5 Cara Atasi Kebiasaan Buruk Suami yang Genggeus dan Menyebalkan



Banyak kebiasan buruk suami yang seringkali membuat kita nggak nyaman ya, Ma?

Misalnya saja, Papa suka buang sampah sembarangan, suka meletakkan barang seenaknya, mobil nggak pernah dibersihin, bajunya selalu kusut padahal sudah kita setrika.

Well, sebenarnya kalau bukan soal karakter sih, yang kayak-kayak gini bisa kok diatasi, Ma. Berikut caranya.

5 Cara Atasi Kebiasaan Buruk Suami yang Bikin Kita Stres Nggak Jelas

1. Ajak bicara baik-baik

Ya, ungkapkan maksud Mama dengan baik, bahwa Mama nggak suka kebiasaan buruknya, yang sudah mengganggu.

Jangan katakan sambil bercanda ya, Ma, nanti nggak dianggap serius soalnya. Katakan dengan serius, tapi bukan dengan emosi tinggi. Harus dengan tenang.

Pilihlah waktu yang tepat dan saat hanya ada Papa dan Mama berdua saja. Jangan sampai terdengar orang lain.


2. Tunjukkan dampak positif

Misalnya, tunjukkan bahwa kalau Papa mau membersihkan mobil secara teratur, maka mobil pun akan lebih nyaman Papa pakai ke kantor. Atau, tunjukkan kalau bajunya bisa rapi, Papa juga mudah untuk memilih baju mana yang akan dipakai hari itu.

Tunjukkan efeknya, kalau Papa mau mengubah kebiasaannya, demi memberinya semangat menghilangkan kebiasaannya itu.


3. Terbuka

Yes, terbuka untuk membuat kesepakatan bersama.

Sering kali kalau kita mengemukakan kebiasaan buruknya, maka suami pun cenderung juga akan mengungkapkan kebiasaan buruk kita juga, Ma.

Kalau dia mau membuat kesepakatan mau melakukan apa yang Mama katakan dengan syarat Mama juga melakukan juga untuknya, ya lakukan saja, Ma. Kan bagus untuk kebaikan bersama kan?


4. Bantu

Bantulah suami untuk bisa berubah, dengan mengingatkannya akan kesepakatan Mama dan Papa yang sudah dibuat sebelumnya.

Jangan beri toleransi, karena sekali ada kesempatan, maka dia akan melakukannya lagi.


5. Kurangi standar

Namun, kadang, meski sudah dibicarakan, suami tetap saja tak bisa memperbaiki kebiasaan buruk yang ia punya. Well, sepanjang hal tersebut tidak membahayakan nyawa dan jiwa, ya, mungkin ada baiknya Mama yang menurunkan standar.

Misalnya, standar kebersihan. Mama bisa menoleransi ketika Papa nggak mau membersihkan bagian luar mobil, tapi untuk bagian dalam, cobalah untuk berkompromi lagi.

Atau, Mama tawarkan bantuan saja untuk membersihkan bersamanya setiap akhir minggu. Kalau dikerjakan bersama, tentunya akan lebih menyenangkan untuk Papa.


Yah, untuk berumah tangga, kita memang mesti punya seni berkomunikasi tersendiri sih ya. Jangan pernah capek ya, Ma. Karena kalau sampai kita capek mencoba menjalin komunikasi yang lebih baik, niscaya, tidak akan ada yang bisa dilakukan lagi.

Tetap semangat dan bahagia ya.

5 Cara Atasi Kebiasaan Buruk Suami yang Genggeus dan Menyebalkan 5 Cara Atasi Kebiasaan Buruk Suami yang Genggeus dan Menyebalkan Reviewed by Carolina Ratri on December 30, 2018 Rating: 5

No comments