Ikut Andil Langsung dalam Birth Control - Kenali 3 Jenis Alat Kontrasepsi untuk Pria

Kenali 3 Jenis Alat Kontrasepsi untuk Pria. Image via TimesLIVE

Sudah saatnya pria turut mengontrol kehamilan dengan menggunakan beragam pilihan alat kontrasepsi yang ada.

Pemerintah Indonesia telah melakukan pengendalian laju pertambahan penduduk dengan mencanangkan gerakan Keluarga Berencana. Selain untuk menahan laju penduduk, Keluarga Berencana juga merupakan upaya pemerintah dalam membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera.
Gerakan KB ini sudah mulai ada sejak tahun 1970-an. Pada prinsipnya program KB ini dilangsungkan agar populasi suatu negara nggak bertambah, atau konstan. Dengan jumlah yang konstan ini, maka pembangunan negara diharapkan bisa lebih terarah.

Karena itu, jumlah anak yang disarankan untuk dimiliki oleh setiap keluarga adalah 2 saja. Mengapa 2 anak? Karena suami istri kan 2 orang, Ma. Jika mereka meninggal, maka akan digantikan oleh 2 orang lagi.

Salah satu metode kontrasepsi ini adalah dengan pemakaian alat kontrasepsi. Pada prinsipnya, alat kontrasepsi akan mencegah agar sel sperma nggak bersatu dengan sel telur yang membentuk janin.
Kebanyakan alat kontrasepsi yang dikenal adalah suntikan hormon, pil KB, hingga penanaman IUD di rahim, yang semuanya digunakan oleh para perempuan.

Well, tahu nggak sih, Ma, bahwa sebenarnya ada juga alat-alat kontrasepsi untuk pria, atau untuk si Papa.

Pemakaian alat kontrasepsi pada pria memang agak berbeda, sedikit lebih rumit. Kita harus memastikan bahwa metode atau alat yang digunakan tersebut aman, nggak mengganggu, nggak merugikan, dan betul-betul nyaman. Ya, yang ada sekarang sih jumlah alat kontrasepsi untuk pria memang belum banyak. Tapi seharusnya bukan menjadi alasan bagi para pria untuk nggak peduli dan nggak mau mengenal alat kontrasepsi.

Justru, penggunaan alat kontrasepsi pada pria seharusnya harus lebih diperhatikan, karena pusat atau sentral kegiatan seksual adalah pada si suami, Ma.

Meski sebagian besar masih dalam proses penelitian, namun sudah ada beberapa alat kontrasepsi yang sudah bisa digunakan oleh para pria alias suami alias si Papa.

3 Macam alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh suami

1. Hormonal

Sama seperti alat kontrasepsi pada perempuan, pria juga dapat menggunakan metode hormonal.

Caranya adalah dengan melakukan suntikan kontrasepsi. Para pria akan disuntik hormon untuk menekan produksi sperma hingga sampai titik nol. Rentang waktu penyuntikan adalah setiap minggu selama tiga bulan.

Setelahnya, si Papa harus melakukan kontrol dalam jangka waktu tertentu.

Namun, ada beberapa pria yang mengeluh gairah seksualnya menurun setelah disuntuk. Karena itu, metode ini kurang diminati, Ma.


2. Metode operasi

Metode kontrasepsi dengan operasi ini dikenal dengan nama vasektomi. Ada 2 cara untuk melakukannya, Ma, yaitu diikat atau dipotong saluran spermanya.

Jika memilih untuk memotong saluran sperma, maka berarti saluran sperma tersebut akan secara permanen diangkat, sehingga ia tidak bisa lagi membuahi perempuan. Sedangkan jika diikat, maka akan bersifat temporer dengan jangka waktu operasi minimal 1 tahun.

Namun, metode ini juga banyak yang merasa nggak nyaman dalam penggunaannya. Dan lucunya, ketidaknyamanan tersebut justru datang dari kaum perempuan, yaitu para mama ini nih. Khawatirnya, kalau para suami sudah nggak memiliki saluran sperma, maka ia pun bebas melakukan hubungan seksual dengan siapa saja.

Waduh. Ckckck ...

Tetapi, Mama, seiring waktu penelitian membuktikan, bahwa saluran sperma yang dipotong ini dapat disambung lagi. Dengan demikian, metode ini pun dinyatakan menjadi metode yang paling ideal dilakukan oleh para pria.


3. Kondom

Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling sederhana dan kita nggak perlu konsultasi ke dokter untuk menggunakannya.

Namun, tetap saja ada keluhan nih, Ma. Beberapa pria mengeluh bahwa sensitivitasnya berkurang saat menggunakan kondom. Selain itu, sensasi nikmat saat bercinta juga berkurang.

Padahal sebetulnya, karet yang ada di kondom sudah dibuat setipis mungkin lo, agar para pria dapat leluasa bercinta saat menggunakannya.

Ada pula pria yang kikuk saat menggunakan kondom lantaran sering dianggap sebagai alat untuk mencegah HIV/AIDS ataupun penyakit kelamin yang lain.

Well, kondom memang diciptakan sebagai alat kontrasepsi. Jadi sebenarnya kita nggak perlu malu menggunakannya. Metode ini paling disarankan, karena merupakan metode paling mudah.


Beberapa penelitian mengenai alat kontrasepsi pria lainnya

Dalam rangkaian alat kontrasepsi untuk perempuan ada yang disebut pil KB,namun belum ada yang untuk pria. Sehingga, beberapa negara di benua Amerika dan Eropa, juga di Cina dan India yang jumlah penduduknya sangat banyak, sedang meneliti kemungkinan adanya metode kontrasepsi yang lain untuk pria. Termasuk di dalamnya adalah pil kontrasepsi.

Saat ini mereka sedang meneliti kemungkinan diciptakannya pil yang dapat menekan laju sperma. Selain itu, mereka juga meneliti zat kimia yang jika disuntikkan dapat membuat saluran sperma tersumbat, menggumpal, dan tertutup.

Jika suatu saat si pria pengin punya anak lagi, maka ia cukup mengonsumsi obat yang berfungsi membuka saluran sperma tersebut, Ma. Penelitian ini dilakukan setelah ditemukan fakta bahwa nggak ada efek samping yang bisa timbul jika produksi sperma ditekan.

Pada prinsipnya, keluarga kan dibangun oleh Mama dan Papa. Jadi, sebaiknya memang harus bekerja sama, termasuk dalam pengendalian kehamilan ini. Selama ini, hanya para istri atau perempuan saja yang lebih banyak ‘berkorban’ menggunakan alat-alat kontrasepsi.

Ya, sepertinya sekaranglah waktunya bagi para suami untuk ikut ambil bagian dalam program ini.  Di Indonesia sendiri, kesadaran masyarakat sendiri terhadap KB ini saja masih kurang. Apalagi soal pria harus ikut bertanggung jawab akan proses KB ini. Masih sangat rendah sekali. Padahal fasilitas KB bagi pria juga sudah disediakan oleh pemerintah. Kalau di negara maju, dengan tingkat pendidikan yang lebih bagus, para prianya sudah sadar sepenuhnya bahwa mereka juga harus berperan dalam upaya birth control ini.

Karenanya, yuk, kita tanamkan kesadaran akan pentingnya kerja sama kedua belah pihak baik istri dan suami dalam hal pengendalian kehamilan ini.

Yuk, kita mulai memberi perhatian pada metode kontrasepsi bagi pria!

Ikut Andil Langsung dalam Birth Control - Kenali 3 Jenis Alat Kontrasepsi untuk Pria Ikut Andil Langsung dalam Birth Control - Kenali 3 Jenis Alat Kontrasepsi untuk Pria Reviewed by Carolina Ratri on September 21, 2018 Rating: 5

No comments