4 Prinsip Mudah Melakukan Diet Keto

4 Prinsip mudah diet keto


Memiliki tubuh langsing ideal bebas gelambir di lengan, paha, perut dan no double chin adalah impian semua perempuan. Banyak sekali jenis diet yang ditawarkan, mulai dari yang ekstrem hingga yang perlahan tapi pasti. Nah, diet Keto ini belakangan jadi populer, karena--konon--efektif menurunkan berat badan.

Para selebriti Hollywood pun ramai-ramai melakukan diet Keto ini, sebut saja Hale Berry, Megan Fox, Gwyneth Paltrow, Rihanna, Kim Kardashian dan masih banyak lagi.

Jadi, Ma, diet Keto itu pola makan tinggi lemak rendah karbo, dan sering dijadikan metode penurunan berat badan sebab mampu membakar lemak 10 kali lebih besar dibanding diet lainnya.

Penerapan diet Keto ini pun terbilang mudah. Kita hanya tidak boleh memakan terlalu banyak karbohidrat, dan dilarang mengonsumsi gula sama sekali, tapi diharuskan mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Pada dasarnya diet Keto ini mengondisikan tubuh untuk "kelaparan" pada karbohidrat, namun tidak kelaparan pada kalori.

Rendahnya asupan karbohidrat menyebabkan tubuh memakai lemak sebagai energi, alih-alih menggunakan karbohidrat sebagaimana biasanya. Untuk beradaptasi pada kondisi ini, organ hati akan memproduksi keton, yaitu senyawa penghancur lemak yang mengubah lemak menjadi energi. Proses metabolisme tubuh yang menghasilkan keton itulah yang disebut ketosis.

Sifat alami tubuh ketika mengalami kelaparan akan memanfaatkan lemak dalam tubuh sebagai sumber energi, yang pada dasarnya adalah metode alami tubuh untuk bertahan hidup, Ma. Mode bertahan hidup alami inilah yang menyebabkan pembakaran lemak oleh tubuh jadi sangat optimal.
Namun menariknya, metode penurunan berat badan dengan diet Keto ini dianggap tidak semenyiksa jenis diet lain. Asalkan kreatif, kita juga masih bisa mengonsumsi camilan enak yang bahan bakunya bukan dari gula melainkan pemanis buatan lainnya, atau madu. Bukan juga dari tepung dan sumber karbohidrat lain, tapi diganti dengan penggantinya.

Seru kan Ma? mau tahu lebih dalam lagi? Kuy, lanjut bacanya!


4 Prinsip mudah menjalankan diet Keto

1. Perhatikan jenis minuman

Mama, minuman cenderung merupakan jalur asupan kalori dan gula berlebih ke dalam tubuh.
Misalnya nih, kita lagi kumpul acara komite sekolah, arisan, atau sekadar makan bersama di akhir pekan, jenis minuman yang dihidangkan seringkali adalah minuman yang manis dan berperasa. Betul? Entah itu terdapat campuran susu dan krim di dalamnya, atau gula dalam jumlah besar melampaui kadar kalori yang wajar.

Nah, kalau Mama mau melakukan diet Keto, hal ini harus jadi perhatian Mama lebih dulu deh.
Bisa Mama catat jenis minuman aman untuk diet Keto, antara lain air putih, sparkling water, kopi dan teh (tanpa gula), jus, produk susu rendah lemak dan karbo, atau alternatifnya, energy drinks, dan Keto smoothies.

2. Perhatikan pengganti tepung terigu

Semua makanan dan camilan enak bahan dasarnya adalah tepung terigu ya, Ma, padahal diet Keto mengharuskan kita puasa karbo. Apalagi untuk mama-mama sibuk seperti kita yang punya jadwal kumpul dan dipenuhi dengan acara makan. Akan sangat sulit untuk tidak tergoda melanggar aturan diet Keto.

Maka solusinya, Mama, kita sebisa mungin harus siapkan makanan sendiri atau memilih tempat jajan yang Keto friendly. Soal rasa hampir nggak bisa dibedakan kok, Ma, dengan yang berbahan dasar tepung terigu biasa.

Bahan ini bisa jadi alternatif pengganti tepung terigu buat adonan kue kesukaan Mama. Misalnya seperti tepung kelapa, tepung almond, tepung biji bunga matahari, tepung flax seed, tepung kedelai, tepung kacang-kacangan, dan tepung wijen.

Kalau Mama bingung di mana mendapatkannya, Mama bisa menepung sendiri atau belanja secara online ya.


3. Mengonsumsi 10 jenis makanan andalan diet Keto

Penelitian diet Keto selama berpuluh-puluh tahun mematahkan asumsi, bahwa kalau mengonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbo itu dapat merusak kesehatan kita.

Justru sebaliknya lo, Ma, diet Keto memiliki dampak positif pada kesehatan, seperti menormalkan kadar gula darah, mengatasi obesitas, mengatasi penyakit jantung, epilepsi hingga Alzheimer.

Jadi, ini dia 10 jenis makanan sehat untuk Keto diet:

  • telur
  • minyak zaitun
  • minyak kelapa
  • daging (unggas dan seafood)
  • produk susu (keju, butter dan krim)
  • dark chocolate
  • berries (strawberry, blackberry, cranberry, dan lain-lain)
  • sayuran mengandung Allium (bawang putih, bawang bombay)
  • sayuran (brokoli, kol, sawi)
  • kacang-kacangan
  • biji-bijian


4. Perhatikan batasan konsumsi karbohidrat

Jumlah asupan karbohidrat yang diperbolehkan sepanjang menerapkan diet Keto adalah 35 gram per hari.

Ya, memang sedikit saja, Ma. Sehingga, karena jatah konsumsi karbohidratnya sangat rendah, maka Mama harus hati-hati mengonsumsi makanan yang tidak Keto friendly ya.



Nah, itulah sedikit tips untuk menerapkan diet Keto.

Jangan lupa tetap olahraga dan memperhatikan menu makan ya, Ma. Kalau perlu buat meal prep untuk seminggu penuh dan catatan belanja bahan makanan khusus.

Jika Mama disiplin mengikuti aturan diet Keto ini, dijamin hasilnya akan nampak dalam waktu singkat.

Selamat mencoba!
4 Prinsip Mudah Melakukan Diet Keto 4 Prinsip Mudah Melakukan Diet Keto Reviewed by Carolina Ratri on November 18, 2018 Rating: 5

No comments