Tip Aplikasi Produk Kecantikan yang Aman untuk Ibu Hamil



Mama, hal-hal yang biasa aja dilakukan saat nggak hamil, bisa tiba-tiba berbahaya dilakukan kalau lagi hamil. Termasuk soal memilih produk kecantikan.

Lho? Kok gitu?

Masa kehamilan kan merupakan masa saat para calon mama harus ekstra hati-hati. Karena nggak hanya kesehatan diri sendiri saja yang harus dijaga, tapi juga ada si kecil yang masih di perut kita. Dan calon bayi memang masih rentan terhadap benda-benda asing yang bisa saja masuk ke tubuhnya melalui kita, Ma.

Berdandan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan hati-hati saat kita hamil. Maksudnya, kita harus memperhatikan zat apa saja yang terkandung dalam produk kecantikan yang kita pergunakan. Jangan sampai ada zat yang bisa membahayakan calon bayi kita.

Tahu nggak sih, Ma, ada fakta yang membuktikan, bahwa ada 168 jenis bahan kimia yang dicurigai berbahaya bagi janin telah ditemukan dalam 12 jenis produk kecantikan dan perawatan tubuh sehari-hari yang digunakan oleh para ibu hamil lo!
Ish, ngeri deh pokoknya, Ma!

Nah, coba kita lihat yuk, produk kecantikan apa saja yang harus diwaspadai selama Mama hamil.

5 Jenis produk kecantikan yang harus diwaspadai selama masa kehamilan


1. Cat kuku warna-warni

Produk kecantikan spesial untuk kuku ini mengandung aneka bahan kimia yang dicurigai berkaitan dengan gangguan kesehatan.

Bahan-bahan tersebut adalah toluene, dibutyl phthalate, dan formaldehyde. Jika zat-zat tersebut masuk ke tubuh kita, bisa menimbulkan gangguan pertumbuhan organ pada janin lo, Ma.

Jadi selama hamil, sebaiknya tahan dulu saja ya pakai cat kukunya.


2. Cat rambut

Cat rambut sudah pasti mengandung bahan kimia. Dari aromanya saja biasanya sudah kecium betapa kerasnya kandungan zat kimia yang terkandung dalam produk kecantikan untuk rambut ini.

Bahkan nih, beberapa di antaranya malah dikaitkan dengan meningkatnya risiko terkena kanker dan gangguan pertumbuhan janin lo.

Ya sudah deh, Ma, rambut hitam alami kita ini kan sebenarnya juga sudah cantik. Jadi, kayaknya lebih baik tunda dulu saja deh ngecat rambutnya. Itu bisa kita lakukan nanti kalau si bayi sudah tumbuh agak besar, jadi sekalian deh amannya ya.


3. Parfum dan wewangian tubuh

Tahu nggak sih, Ma, bahwa parfum sintetis itu ternyata bisa saja mengandung 100 jenis bahan kimia dalam satu botolnya, dan sering mengandung apa yang disebut phthalate, yang biasa dipergunakan untuk memperlunak plastik supaya bisa dibentuk-bentuk.

Nah, zat ini tuh kalau masuk ke dalam tubuh kita bisa mengganggu kerja sistem endokrin, yaitu sistem kontrol kelenjar tanpa saluran yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain.

Jadi, untuk sementara jauhi saja dulu parfum-parfum berbahan sintetis. Mendingan ganti saja dengan natural essensial oil. Wanginya lebih segar, dan bisa jadi aromaterapi sekalian deh.


4. Produk kecantikan yang mengandung timbal

Di Amerika, diperkirakan ada 600 lebih produk kecantikan yang dicurigai mengandung timbal, seperti foundation, eye shadow, hingga lipstik.

Mengapa produk kecantikan bertimbal ini berbahaya?

Well, efek yang bisa ditimbulkan oleh paparan timbal antara lain adalah gangguan saraf, gangguan hormon, gangguan ginjal hingga gangguan kesuburan.

Janin dan ibu hamil termasuk yang sangat rentan akan efek ini apalagi kalau terpapar dalam waktu yang lama. So, hati-hati ya, Ma!


5. Produk kecantikan mengandung antibakteri

Banyak produk sabun, obat kumur, dan produk-produk personal hygiene yang diklaim lebih sehat karena mengandung triclosan yang dipercaya sebagai zat antibakteri yang bisa membunuh kuman.

Yah, sekilas sih memang bagus ya? Tapi, tahukah Mama, faktanya terlalu banyak terpapar triclosan akan menimbulkan gangguan endokrin, gangguan sistem saraf janin, dan berat badan lahir rendah lo.



Nah, Mama, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI sendiri memang telah menerbitkan peringatan publik mengenai bahan berbahaya apa saja yang sering dijumpai dalam produk kecantikan yang sering kita pergunakan sehari-hari.

Ada baiknya bagi kita untuk selalu update peringatan dari pemerintah ini, agar kita selalu bisa menjaga diri dan menghindari pemakaian produk-produk berbahan berbahaya ini.

Mencegah kan selalu lebih baik kan?

Tip Aplikasi Produk Kecantikan yang Aman untuk Ibu Hamil Tip Aplikasi Produk Kecantikan yang Aman untuk Ibu Hamil Reviewed by Carolina Ratri on September 11, 2018 Rating: 5

No comments