Beberapa Fakta dan Cara Melakukan Perawatan Payudara agar Terhindar Penyakit

cara melakukan perawatan payudara


Sebagai aset yang paling berharga bagi perempuan, fakta seputar payudara selalu menjadi topik menarik untuk dibicarakan ya, Ma. Apalagi kalau sampai membahas juga, bagaimana melakukan perawatan payudara yang baik, sehingga kita bisa terhindar dari risiko penyakit mematikan.

Namun, sebenarnya topik bahasan payudara ini tak hanya seputar kanker payudara saja, karena ternyata ada banyak fakta lain yang bisa diungkap juga. Yuk, kita lihat satu per satu fakta payudara sehingga kita pun bisa melakukan perawatan payudara yang benar sehingga bisa meminimalisasi risiko.

Perubahan Bentuk Payudara

Perubahan bentuk payudara yang paling terlihat adalah saat kita masih remaja. Tapi, sampai usia sebegini pun kita juga akan notice, kalau bentuk payudara kita juga kerap berubah. Iya nggak, Ma?
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan perubahan bentuk payudara, di antaranya:

  • Obat-obatan, biasanya yang berupa antidepresan, penyebab peningkatan kadar prolaktin yang dapat meningkatkan produksi ASI padahal kita enggak lagi menyusui. Ukuran payudara pun menjadi membesar.
  • Pil KB, yang mengandung hormon estrogen tingkat tinggi, hingga bisa memperbesar ukuran payudara.
  • Menopause, saat hormon estrogen menurun, sehingga otomatis jaringan payudara pun menyusut. Kadar lemak di payudara juga menurun, sehingga ukurannya mengecil. Tak  heran, di masa ini payudara biasanya melorot turun juga.


Cara Melakukan Perawatan Payudara Sendiri di Rumah

Tahu nggak sih, Ma. Ada penelitian terbaru nih dari seorang Sport Science Researcher, Profesor Jean-Denis Rouillon, dari University of France yang mengatakan, bahwa payudara perempuan yang berhenti mengenakan bra akan terangkat atau kencang sekitar 7 mm. Karena ternyata, penggunaan bra ini bisa memengaruhi sistem sirkulasi dan menurunkan volume pada payudara.
Horeee! #eh

Nah, Mama, sedari dini, kita bisa kok melakukan perawatan payudara sendiri di rumah. Berikut beberapa langkahnya.

Cara perawatan payudara sendiri di rumah


Beberapa Fakta dan Cara Melakukan Perawatan Payudara agar Terhindar Penyakit

1. Lakukan Hydro Massage

Nggak perlu melakukan Hydro Massage di salon kecantikan, karena perawatan payudara yang bisa mencegah kerutan ini sebenarnya bisa kita lakukan sendiri di rumah, Ma.

Caranya adalah bersihkan dulu payudara dengan air dingin. Lalu pijat dengan lembut hingga area ketiak dengan gerakan memutar searah jarum jam selama 10 menit.

Pijatan ini selain bisa mencegah kerutan, juga membantu melancarkan peredaran darah pada area payudara dan mengencangkannya.


2. Pijatan dengan susu beku

Bekukan susu alam cetakan es batu, lalu lakukan pijatan secara lembut ke seluruh area payudara dengan menggunakan es batu tersebut.

Perawatan payudara ini dapat mencerahkan kulit dan mengencangkannya.


3. Masker dan krim payudara

Selain kedua perawatan payudara di atas, kita juga bisa rutin melakukan masker payudara, yang dilanjutkan dengan pengaplikasian krim.

Pastikan Mama memilih masker dan krim yang sesuai dengan jenis kulit Mama ya. Perhatikan juga ingredients-nya. Jika terbuat dari bahan alami pastinya akan lebih baik.

Ketiga cara perawatan payudara di atas memang bisa Mama lakukan sendiri di rumah. Namun, kalau Mama ingin meraih hasil lebih cepat dan maksimal, Mama bisa melakukan perawatan payudara di beberapa klinik kecantikan.


Berikut 3 teknik perawatan payudara yang bisa jadi alternatif namun harus tetap di bawah pengawasan dokter ahli.

1. Cupping Breast Therapy

Perawatan payudara ini bekerja dengan cara menguatkan elastisitas jaringan sekitar payudara dan bagian penting di dalamnya. Membuat bentuk payudara menjadi lebih indah dan kencang.

Proses terapi yang menggunakan teknik vakum ini menggabungkan gerakan memompa dengan pengencangan, yang bertujuan untuk merangsang proses pembersihan limfatik dengans istem drainase. Dengan cara ini jaringan payudara dapat melepas racun yang ada di dalamnya.

Dengan demikian, tak hanya bisa memperbaiki kontur payudara, teknik ini juga memberi efek detoksifikasi.


2. Breast reshaping

Perawatan payudara ini dapat membuat payudara menjadi lebih kencang, terlihat penuh dan indah, dengan proses volumisasi dan toning.

Metode yang dipergunakan adalah Progressive Aesthetic yang menggabungkan alat berteknologi tinggi Radio Frequency Bipolar dan Peronic, dalam siklus progresif dengan Transdermal Electroporation untuk sel permiasi.


3. Stem Cell Breast Augmentation

Perawatan payudara yang aman dilakukan ini harus disertai tindakan mengambil stem cell lemak dari bagian tubuh dan dimasukkan ke dalam payudara.

Biasanya sih teknik ini akan menggunakan teknik liposuction yang mengambil lemak perut, paha, atau bokong, lalu lemak diproses dengan enzim khusus untuk mengekstrasi stem cell.

Terakhir, stem cell tersebut diinjeksikan ke dalam payudara. Tindakan ini termasuk golongan operasi kecil, Ma, jadi kita juga dapat langsung pulang setelahnya.


Begitulah beberapa cara perawatan payudara yang bisa kita lakukan demi kecantikan, dan terlebih lagi demi kesehatan bagian terpenting dari tubuh perempuan ini.
Yuk, rawat payudara agar kita juga senantiasa sehat dan bugar.

Beberapa Fakta dan Cara Melakukan Perawatan Payudara agar Terhindar Penyakit Beberapa Fakta dan Cara Melakukan Perawatan Payudara agar Terhindar Penyakit Reviewed by Carolina Ratri on October 29, 2018 Rating: 5

No comments