Untuk Anak Perempuanku: Carilah Dilan Milikmu Sendiri!



Dear Daughter, apa kabarmu? Apakah kamu sudah punya pacar baru? Belum? Kamu masih saja jomlo? Ah ya, Mama tak akan mencampuri urusan hatimu yang satu ini. Penggalan hatimu itu pasti akan datang di saat yang tepat. Seseorang yang mungkin seperti ... Dilan.

Well, kamu mungkin bertanya-tanya dalam benakmu, who the heck is Dilan? Karena di saat kamu sudah waktunya didekati nanti, Dilan barangkali kurang lebih sudah lampau. Ya, kurang lebih kayak mamamu ini yang dulu ngefans sama Mas Boy Onky Alexander.

Sebentar, sebelum kamu protes kenapa harus Dilan, Mama akan sedikit cerita mengapa sosok Dilan ini pantas kamu pertimbangkan sebagai salah satu kriteria masa depan kamu nanti.

Karena Dilan punya beberapa hal ini yang tak semua pria punya


1. Mukanya biasa saja

Ya, meski di film diperanin sama Iqbaal Ramadhan yang mukanya manis-manis sedep, tapi aslinya--di novelnya--wajah Dilan ini biasa saja. Ganteng banget enggak, jelek banget juga enggak.
Standar.

You know, sometimes the ordinary one is what we need. Coba kalau Dilan seganteng Christian Grey ... waduh. Kayaknya kita bakalan akan sering jantungan, Dear. Ke mana-mana banyak mantan. Bikin insecure!

Mendingan yang aman-aman saja deh.


2. Bad boy tapi bertanggung jawab

Bad boy memang biasanya lebih menantang, Dear. Trust me. Kenapa?
Satu hal, ia pasti nggak pernah takut dengan risiko. Ia tahu dan sadar betul risiko dari semua tindakannya. Meski kemungkinan ia akan membutuhkan bantuan kita untuk melewatinya, tapi biasanya sih ia sudah punya langkah mengantisipasi.

Dilan contoh bad boy yang bertanggung jawab. Ia toh nggak lari dari hukuman kan? Nggak kayak beberapa orang pembesar negeri ini, yang tertangkap tangan dan saat diajukan ke pengadilan tahu-tahu sakit.

Bersama seorang bad boy seperti Dilan, kamu nggak akan sempat bosan, Dear. Ia akan tahu bagaimana cara bersenang-senang secara kreatif.


3. Tahu cara romantis

I'm telling you, Dear, nggak semua makhluk yang berjenis kelamin pria itu tahu cara untuk romantis. *menghela napas sambil lirik Papa*

Kita sebenarnya nggak selalu pengin dihujani dengan hadiah mahal, bunga atau sekotak cokelat. Meskipun kalau memang diberi ya nggak nolak juga sih.

Tapi, coba, siapa yang nggak akan berbunga-bunga kalau ada yang bilang begini?

Katakan sekarang
Kalau kue kauanggap apa dirimu?
Roti cokelat? Roti keju?
Martabak? Kroket? Bakwan?
Aku ingin memesannya untuk malam ini
Aku mau kamu
Awww! Coba nanti kalau Dilanmu ngomong gitu, tolong bilangin sekalian. Mama pengin makan seblak seuhah, tolong sekalian beliin ya!


4. Ia akan rela berkorban

Coba lihat apa kata Dilan ini, Dear.
"Sekarang kamu tidur, Jangan begadang. Dan, jangan rindu."
"Kenapa?"
"Berat. Kau gak akan kuat. Biar aku saja."
Dear, rindu itu sakit. Bener kata Dilan. Rindu itu berat. Kalau ia mau menanggung rindu itu untukmu, ia berarti rela berkorban tuh. Ia biarkan dirinya sendiri sakit menanggung rindu.

Ya, sosok seperti Dilan akan rela berkorban untuk perempuan yang dicintainya, Dear. Kalau itu kamu, maka jangan lepaskan ia.


5. Ia tahu cara melindungi

Jangan bilang ke aku ada yang menyakitimu. Nanti besoknya, orang itu akan hilang.
Meski terdengar kayak pemimpin rezim lalu yang suka ngilangin orang secara ajaib, tapi kalimat itu bisa menjadi bukti kalau seorang Dilan tahu bagaimana cara melindungi perempuan yang dicintainya.

Bersamanya, kamu akan aman, Dear. Mama dan Papa pun jadi tenang, karena yakin kamu ada di tangan yang tepat.


6. Setia kawan

Bad boy seperti ini biasanya banyak teman, dan mereka setia kawan. Solidaritasnya tinggi. Tapi ya, namanya masih remaja, maklum saja Dilan melampiaskannya dalam bentuk tawuran.

Tidak, Mama bukannya membenarkan tindakan tawurannya itu lo! Cerdaslah dalam menilai Mama ya, Dear. Mama tetap nggak setuju dengan tawuran! Apa-apaan, sedih Mamatu kalau ada tawuran.

Namun, untuk sosok Dilan, Mama percaya. Seiring pendewasaan dirinya, ia akan tahu bagaimana menyalurkan rasa solidaritasnya, Dear. Ia barangkali akan menjadi satu sosok yang paling peduli dengan sesamanya.


7. Ia akan memperjuangkanmu

Ada beberapa teman cowok yang melakukan PDKT ke Milea. Tapi Dilan nggak peduli tuh. Ia tetap pepet Milea terus, dan dengan caranya sendiri, ia pun memenangkan hati Milea.

Seorang pria yang mau berjuang untuk cintanya, patut dipertahankan, Dear. Ia pasti akan menjagamu dengan baik begitu kamu sudah didapatnya.

Dapetnya aja susah, nggak akan disia-siain deh.



Nah, sekarang sudah tahu kan, kenapa kalau kamu menemukan sosok seperti Dilan di kehidupanmu kelak, mungkin ia patut kamu pertimbangkan yang pertama kali untuk menitipkan dirimu sendiri padanya.

Just, listen to your heart, Dear, and you will know.

---

Artikel ini pernah tayang di Rocking Mama.
Untuk Anak Perempuanku: Carilah Dilan Milikmu Sendiri! Untuk Anak Perempuanku: Carilah Dilan Milikmu Sendiri! Reviewed by Carolina Ratri on October 11, 2018 Rating: 5

No comments