Rekomendasi 10 Surga Kulakan untuk yang Ingin Mulai Bisnis Toko Online



Ada yang mau memulai bisnis toko online?

Bisnis toko online ini masih menjadi bisnis paling 'hot' hingga tahun ini lo, Ma. Selain pasarnya juga bertumbuh dengan pesat, bisnis toko online ini juga paling cocok dikerjakan oleh ibu-ibu rempong seperti kita--baik kita yang sehari-hari di rumah ataupun dijadikan sebagai side job bagi kita yang kerja kantoran.

Bisnis toko online juga nggak terlalu membutuhkan persiapan yang terlalu rumit. Bahkan kita tak perlu harus bisa memproduksi sendiri barang-barang yang akan dijual.

Kita hanya perlu tahu beberapa tempat yang oke untuk kulakan: kualitas bagus, harga juga cucmey. Apalagi kalau bisa sambil jalan-jalan yes?

Nah, berikut ada beberapa rekomendasi tempat kulakan paling oke dari Mama Rempong untuk Mama yang mau memulai bisnis toko online.


10 Tempat kulakan rekomendasi untuk memulai bisnis toko online


1. Pasar Cipadu, Jakarta

Kalau Mama tertarik untuk memulai bisnis toko online fashion, terutama baju-baju yang didesain sendiri, tempat ini adalah tempat yang cocok untuk belanja bahan kain. Kita bisa beli meteran, atau mau kiloan juga bisa dengan motif yang dicampur.

Tapi tak cuma kain, di sini juga ada seprai, bed cover, hingga tirai, yang juga bisa kita jual kembali.

Pasar ini bisa menjadi alternatif tempat kulakan selain di Mayestik dan Tanah Abang.



2. Pasar Asemka, Jakarta

Pasar Asemka adalah pusat grosir aksesoris paling recommended.

Dan, namanya juga grosir, maka kita mesti beli dalam satuan lusin juga. Ada sih beberapa barang dan kios tertentu yang membolehkan kita beli sedikit, minimal 4 pieces sepertinya. Tapi nggak semua.

Kalau belanja di sini, telitilah barang-barang incaran dengan saksama. Karena begitu sudah dibeli, tidak bisa dikembalikan, padahal banyak juga barang berkualitas rendah ikut diperjualbelikan di sini.
Jadi kita memang harus ekstra teliti.


3. ITC Cempaka Mas, Jakarta

Nah, kalau ITC sih sudah dikenal sebagai pusat grosir terbesar di Asia Tenggara ya. Kiosnya saja berjumlah 6000 lebih. Segala macam barang bisa didapatkan di sini.

Kalau sekarang lagi ngetren yang korea-koreaan, di sini juga ada banyak. Bisa dibeli secara eceran maupun grosiran. Ada beberapa kios yang dengan terbuka menerima reseller, jadi harganya lebih murah lagi.


4. Sentra Kaos Suci (SKOCI)

Kalau Mama berniat untuk membangun bisnis toko online khusus T-Shirt, maka coba deh ke Bandung, di Jl. Surapati, tak jauh dari Lapangan Gasibu.

Di sentra kaus ini, ada pengrajin yang mencapai 200 orang lebih yang berkarya di rumah masing-masing. Produk mereka biasa dipasarkan di jaringan distro Bandung, Jakarta, bahkan sampai diekspor keluar negeri lo.


5. Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Jika tertarik berbisnis batik Cirebon--dengan motif khasnya, Mega Mendung--kita bisa mulai berburu di kampung ini nih, Kampung Batik Trusmi.

Kain batik ini sekarang nggak cuma dijadikan bahan kemeja, dress, ataupun blus. Banyak kerajinan menggunakan bahan batik.

Di sini juga banyak aksesoris yang dijual dengan harga yang bisa ditawar, mulai dari kalung, gelang dan anting-anting.


6. Kotagede, Yogyakarta

Kalau main ke Yogyakarta, sekalian saja kulakan kerajinan perak di Kotagede. Keuntungannya lumayan banget dan pasti laris deh.

Mama bisa menelusuri Jl. Kemasan, Jl. Mondorakan hingga Jl. Tegalgendu. Di pinggirnya berjajar toko-toko kerajinan perak yang mengundang banget.

Kalau membeli dalam jumlah banyak, bisa ditawar sampai miring banget lo. Apalagi kalau ada bengkel kerja yang menyatu dengan tokonya. Kita bisa memesan desain khusus.


7. Manding, Yogyakarta

Untuk urusan barang-barang dari kulit kambing dan sapi berkualitas bagus, Manding ini tempatnya, Ma. Kualitas barang-barang di sini kualitas ekspor semua, tetapi harganya lokal.

Selain kita bisa membeli ready stock, kita juga bisa memesan barang dengan desain khusus juga di sini nih. Memang butuh waktu, tapi bisa dibicarakan dengan pengrajinnya. Biasanya sih bisa dikirim kalau sudah jadi. Tentunya harus menambah ongkos kirim ya.

Bisa jadi ide membuka bisnis toko online dengan metode PreOrder nih, Ma.


8. Jalan Malioboro, Yogyakarta

Ya, ke mana lagi kalau mau belanja di Yogyakarta kalau nggak ke Malioboro?

Sepanjang jalan ini hingga berakhir di Pasar Beringharjo, kita bisa banyak mendapatkan barang-barang keren yang layak dijual kembali. Mau kaus Dagadu, tas batik, aksesoris etnik, sampai suvenir-suvenir ada semua di sini.

Triknya, tawarlah separuh dari harga yang diberikan oleh penjual. Kalau Mama bisa bahasa Jawa bisa dapat harga lebih murah lagi tuh, Ma.


9. Pasar Sukawati, Bali

Jangan pernah melewatkan agenda mengunjungi Pasar Sukawati kalau ke Bali, demi mendapatkan berbagai aksesoris--kalung, cincin, gelang, jepitan rambut, tas sampai sepatu. Kita juga bisa mendapatkan sarung pantai hingga bed cover dengan harga yang supermurah di sini. Jauh lebih murah ketimbang yang ditawarkan di toko-toko suvenir di area-area lokasi wisata.

Namun harus selalu ingat, selalu teliti barang yang akan dibeli dengan saksama.


10. Toko Aneka Sutera, Makassar

Kalau pas berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk sekalian belanja kain-kain cantik tradisional khas Makassar di toko ini.

Biasanya kain-kain ini bisa ditawarkan pada calon pembeli toko online Mama sebagai kain saja, atau dibuat menjadi gaun.


Nah, sudah ada beberapa rekomendasi tuh, Ma, jika Mama ingin memulai bisnis toko online Mama sekarang. Mama Rempong akan kasih beberapa rekomendasi lagi deh nanti kapan-kapan ya.

Selamat berbisnis, Ma!

Rekomendasi 10 Surga Kulakan untuk yang Ingin Mulai Bisnis Toko Online Rekomendasi 10 Surga Kulakan untuk yang Ingin Mulai Bisnis Toko Online Reviewed by Carolina Ratri on September 17, 2018 Rating: 5

No comments