Cara Membuat Burger yang Lebih Sehat

Cara Membuat Burger yang Lebih Sehat


Si kecil suka banget makan burger? Atau malah papanya yang penggemar si salah satu jenis sandwich ini? Emang enak sih ya, Ma, meski tergolong makanan junk food. Apalagi yang dijual di gerai pinggir jalan itu. Wauw! Tapi hati-hati, semua pasti sudah tahu, bahwa makanan junk food termasuk burger ini punya kalori yang cukup tinggi sedangkan nilai gizinya sedikit sekali. Mau tahu enggak, cara membuat burger yang lebih sehat?

Iya, Ma. Kalau mau burger yang lebih sehat, ya kita harus memasaknya sendiri. Sebenarnya resepnya termasuk praktis banget sih kalau bikin si burger ini. Nah, supaya lebih sehat lagi, ada lagi nih cara membuat burger yang dijamin deh lebih sehat. Yaitu, dengan mengganti beberapa bahan utama dalam burger dengan pilihan yang lebih sehat.

Coba yuk, kita lihat.

Cara membuat burger yang lebih sehat

1. Daging

Biasanya kan kita menggunakan daging asap yang siap santap kan, Ma? Tinggal panasin sebentar, lalu selipkan di antara bun. Jadi deh.

Tapi, tahu nggak sih, Ma, bahwa dalam daging asap siap saji tersebut terdapat kadar natrium (garam) yang sangat tinggi? Nilai gizinya? Hampir nggak ada.

Nah, cara membuat burger yang lebih sehat adalah dengan mengganti daging asap dengan irisan daging ayam panggang atau ikan tuna yang lebih kaya Omega-3 dan Omega-6. Sudah nilai gizi bertambah, kalori pun berkurang. Enak pula! Nyammm ...


2. Mayonnaise

Biasanya yang paling disukai untuk membuat burger adalah tambahan mayonnaise siap pakai instan berwarna putih terbuat dari kuning telur dan minyak nabati.

Kalau sekilas sih memang sehat ya, tapi coba amati label nutrisi di kemasan mayonnaise tersebut, Ma. Rata-rata pasti punya kandungan lemak, lemak jenuh dan kalori yang tinggi lo. Belum lagi pengawetnya dan juga garamnya. Aduuuh ... Padahal mayonnaise ini wajib ada dalam burger kan ya, Ma? Mana enak kalau nggak pakai mayo?

Tapi, tenang, untuk membuat burger yang lebih sehat, Mama bisa ganti mayonnaise kuning telur ini dengan mayovocado, yaitu mayonaise yang terbuat dari buah avokad dan perasan lemon. Biasanya sih tersedia di supermarket-supermarket.

Tapi kalau nggak ada, Mama bisa googling mencari resep pembuatannya. Gampang kok! ;)


3. Daun selada

Nah, daun selada ini biasanya diselipin secara iseng-iseng di antara irisan daging dan bun, agar yaaahhh bikin kita tenang. Seenggaknya ada sedikit sayuran dalam burger. Padahal daun seladanya cuma selembar, itu pun udah mengering. Hahaha. Mana kerasa dibandingkan sama kalori lain yang ada?

Mendingan, Ma, sekalian masukkan sayuran yang banyak deh. Mama bisa memasukkan daun bayam atau kale yang kaya antioksidan. Banyakin juga mentimun dan tomatnya juga ya, Ma!



Nah, dengan cara membuat burger yang lebih sehat ini, si kecil tetap bisa menikmati burger kesayangannya, tapi dengan gizi yang lebih baik. Begitu juga dengan si papa.

Happy family, happy tummy. Hehehe.
Selamat makan burger!

Cara Membuat Burger yang Lebih Sehat Cara Membuat Burger yang Lebih Sehat Reviewed by Carolina Ratri on November 24, 2018 Rating: 5

No comments