Cara Merawat Miss V Agar Selalu Sehat Sepanjang Usia



Merawat miss V itu memang gampang-gampang susah, ya! Karena memang pada dasarnya, genital kita, milik para perempuan itu, tricky banget.

Tapi memang nggak boleh diremehkan kok, Ma. Kita mesti memperhatikan kesehatan si miss V setiap hari, menjaga kebersihannya setiap waktu, kalau nggak mau terlambat.


Ini dia 5 langkah merawat miss V, agar senantiasa sehat di segala usia

1. Perhatikan celana dalam

Tahu nggak sih, Ma, ternyata tidak perlu semahal dan sedetail itu untuk memilih dan membeli celana dalam?

Celana dalam terbaik untuk miss V adalah yang berbahan katun.

Menurut Mary Jane Minkin, M.D., seorang Clinical Professor of Obstetrics, Gynecology, and Reproductive Sciences di Yale University, bahan katun itu memudahkan pori untuk bernapas, sekaligus menyerap lembap.

Jadi, tak perlu mencari celana dalam berenda, berbahan satin, atau berpotongan aneh-aneh sih, Ma.


2. Perhatikan kebersihannya

Untuk yang satu ini, Mama juga sebenarnya nggak perlu repot, karena miss V ini bisa membersihkan dirinya sendiri.

Dengan memakai produk-produk kesehatan yang dibeli mahal itu justru menambah risiko berbagai macam infeksi, radang panggul, dan PMS.

Bersihkan saja dengan cara biasa. Kalau ingin merawatnya dengan lebih baik, kita bisa membuat ramuan sendiri. Misalnya, dengan rebusan air daun sirih yang dipakai untuk cebok. Itu pun hendaknya kita bersihkan bagian luar saja, jangan sampai terlalu masuk ke dalam. Pakailah air hangat yang lebih bersahabat dengan pori-pori miss V yang sensitif.


3. Perhatikan kekuatan serta kelenturannya

Sama seperti bagian tubuh lain, miss V juga terdiri dari otot dan daging. Jadi, kekuatan serta kelenturannya pun perlu diperhatikan dengan berolahraga!

Cara merawat miss V dengan mengolahragakannya:


  • Temukan otot dasar panggul, dengan cara menghentikan proses buang air kecil saat tengah berlangsung. Kalau berhasil, berarti Mama sudah menemukan otot yang tepat. 
  • Latihlah otot ini dengan mengencangkan dan mengendurkannya selama masing-masing 5 detik. 
  • Lakukan dengan santai dan tetap bernapas, bisa sambil bekerja, berkendara, atau menonton TV.
  • Setelah terbiasa, Mama bisa menambah waktunya sampai 10 detik dengan 10 kali pengulangan dalam setiap setnya. Sehari 3 set akan membuat otot dasar panggul kuat sekaligus lentur.


Memangnya, seberapa pentingkah latihan itu? Menurut situs mayoclinic, latihan kegel ini akan memperkuat otot dasar panggul, yang mendukung rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum.


4. Perhatikan benda-benda yang berhubungan langsung dengannya

Di Jepang, toilet sudah kembali jongkok seperti zaman dahulu. Mereka sudah banyak meninggalkan toilet duduk untuk buang air kecil dan besar.

Ada banyak alasan baik. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan toilet jongkok maka kita bisa menguatkan juga otot-otot kaki, membuat kotoran lebih mudah keluar, sampai menjaga kesehatan sistem pembuangan karena membuat sudut yang lebih pas, dibanding dengan toilet duduk.

Nah, ternyata, toilet jongkok juga bisa menghindarkan miss V dari berbagai kuman.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengalasi toilet seat dengan tisu setiap kali ingin memakai kamar mandi umum, atau menyemprotnya dengan alkohol, ya. Toilet seat yang dipakai beramai-ramai kan menyimpan banyak kuman.

Selain itu, perhatikan juga pemakaian pembalut ketika haid. Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI dr Eni Gustina, MPH, pembalut disarankan untuk diganti sekitar 3-6 kali sehari. Ini demi kebersihan miss V agar tidak menjadi sarang kuman penyakit.


5. Perhatikan kebahagiaannya

Cara merawat miss V yang terakhir adalah usahakan untuk mencari posisi yang paling membuatnya nyaman tanpa rasa sakit saat berhubungan intim. 

Sebenarnya, Miss V akan secara alami terlumasi, sebagai hasil produksi serviks atau leher rahim. Cairan ini akan melindungi vagina dari infeksi sekaligus menjaganya agar nyaman saat berhubungan intim. Tapi, secara alami juga cairan ini akan berkurang saat menopause. Ketika hormon estrogen mulai berhenti secara bertahap.



Sekarang sudah tahu kan cara merawat miss V agar tetap sehat di segala usia?

Selamat bahagia, Ma!

Cara Merawat Miss V Agar Selalu Sehat Sepanjang Usia Cara Merawat Miss V Agar Selalu Sehat Sepanjang Usia Reviewed by Carolina Ratri on December 24, 2018 Rating: 5

No comments