Tip Jitu Atasi Mual Saat Hamil



Mual saat hamil itu biasa banget dialami oleh para ibu hamil di awal masa kehamilannya. Mual ini lebih sering biasanya terjadi di pagi hari, makanya disebut dengan morning sickness. Tapi sering juga ibu hamil yang mengalaminya lebih lama, bahkan sampai 9 bulan penuh.

Menyebalkan? Iya, tapi harus dijalani.


Apa penyebab mual saat hamil ini?

Menurut beberapa literatur sih, mual dan muntah ini ada hubungannya dengan kondisi meningkatnya beberapa hormon di awal kehamilan, seperti Human Chorionic Gonodotropin (hCG), estrogen dan progesteron yang bisa memengaruhi indra pengecap dan penciuman, sehingga menjadi lebih sensitif.

Menurut penelitian, 80% ibu hamil mengalami mual saat hamil, dan hal ini biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia kandungan, dan menurunnya kadar hormon hCG.


Mual saat hamil bisa berakibat buruk

Keadaan mual saat hamil yang berlebihan--atau yang dikenal dengan istilah hiperemesis gravidarum--bisa menjadi berbahaya jika sampai tak segera ditangani dengan tepat. Lantaran, biasanya kondisi bergejala ibu hamil merasa mual muntah lebih dari 10 kali dalam 24 jam. Iya, berarti hampir setiap saat ya?

Jika hal ini terjadi terus-menerus dan lama, maka akan bisa mengganggu asupan nutrisi yang seharusnya dipenuhi demi pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Ya, bayangkan saja. Kalau si ibu hamil sama sekali nggak bisa makan atau minum apa pun, maka dehidrasi bisa saja terjadi dan mengalami penurunan berat badan. Selain itu, ibu hamil juga akan terancam kekurangan gizi, sehingga menyebabkan kelahiran cacat sampai lahir prematur.

So, jika Mama mengalami hal ini sekarang dalam kehamilan Mama, jangan tunda lagi. Segeralah menemui dokter untuk berkonsultasi dan menemukan jalan keluarnya.

Jurus anti mual saat hamil

However, selain menemui dokter dengan segera, kita juga bisa melakukan beberapa hal untuk memperingan gangguan mual saat hamil ini.

Coba lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Makanlah dalam porsi yang lebih sedikit, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering
  • Hindari menggosok gigi sebelum sarapan, terutama jika mualnya terasa di pagi hari, karena bisa lebih parah lagi mualnya.
  • Konsumsi segelas jahe hangat, atau permen jahe, saat rasa mual menyerang.
  • Sebaiknya jangan makan makanan berminyak, pedas, atau berbau tajam dulu.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 untuk mengurangi mual dan muntah. Misalnya seperti wortel, bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan pisang.

Nah, semoga dengan sedikit pengetahuan dan trik mengatasi mual saat hamil ini, rasa yang nggak mengenakkan ini bisa agak berkurang ya, Ma.

Sehat terus sampai HPL tiba.


Tip Jitu Atasi Mual Saat Hamil Tip Jitu Atasi Mual Saat Hamil Reviewed by Carolina Ratri on October 21, 2018 Rating: 5

No comments