkar barang-barang, Ma?

Biarkan saja. Mereka saat itu sedang berusaha mencari tahu lebih banyak mengenai barang tersebut. Barangkali tanpa kita sadari, seiring waktu berjalan mereka kemudian belajar untuk merakit kembali barang-barang yang sudah mereka bongkar sebelumnya.

Bongkar pasang barang seperti ini adalah tantangan bagi anak cerdas, bahkan bisa dibilang menjadi salah satu bentuk seni untuk mereka. Bagaikan bermain puzzle, mereka akan berusaha menyocokkan satu bagian dengan bagian yang lain.

Sampai suatu saat nanti, mereka bahkan bisa membantu Mama menyusun perabotan yang bersistem knock-down. Mereka akan menunjukkan bagian mana yang harus disambung dengan kaki perabotan dan seterusnya. Mama akan dibuat heran nanti.


4. Mereka bisa belajar bahasa baru dengan cepat

Mereka bisa dengan cepat belajar bahasa asing, bahkan hanya dengan menonton film di televisi.

Kecepatan anak-anak belajar dari apa yang ditontonnya bahkan melebihi kita yang sudah dewasa. Inilah mengapa kita harus bijak dalam mendampingi mereka memilih acara televisi yang boleh ditontonnya. Pilihlah acara televisi yang memang mendukung perkembangan kepandaiannya, salah satunya kepandaian verbal.

Biarkan mereka menonton film-film anak-anak berbahasa Inggris lebih banyak. Mereka akan tahu dengan cepat apa yang sedang ditampilkan per adegannya, dan kemudian dengan cepat pula akan berkata-kata menirukan apa yang didengarnya. Adalah tugas Anda selanjutnya untuk mengarahkan dan mendampingi mereka agar kemampuannya ini semakin terasah.

Tak hanya dari televisi, gadget-gadget zaman sekarang pun ikut memberikan andil pada pembelajaran para anak cerdas ini. Tengok saja berapa banyak apps di gadget yang bisa membantu mereka lebih lancar berbahasa asing?


5. Teknologi hanya ‘mainan’ di tangan mereka

Coba lihat seberapa cepat mereka memahami bagaimana games dapat dimainkan? Seberapa cepat pula mereka bisa menyetting ulang gadget atau smartphone kita, Ma? Hal ini mungkin dikarenakan mereka memang telah dilahirkan di era digital sehingga sepertinya sejak lahir mereka memang telah berteman dengan teknologi.



Nah, sudah cukup bukti belum, bahwa mereka itu anak cerdas--bahkan lebih cerdas dari kita?
5 Ciri Anak Cerdas--Bahkan Lebih Cerdas dari yang Kita Kira 5 Ciri Anak Cerdas--Bahkan Lebih Cerdas dari yang Kita Kira Reviewed by Carolina Ratri on December 04, 2018 Rating: 5

No comments