Mau Mulai Diet Sehat dengan Smoothie? Ketahui Dulu Kesalahan Umum Diet Ini!



Mengonsumsi smoothie memang menyegarkan. Sudahlah kenyang, baik pula untuk kesehatan tubuh. Plus, bisa membantu menurunkan berat badan, campuran buah dan sayuran memang sangat efektif mengurangi lemak dalam tubuh. Ya, diet sehat dengan smoothie sekarang lagi ngeheits.

Mama pengin mulai juga diet sehat dengan mengonsumsi smoothie untuk makanan sehari-hari?

Bagus tuh. Tapi, diet sehat dengan smoothie juga nggak bisa sembarangan. Kalau kita mengolah buah dan sayurnya kurang tepat, maka jadinya hasilnya juga nggak akan bagus. Bahkan bisa-bisa malah naik deh berat badan.


Beberapa kesalahan diet sehat dengan smoothie yang sering terjadi


1. Nggak bikin smoothie sendiri

Karena malas rempong bikin smoothie sendiri, kita membeli smoothie yang sekarang banyak dijual di luaran. Padahal smoothie yang dijual di pasaran--baik yang sudah dikemas ataupun yang segar--sama-sama berisiko banyak mengandung pemanis buatan.

Duh, sudah tahu kan, bagaimana jeleknya si pemanis buatan dalam tubuh kita? Kalau tiap hari beli smoothie di kafe, resto ataupun yang lainnya itu, bisa-bisa nggak cuma susah menurunkan berat badan. Kita juga terancam diabetes!

Paling baik memang kita bikin sendiri smoothie di rumah. Campuran buah dan sayurnya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan, dan tak usah ditambah pemanis apa pun. Biarkan manis alami buah saja yang menjadi perasanya. Sehat!


2. Mencampur buah dan sayuran tanpa memperhitungkan kalori

Semua buah dan sayuran adalah makanan sehat, hanya saja kalau kita mengonsumsinya demi diet sehat, maka kita harus tahu kandungannya. Nggak bisa asal mencampurkan buah dan sayur ini itu dan jadi smoothie.

Walaupun buah-buahan mengandung gula alami, tapi ternyata ada beberapa jenis buah yang punya kandungan kalori tinggi. Misalnya saja avokad, anggur, semangka, pepaya, dan kurma.

Nah, kalau pengin bikin smoothie dengan buah-buahan tersebut, pastikan jangan mengombinasikannya dengan yang mengandung karbohidrat. Bakalan nambah berat badan sih kalau begini.

Tetapi jika memang tujuan diet sehat Mama bukan untuk menurunkan berat badan, maka pastinya hal ini tak menjadi masalah.


3. Menjauhi protein

Diet sehat dengan smoothie bukan berarti lantas menjauhi protein. Protein justru penting lo kalau kita pengin berdiet untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi protein dapat membantu meningkatkan energi dan membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, kita pun jadi nggak mudah loyo meski kita sedang berdiet.

Sumber protein yang baik untuk diet sehat adalah tahu, tempe, kacang-kacangan, dan susu.


4. Kurang serat

Hal lain yang perlu diingat jika ingin diet sehat dengan smoothie adalah perbanyak asupan serat. Jadi pilihlah buah dan sayuran yang tinggi serat.

Serat ini sangat bagus untuk membantu program diet sehat kita, lantaran bisa melancarkan pencernaan dan membuat perut nggak mudah lapar.

Menurut studi yang diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine dengan didasarkan pada pedoman diet dari American Heart Association, mengonsumsi serat sekitar 30 gram sehari bisa mengurangi lemak dalam tubuh secara efektif.

Buah-buahan yang tinggi serat adalah apel, beri-berian, jeruk, dan pir. Sedangkan sayuran tinggi serat adalah sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, dan sejenisnya.


5. Membuat smoothie dengan porsi berlebihan

Diet yang sehat itu kan berarti memilah makanan yang pas untuk tubuh. Pas dari jenis, pun pas dari sisi ukuran. Sekalipun smoothie adalah asupan yang sehat, tetap saja nggak boleh berlebihan konsumsinya.

Menurut studi, konsumsi smoothie yang baik adalah tidak lebih dari 300 kalori per hari. Jangan sampai nih ya, mentang-mentang pengin cepat kurus, kita terus bikin smoothie 5 gelas besar dan harus segera dihabiskan.

Kasihan deh perut.

Jadi, jangan berlebihan kalau membuat smoothie sendiri di rumah.



Nah, selamat melanjutkan diet sehat Mama dengan smoothie! Kali ini, lakukanlah dengan benar sesuai anjuran. Semoga jarum timbangannya semakin bergerak ke kiri ya, Ma.
Mau Mulai Diet Sehat dengan Smoothie? Ketahui Dulu Kesalahan Umum Diet Ini! Mau Mulai Diet Sehat dengan Smoothie? Ketahui Dulu Kesalahan Umum Diet Ini! Reviewed by Carolina Ratri on October 15, 2018 Rating: 5

No comments