Begini Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

cara merawat kesehatan mata secara alami



Mata adalah jendela dunia. Tanpa adanya mata, kita tak bisa melihat indahnya dunia. Mata juga jendela hati, tempat kita bisa mengutarakan pikiran bahkan tanpa kata-kata. Tsah. Makanya, kesehatan mata itu nggak boleh diabaikan, Ma.

Saya mengalami sendiri. Betapa dulu saya mengabaikan si mata ini. Semua dosa kesehatan mata mungkin sudah saya lakukan; membaca tanpa penerangan yang cukup, tanpa jarak yang memadai, melotot sekian lama di depan laptop, mantengin gadget tanpa henti, endebre endebre.

Lalu, di usia sekarang, saya pun harus mengenakan kacamata baca. Kacamata plus, Ma. Bayangin deh. Saya jadi merindukan betapa enaknya membaca tanpa harus pusing dan pakai kacamata. Kayaknya enak aja gitu, di mana-mana bisa baca buku.

Sekarang? Duh, kalau kacamata nggak dipakai saya nggak bisa baca. Kalau dipakai, sementara saya harus memandang sesuatu yang jauh, saya harus mengintip dari bingkai atas kacamata. Kayak nenek-nenek. Huhuhu. Nyesel banget deh, pokoknya. Padahal pernah juga saya punya kacamata kesehatan, yang bisa melindungi mata dari pancaran radiasi laptop. Tapi, lagi-lagi karena alasan malas, saya nggak pernah memakainya.

So, buat Mama yang belum terlanjur rusak nih matanya, coba deh mulai jaga kesehatan mata sejak sekarang. Apalagi buat Mama yang seakan tak bisa lepas dari laptop dan gadget. Hati-hati, Ma, sinar radiasi gadget itu jahat banget.

Menjaga kesehatan mata itu bisa dimulai dari hal-hal kecil dan alami, Ma. Coba lakukan beberapa hal berikut deh.


1. Konsumsi daun hijau dan ikan

Banyak-banyaklah mengonsumsi wortel dan sayuran hijau, seperti bayam, kubis, brokoli dan berry gelap seperti blueberry dan blackberry, karena kaya akan lutein—jenis karotenoid yang melindungi mata terhadap degenerasi macula, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang di atas 65 tahun.

Makanan yang kaya akan Omega 3 seperti kenari dan ikan segar, dapat mengurangi peradangan pada pembuluh daerah mata.


2. Bersihkan tempat lensa kontak

Banyak di antara kita yang suka meletakkan begitu saja tempat kontak lensa ke dalam kantong atau dompet. Atau kita menyimpannya di kamar mandi yang lembap yang merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri.

Padahal, itu berbahaya untuk mata kita lo.

Sering-seringlah mengganti tempat lensa kontak dan simpan di tempat yang bersih dan kering. Bila masih ada cairan, buang cairannya dan keringkan terlebih dahulu sebelum kita menyimpan lensa kontak lagi.


3. Lindungi dari sinar matahari

Tak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari sinar matahari. Paparan sinar UV pada mata dapat mengakibatkan mata terkena katarak.

Jadi, kalau kita beraktivitas di luar rumah pada siang hari, lindungi mata dengan menggunakan kacamata hitam degan 100% perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.


4. Aturan 20-20-20

Jika kita bekerja di depan layar komputer sepanjang hari, gunakan aturan 20-20-20 untuk membiarkan mata beristirahat.

Setiap 20 menit, jauhkan mata sekitar 20 kaki atau lebih dari layar selama 20 detik.

Ini akan membantu memecahkan ketegangan konstan pada mata. Selain itu, ketika kita fokus pada sesuatu, entah itu pada buku yang sedang dibaca, layar komputer atau bahkan menonton televisi, seringlah berkedip karena dapat membantu mata kita terasa lembap dan bebas dari iritasi.


5. Minum kopi dan teh

Dua cangkir minuman berkafein ini setiap hari akan sangat baik untuk melindungi mata kita dari kekeringan lo. Kafein membuat produksi air mata meningkat dan menjaga kelembapan mata..

Tapi ingat, lebih dari 2 cangkir bisa menguras air mata juga, dan membuat mata justru semakin kering, sehingga menyebabkan iritasi. Jadi, jaga supaya jangan kebanyakan ya.


Nah, itu dia 5 langkah merawat kesehatan mata secara alami. Gimana, Ma? Mudah kan ya? Iya, langkah mudah, dengan jaminan kesehatan mata terjaga. Siapa juga yang senang? Kita sendiri kan?

Yuk, jaga kesehatan mata Mama sejak sekarang.

Begini Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami Begini Cara Merawat Kesehatan Mata Secara Alami Reviewed by Carolina Ratri on November 30, 2018 Rating: 5

No comments