7 Langkah Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Secara Alami

7 Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Secara Alami



"Pengin deh rambut bisa tumbuh panjang lebih cepat." Ya, ada kok cara memanjangkan rambut lebih cepat, Ma.

Kadang kita memang terjebak situasi, mungkin sudah gunting rambut tapi kependekan. Atau, model rambut baru kita kurang cocok. Jadi deh, mengharap banget rambut bisa memanjang lebih cepat supaya kita bisa segera mengganti model.

Kalau begitu, coba simak cara memanjangkan rambut lebih cepat dengan alami berikut ini.


7 Langkah Cara memanjangkan rambut lebih cepat dengan alami


1. Pijat kulit kepala dalam keadaan kering

Philip B., ahli kecantikan dan kesehatan rambut asal Los Angeles, menjelaskan bahwa cara memanjangkan rambut dengan pemijatan ini dapat menstimulasi aliran darah di area kepala. Aliran darah yang lebih lancar berimbas pada derasnya aliran nutrisi ke folikel rambut, sehingga rambut panjang pun lebih cepat tumbuh.

Nah, untuk melakukannya, Mama bisa ke salon. Tapi mau melakukannya sendiri juga bisa kok. Sambil leyeh-leyeh di sore hari, istirahat setelah seharian beberes rumah, pijat-pijat deh kepala sendiri. Nggak butuh waktu lama, asal Mama bisa melakukannya secara rutin.


2. Pijat kulit kepala saat keramas

Jangan cuma guyur air, beri sampo, lalu bilas lagi dan selesai, Ma.

Kalau keramas, sempatkan juga untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari. Mulailah dari belakang leher, kemudian perlahan bergeser ke garis rambut. Lakukan dengan lembut ya.


3. Beri vitamin rambut

Rambut akan lebih sulit tumbuh, jika dalam kondisi kering serta kekurangan nutrisi. So, cara memanjangkan rambut yang pertama kali harus dilakukan justru mengonsumsi atau mengaplikasi vitamin rambut untuk memperbaiki kondisi rambut.

Ahli dermatologis, Harold Lancer, menyarankan kita bisa mengonsumsi vitamin jenis apa pun asalkan mengandung antioksidan dan vitamin B.


4. Potong ujung rambut secara rutin

Nah, mungkin ini terdengar agak bertolak belakang sih. Mau tahu cara memanjangkan rambut secara alami dengan lebih cepat kok malah disuruh potong rambut.

Tenang, langkah pemotongan ujung rambut ini beneran bisa membantu rambut panjang tumbuh lebih cepat kok, Ma. Ujung rambut adalah bagian rambut yang berusia paling tua. Karena itu, biasanya, di bagian inilah rambut akan lebih "rakus" dan menghabiskan semua nutrisi yang masuk ke dalam rambut.

Akibatnya apa? Nutrisi yang seharusnya digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, malahan dimonopoli oleh bagian untung rambut.

So, potonglah ujung-ujungnya secara rutin ya, paling tidak dua bulan sekali. Hanya satu dua sentimeter saja, Ma.


5. Aplikasikan kondisioner dan masker rambut

Sampo memang merupakan alat pembersih rambut yang paling sering kita pakai ya, Ma, tetapi sebenarnya sampo sama sekali tidak membantu menutrisi rambut. Ya, meskipun di iklan disebutkan blah blah blah menutrisi rambut begini begitu.
Nope. Sampo tidak "sekaya" itu nutrisinya.

Sedangkan salah satu cara memanjangkan rambut secara alami adalah memastikan rambut selalu dalam kondisi ternutrisi dengan baik kan?

Jadi, untuk menambahkan kandungan nutrisi, aplikasikanlah kondisioner dan rajin-rajinlah bermasker. Kondisioner akan mengembalikan nutrisi, kelembutan, serta cahaya rambut, sehingga mempercepat proses tumbuh rambut panjang. Sementara, masker akan membantu menjaga kekuatan rambut dari akar hingga ujung rambut.


6. Kurangi penggunaan heat tools

Yah, namanya perempuan. Peralatan merawat rambut seperti hair dryer, curling iron, atau flat iron, pasti lengkap deh. Mau tampil gaya, keren, tapi praktis, ya tinggal pakai aja alat-alat ini untuk menyulap tatanan rambut.

Tapi, kalau pengin memanjangkan rambut lebih cepat, maka Mama lebih baik kurangi dulu pemakaian alat-alat penataan rambut ini, Ma, lantaran mereka ini berbahaya bagi kesehatan rambut.

Penggunaan heat tools ini bisa membuat rambut menjadi kering dan kehilangan nutrisi. Padahal, ingat kan, kalau salah satu kondisi yang membuat rambut sulit tumbuh adalah kekeringan dan kurang nutrisi?


7. Bilas rambut dengan air dingin

Ya, gunakanlah air dingin saat mandi. Penggunaan air dengan suhu tinggi akan membuat kulit dan rambut menjadi kering.

Tapi, kalau enggak kuat, pastikan saja supaya tidak terlalu panas. Hangat-hangat kuku aja, gitu, Ma. Lalu, pastikan untuk mengguyur rambut dengan air dingin beberapa saat sebelum menyelesaikan ritual mandi.

Air dingin akan membantu penyegelan kelembapan kutikula rambut.


7 cara memanjangkan rambut secara alami di atas cukup mudah dilakukan, bukan Ma? Selamat mencoba!
7 Langkah Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Secara Alami 7 Langkah Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Secara Alami Reviewed by Carolina Ratri on November 14, 2018 Rating: 5

No comments