5 Cara Melatih Bayi Susah Tidur Demi Kewarasan Kita



Tak ada yang lebih melelahkan bagi seorang ibu selain saat harus mengatasi bayi susah tidur.

Bayi--terutama bayi yang baru lahir--kadang kala memang belum tahu situasi dan kondisi. Nggak tahu mamanya sudah setengah mati capeknya, eh malah nggak mau tidur juga. Padahal mata mamanya udah tinggal 1 watt! Dan, bau kasur dan bantal tuh sudah sliweran di hidung. Pulau kapuk sudah terbayang di mata terus sepanjang waktu.

Tapi eh tapi, alih-alih tenang dan tidur, si kecil yang menggemaskan itu malah ngajak main dan rewel saat kita tak meluluskan permintaannya. Ia melek di malam hari, dan molor di pagi hari!

Ckckck.

Tenang, Ma. Ambil napas dalam-dalam, lalu coba simak sedikit tip dari Mama Rempong berikut ini, untuk mengatasi bayi susah tidur malam hari. Karena istirahat adalah kunci kewarasan kita, yes?
Yes!

Kita akan melatihnya agar bisa tidur di malam hari.
Ha? Melatih bayi? Memang bisa?
Bisa dong.


5 Cara melatih bayi susah tidur


1. Bangunkan pada jam yang sama setiap pagi

Yang pertama harus kita lakukan adalah memperkenalkannya pada pola hidup teratur. Maklum, saat ia di rahim kemarin, ia nggak kenal siang-malam, Ma. Kalau ia mau main ya main aja tuh di sana. Nggak peduli deh.

Setelah ia lahir, ia harus tahu bahwa ada malam ada siang, ada waktunya main ada waktunya tidur untuk semua orang.

Jadi, mari kita perkenalkan mengenai hal ini sejak ia masih bayi. Bangunkan ia pada waktu yang sama setiap harinya. Mandikan bayi--atau boleh jika ingin disusui terlebih dulu, ajak main sebentar. Lalu biarkan ia tidur lagi, jika memang ia ingin tidur.

Lakukanlah ini setiap hari.


2. Letakkan tempat tidur bayi di dekat jendela, lalu buka semua tirai

Ini kita lakukan sebagai 'alarm', sehingga bayi bisa mengenali matahari yang sudah bercahaya di luar, dan mengenalinya sebagai tanda bangun dan bermain.


3. Atur jadwal aktivitas bayi

Buatlah jadwal, kapan bayi tidur siang, tidur malam, dan kegiatan-kegiatan lainnya pada waktu yang sama setiap hari.

Misalnya, tidur siang pukul 11.00 dan pukul 14.00. Mandi pukul 08.00 dan pukul 15.00. Menyusu setiap 2 jam sekali, bermain pukul 09.00, 13.00, dan pukul 18.00. Tidur malam pukul 20.00.

Konsistenlah pada jadwal ini. Ini tergantung Mama banget lo. Kalau Mama tak bisa memegangnya dengan disiplin, maka jangan harapkan bayi akan bisa mengikuti pola ini dengan baik.


4. Buat ritual tidur malam

Claire Lerner, M.S.W., seorang ahli perkembangan anak pada Zero to Three: The National Center for Infant, Toddlers and Family di Washington, DC, menyarankan agar kita punya ritual khusus saat hendak tidur bersama bayi.

Misalnya, bersihkan bayi dengan air hangat, berikan pijatan lembut, lalu pakaikan piama. Tenangkan ia, jika ia merasa gelisah. Seperti halnya kita, jika bayi merasa gelisah, ia pun susah tidur.


5. Bangun suasana tidur

Setelah ritual-ritual di atas dilakukan, tidurkan bayi di tempat tidurnya, bacakan doa atau dongeng sebelum tidur. Kemudian redupkan lampu.

Dengan begini, bayi akan mengenali bahwa saat kondisi gelap itu merupakan tanda bahwa ia harus tidur (dan juga waktu bagi mamanya untuk ikut istirahat).


Membangun rutinitas bayi tidur ini memang memerlukan kesabaran ya, Ma. Ada bayi yang bisa melakukan adaptasi dengan cepat, tapi ada juga yang memerlukan waktu lama. Memang bayi ini unik ya, tak bisa dibandingkan satu sama lain. Jadi, jangan pernah terpikirkan, kok bayiku susah dan lama tidurnya, sedangkan bayi tetanggaku gampang banget kalau mau tidur. Begitu ditidurkan langsung molor. Apa bayiku kurang sehat?

Nggak, Ma. Memang begitulah bayi. Ia adalah pribadi yang unik. Jadi, meski kita melatihnya, tetapi Mama tetap harus menyesuaikannya dengan karakter bayi Mama sendiri.

Percayalah, bahwa semua itu akan membuahkan hasil. Bayi susah tidur yang kemudian dilatih ini nantinya juga akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan juga jadi tak mudah tantrum lo.

Tinggal penerapannya saja, lakukanlah dengan penuh cinta.

Semoga membantu ya, Ma.
5 Cara Melatih Bayi Susah Tidur Demi Kewarasan Kita 5 Cara Melatih Bayi Susah Tidur Demi Kewarasan Kita Reviewed by Carolina Ratri on October 01, 2018 Rating: 5

No comments