Jadilah Penumpang Ojek Online yang Tertib!

penumpang ojek online


Situasi jalan raya di kota besar yang padat membuat motor menjadi alternatif untuk menghindari dari jebakan kemacetan panjang. Nah, kalau sudah begini ya, pantas saja sebagian dari kita lebih memilih menjadi penumpang ojek online ketimbang mesti berkendara sendiri ya, Ma?

Berikut beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan sebagai penumpang ojek online, agar perjalanan kita lebih aman dan nyaman.


1. Naik dan turun dari sisi kiri

Karena posisi knalpot ada di sebelah kanan makanya kita akan lebih aman saat naik dan turun di sisi sebelah kiri.

Tumpukan kaki kiri pada pijakan kaki penumpang saat naik di jok belakang.


2. Jangan menggantungkan kaki

Penumpang ojek online harus menaruh kakinya pada pijakan. Jangan biarkan menggantung karena kaki kita bisa saja secara tak sengaja masuk ke jari-jari roda, terkena rantai, knalpot, atau bahkan, aspal.

Pastinya, juga bahaya kan ya?

Juga hindari untuk ikut menurunkan kaki saat pengemudi ojek onlinenya berhenti. Kita tak perlu ikut menyangga motor, Ma.


3. Pegang pinggang pengendara

Sebenarnya posisi terbaik penumpang ojek online adalah kita memegang pinggang si driver, agar pergerakan tubuh kita bisa selaras dengannya. Terutama saat membelok.

Tapi yah, mungkin kitanya nggak nyaman ya? Kalau begitu, pegang besi pegangan di boncengannya deh. Atau taruh saja tangan di atas lutut, dan usahakan berat badan ada di tengah motor ya. Jangan condong ke satu sisi saja.


4. Tahan tubuh saat motor direm mendadak

Selalu siaga akan kemungkinan pengereman mendadak. Agar tubuh kita nggak mendorong driver ke depan saat ia tiba-tiba mengerem, tekankan kaki pada pijakan untuk menahan tubuh. Jika kita juga berpegangan pada besi di belakang motor, pastinya usaha menahan tubuh ini juga akan lebih baik.


5. Jangan terlalu banyak bergerak

Saat sudah berada di jalan raya dan menjadi penumpang ojek online, usahakan untuk tak terlalu banyak bergerak. Apalagi kalau posisinya sedang membelok.

Jadi, perhatikan situasi jalan agar kita selalu siap dalam kondisi tak terduga.


6. Untuk Mama yang suka membonceng menyamping

Nah, kalau terpaksa lagi pakai rok, maka kita harus duduk menyamping. Dan hal ini bisa membuat berat beban kita lebih condong ke satu sisi. Jadi, berpeganganlah pada besi di belakang jok motor.

Berhati-hatilah terutama jika Mama mengenakan baju atau dress panjang. Takutnya kain akan masuk ke jeruji roda motor.


Nah, menjadi penumpang ojek online tak berarti kita tak perlu ikut waspada ya, Ma. Justru keselamatan baik driver dan kita sendiri, juga tergantung pada diri kita sendiri.
Jadilah Penumpang Ojek Online yang Tertib! Jadilah Penumpang Ojek Online yang Tertib! Reviewed by Carolina Ratri on October 31, 2018 Rating: 5

No comments