7 Aktivitas Keluarga Superseru yang Bisa Dilakukan di Malam Tahun Baru




Sudah ada persiapan untuk menyambut malam tahun baru? Atau memang sudah ada tradisi keluarga yang dilakukan setiap malam tahun baru?

Well, kalau memang sudah punya tradisi keluarga yang bisa dilakukan bersama pada malam tahun baru, pastinya saat malam pergantian tahun sudah nggak bingung lagi mau ngapain atau mau merayakan tahun baru di mana ya?

Tapi buat yang belum punya rencana, berikut ini ada 7 hal yang bisa Mama lakukan bersama suami dan anak-anak sembari menikmati malam tahun baru dalam kehangatan keluarga.

7 Aktivitas Keluarga yang Bisa Dilakukan di Malam Tahun Baru

1. The Balloon Countdown

Yang Mama perlukan adalah seikat balon. Jumlahnya menyesuaikan sih, Ma. Kalau Mama memulai acara menanti pergantian tahun sejak pukul 18.00, Mama akan memerlukan 6 buah balon.

Permainannya, biarkan anak-anak meletuskan balon setiap satu jam sekali mendekati pukul 00.00 tahun 2016. Tuliskan kapan jamnya masing-masing balon akan dipecahkan.

Mama juga bisa menyelipkan kertas berisi apa saja harapan untuk tahun mendatang yang bisa dibaca bersama-sama seluruh anggota keluarga.


2. Plating our food

Sebelumnya Mama tentu harus menyiapkan kudapan-kudapan kesukaan anak-anak, misalnya cracker, wafer, biskuit atau yang lainnya. Lengkapi juga dengan berbagai macam garnish yang bisa mereka gunakan, misalnya meses, choco chips. Mama juga bisa menggunakan Nutella atau selai cokelat ataupun selai-selai lain kesukaan anak-anak.

Kalau biasanya Mama menyediakan makan malam, maka kali ini biarkan anak-anak bermain-main dengan fingerfoods dan selainya. Siapkan piring-piring kecil, dan biarkan mereka melakukan plating atas fingerfoods yang mereka sukai.


3. Interview

Siapkan beberapa pertanyaan yang bisa Mama ajukan pada anak-anak. Misalnya seperti apa saat-saat membahagiakan bagi mereka di tahun yang akan dilewati, juga hal-hal yang membuat mereka sedih. Mereka berkenalan dengan siapa saja tahun ini, dan lain sebagainya.

Kemudian rekam wawancara Mama pada mereka, bisa dengan kamera atau smartphone. Pasti deh, bakalan seru. Mama bisa memutar kembali rekaman ini pada pergantian tahun depan, dan pasti bisa sangat menghibur seluruh keluarga.

Lakukan hal ini setiap akhir tahun, Ma, sebagai catatan sejauh mana kemajuan dan perkembangan anak-anak.


4. Treasure hunt

Permainan yang biasanya seru banget untuk dimainkan oleh anak-anak adalah perburuan harta karun.

Untuk mengisi malam tahun baru ini--jika halaman rumah memungkinkan--Mama bisa mengajak anak-anak untuk berburu harta karun di luar dengan menggunakan senter. Namun kalau nggak memungkinkan, anak-anak tetap bisa berburu harta karun di dalam rumah. Yang penting, pastikan anak-anak aman ya, Ma.

Apa saja yang diburu? Bisa snacks atau kudapan kesukaan anak-anak, bisa juga mainan, atau bahkan kembang api yang akan mereka nyalakan bersama di jam pergantian tahun nanti. Seru kan?


5. Menonton film

Ada beberapa film lama keren yang bertema tahun baru yang bisa Mama tonton bersama keluarga. Seperti misalnya Ghost Buster II, Trading Places, Poseidon dan lain sebagainya.

Tak harus yang bertema tahun baru juga sih. Mama bisa memilih banyak film lain yang bisa ditonton bersama anak-anak yang belum sempat ditonton.


6. Papan memori

Mama bisa mengajak anak-anak untuk membuat papan janji atau papan memori.

Kegiatan ini bisa Mama pergunakan untuk melatih anak-anak membuat resolusi tahun baru, dan konsisten terhadap resolusi mereka. Mama bisa menanyakan apa harapan mereka untuk tahun mendatang, apa yang ingin mereka raih.

Nggak perlu yang muluk-muluk kok, Ma. Misalnya, sekadar bisa menggambar lingkaran lebih baik, atau sudah bisa menjumlahkan bilangan 1 - 10 dan lain sebagainya. Ya, sesuaikan saja dengan umur mereka.

Lalu tulis semua harapan dan cita-cita untuk tahun mendatang itu di atas kertas dan tempelkan di papan janji atau papan memori. Mama juga bisa membuat papan dari styrofoam, lalu menempelkan kertas-kertas harapan itu dengan pin.

Taruh papan ini di tempat yang mudah terlihat. Mama sendiri juga harus berjanji untuk mendampingi mereka untuk meraih apa yang mereka inginkan tersebut.

Jangan lupa untuk tulis juga janji Mama itu di atas papan memori, agar bisa menjadi pengingat Mama sepanjang tahun depan nanti untuk lebih dekat pada anak-anak.


7. Tiup terompet dan jangan lupa berdoa

Tiba deh waktunya yang ditunggu, yaitu pergantian tahun. Sudah siapkan terompet kan, Ma? Ayo, tiup terompetnya bersama-sama!

Jangan lupa berdoa, agar tahun depan lebih baik bagi Mama sekeluarga.


Nah, selamat menikmati malam tahun baru bersama keluarga ya, Ma!

7 Aktivitas Keluarga Superseru yang Bisa Dilakukan di Malam Tahun Baru 7 Aktivitas Keluarga Superseru yang Bisa Dilakukan di Malam Tahun Baru Reviewed by Carolina Ratri on December 28, 2018 Rating: 5

No comments