Cara Mengasuh Anak Ternyata Sangat Dipengaruhi oleh Zodiak - Yang Mana Gayamu, Ma?



Memang sih di luar sana banyak sekali buku-buku cara mengasuh anak yang bisa menjadi referensi dan panduan kita ya, Mams. Mau yang praktis, mau yang rumit, ada semua. Dari ahli A, dari peneliti B, sampai psikolog anak Z, juga tersedia lengkap.

Tapi, penasaran nggak sih, sama gaya atau cara mengasuh anak kita masing-masing yang aslinya? Yang sebenarnya tanpa sadar kita terapkan jika saja kita nggak baca buku-buku itu?

Ada lo, Mams. Kita nih masing-masing punya gaya dan pemikiran sendiri-sendiri mengenai cara pengasuhan anak yang kita percayai adalah baik untuk anak. Dan biasanya, gaya parenting asli ini juga terpengaruh oleh karakter kita sendiri yang (boleh percaya boleh enggak) terpengaruh oleh zodiak kita.

Hmmm ... Jadi gaya parenting atau cara mengasuh anak berdasar zodiak? Bisa aja nih.
Ya, soalnya zodiak mau nggak mau menentukan karakter seseorang, maka begitu juga si orang tersebut akan menerapkan apa yang dipercayainya pada si kecil

Mau tahu nggak, gimana gaya parenting Mama berdasar zodiak?

Ini dia cara mengasuh anak kita berdasarkan zodiak, dengan kekuatan dan hal-hal yang akan bikin kita stres


Aries


Kekuatan seorang mama Aries adalah mereka senang melakukan semuanya secara spontan dengan anak-anak.

Dan kalau si kecil termasuk anak yang cukup aktif, dia akan dengan tulus akan sangat mencintai (bahkan cenderung ngefans berat) karena mama Aries nggak pernah membiarkannya merasa bosan. Mama Aries kreatif banget membuat anak-anak tetap sibuk, dan concern banget akan proses kreatif yang dijalani si kecil.

Nah, tapi kalau si kecil ini tipe yang tidak terlalu aktif atau pemalu, hal ini akan sedikit membuat stres nih. Karena alih-alih memotivasinya, mama Aries malah cenderung memaksanya untuk mengikuti apa mau si mama.


Taurus


Mama Taurus selalu tampil sebagai pahlawan buat anak-anak., lantaran mama Taurus selalu bisa menyelesaikan semua urusan dan masalah mereka dengan baik, mengurus mereka from A to Z hingga ke detail-detailnya, dan pengin semua yang sempurna untuk anak-anak.

Tak heran sih, makanya anak-anak cinta banget, karena mereka selalu bisa mengandalkan mamanya.

Namun ketergantungan anak-anak ini pada akhirnya juga akan merepotkan. Menjadi orang tua overprotektif tak selamanya baik bagi mereka.

Hal tersebut juga akhirnya akan membuat anak-anak nggak mau mengerti kondisi mamanya yang nggak selalu bisa menjadi perempuan superhero. Mereka akan cenderung ‘memaksa’ Mama untuk menuruti apa kata mereka, walaupun misalnya Mama lagi sakit atau ada urusan lain yang lebih darurat.

Hmmm, sebaiknya ini agak sedikit diubah nih, Ma, cara mengasuh anak ala Mama ini ya. Jangan selalu menuruti apa kata anak. Sesekali boleh kok kita menolak, namun tentu saja dengan halus dan kata-kata yang baik.


Gemini


Seperti Mama Aries, Mama Gemini juga suka menghabiskan waktu bersama anak-anak, dan selalu saja bisa membuat anak-anak tetap aktif dan sibuk dengan kreasi-kreasi Mama.

Tak hanya aktif secara fisik, Mama juga mengajarkan anak-anak untuk aktif berkomunikasi. Tak heran, Mama Gemini ini tipe mama yang sekaligus menjadi tempat curhat buat anak-anaknya.

Namun, Mama Gemini ini rada-rada moody, karena Gemini pada dasarnya memang dikenal sebagai karakter yang suka banget berubah suasana hatinya.

So, sebaiknya selalu jaga hati dan pikiran agar selalu kondusif, supaya saat anak-anak memerlukan Mama, mereka tak perlu menunggu mood Mama membaik.


Cancer


Mama Cancer selalu menjaga supaya rumah bisa selalu tenang dan rapi. Yah, ini memang berat. Siapa sih yang bisa menjamin rumah selalu dalam kondisi rapi kalau ada anak-anak?

Tapi, anehnya, anak-anak Mama Cancer memang selalu bisa ikut membantu merapikan rumah lo, meski sekali waktu mereka berantakan juga. Tapi dibandingkan dengan mama-mama zodiak lain, Mama Cancer terhitung cukup sukses menanamkan nilai kerapian rumah pada anak-anak.

Mama Cancer juga dikenal sebagai mama yang overprotektif terhadap anak-anak. Sampai-sampai anak menjadi kurang mandiri dan bisa jadi nantinya akan tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri, kalau harus jauh dari Mama.

Jadi, ada baiknya, sekali waktu biarkan anak-anak berkembang dan perkenalkan mereka pada risiko-risiko yang harus mereka hadapi. Seperti, kalau jatuh itu pasti sakit, bahwa nggak setiap keinginan mereka juga bisa dipenuhi dan lain sebagainya.


Leo


Mama selalu menjadi penasihat yang baik untuk anak-anak. Mama mengajarkan banyak hal mengenai kehidupan secara ‘praktik langsung di lapangan’. Anak-anak sangat mencintai Mama, bukan semata karena Mama adalah mama mereka, namun lebih karena Mama adalah guru terbaik buat mereka.

Mama begitu fun, karena Mama selalu ingat bagaimana Mama bisa bersenang-senang saat masih bocah dan remaja dulu. So, you kind of like to bring your children in your memory, dan mengajarkan cara having fun a la Mama dulu.

Namun, hal ini justru kadang akan membuat Mama menjadi terlalu antusias. Saat anak-anak nggak menyukai acara yang Mama rencanakan, Mama jadi sedikit kesal dan marah.

Well, Mama, ada baiknya sekali waktu membiarkan anak-anak memutuskan sendiri keinginan mereka, dan Mama tinggal mengikuti saja  mau mereka. It would be fun too!


Virgo


Mama Virgo bisa dibilang agak-agak obsesif terhadap kerapian, terutama mengenai manajemen rumah tangga. Mama punya jadwal ketat buat anak-anak, punya everything well-organized untuk anak-anak. Anak-anak Mama tumbuh dalam struktur dan rutinitas yang sangat-sangat baik. Mama membiasakan disiplin waktu terhadap mereka sejak dini. Mama mengajarkan arti dari kesempurnaan pada mereka.

Namun sifat perfeksionis Mama ini juga bukan berarti tak membuat anak-anak kewalahan. Saat ada yang salah dengan struktur atau rutinitas yang Mama buatkan untuk mereka, Mama akan merasa kesal. Parahnya lagi kemudian Mama sering menyalahkan diri sendiri karena adanya ketidaksempurnaan tersebut, dan ini berefek pada anak-anak.

Hmmm, ada baiknya suatu kali belajar menerima kesalahan diri sendiri, Ma. Tunjukkan pada anak-anak, bahwa kita biasa melakukan kesalahan. Yang penting, adalah kita harus secepatnya mendapatkan solusi untuk memperbaikinya.


Libra


Mama sudah menanamkan betapa mahalnya arti kejujuran pada anak-anak sejak dini. Mama juga merupakan mama yang paling adil bagi anak-anak. Dengan dua modal ini, Mama juga selalu bisa mendorong anak-anak untuk terlibat secara sosial dengan lingkungan hidupnya. Karena itu, kalau liburan, Mama lebih cenderung mengajak anak-anak ke tempat-tempat wisata alam ataupun budaya, ketimbang hanya hang out di mal.

Namun, Mama Libra agak sedikit keteteran pada penanaman disiplin sejak dini. Cara mengasuh anak Mama Libra biasanya memang sedikit permisif, dan sering kalah terhadap rayuan dan rengekan anak-anak.

Hmmm, jangan biarkan anak-anak salah mengartikan kebaikan Mama ini menjadi sebuah kelemahan lho, Ma. Disiplin harus sesegera mungkin diajarkan pada mereka.


Scorpio


Mama Scorpio terkenal punya minat akan banyak hal, dan dengan senang hati memperkenalkan semuanya pada anak-anak mereka. Mama juga seorang yang sangat intuitif, terutama jika berhubungan dengan anak-anak. Mama akan memikirkan semua keperluan anak-anak sampai sekecil-kecilnya, sampai ke detail-detailnya.

Sebegitu detailnya, hingga rasanya anak-anak kadang menjadi seperti robot. Mereka hanya mengikuti apa yang sudah Mama persiapkan untuk mereka. Dan kalau ini dibiarkan, bukan nggak mungkin akan terjadi hingga mereka besar nanti.

Ayo, Ma, biarkan anak-anak sekali waktu mengerjakan kegiatan mereka sendiri, misalnya mempersiapkan keperluan sekolahnya sendiri, biarkan mereka mengambil nasi mereka sendiri, dan lain-lain.

Jangan sampai saat mereka dewasa dan sudah menikah, Mama harus ikut juga dalam kehidupan mereka bersama pasangannya.


Sagittarius


Mama Sagitarius adalah mama yang selalu siap untuk bersenang-senang kapan pun, dan selalu suka melakukan hal-hal seru bersama anak-anak mereka.

Mama bahkan mengajak anak bolos sekolah, demi bisa liburan ke pantai. Buat Mama, bersenang-senang itu nggak bisa ditunda. Bersama Mama, hidup anak-anak guaranteed akan selalu penuh dengan petualangan dan diisi dengan berbagai pengalaman seru!

Namun, ada satu masalah terbesar dalam cara mengasuh anak. Mama sering berbicara tanpa berpikir, yang dapat berakibat buruk pada anak-anak. Well, Mama memang harus belajar membedakan, hal-hal apa saja yang bisa dengan jujur diungkapkan pada anak-anak, dan hal-hal apa saja yang harus diperhalus kata-katanya agar tak berefek negatif pada anak-anak.

Ceplas ceplos memang menjadi gaya bicara Mama sehari-hari. Tapi ingat, Ma, bersama anak-anak Mama harus tetap bisa berpikir dewasa.


Capricorn


Mama bekerja keras dan membangun lingkungan yang sangat stabil agar anak-anak bisa berkembang maksimal. Mama selalu menginspirasi anak-anak untuk reach for higher, memotivasi mereka untuk selalu bekerja keras. Tak heran, anak-anak didikan Mama Capricorn biasanya memang mampu meraih sukses dalam kariernya.

Namun, cara mengasuh anak mama Capricorn kadang bisa terlalu serius. Mama memang pendidik yang keras, namun bukan berarti bahwa setiap ada kegagalan, Mama anggap sebagai buah dari kemalasana.

Ada baiknya, Mama berhenti sebentar dan mengevaluasi bersama anak-anak jika mereka kesulitan dalam prosesnya. Sekali waktu, jangan lupa juga untuk mengajak mereka liburan. Ini penting banget untuk keseimbangan diri mereka.


Aquarius


Mama Aquarius adalah contoh mama yang nggak terlalu ambil pusing dengan apa kata orang lain. Mama punya cara mengasuh anak sendiri untuk menjadi mandiri, kreatif dan berpikiran terbuka.

Mama dekat dengan anak-anak, selayaknya seorang sahabat. Mama juga tak segan mengajak serta anak-anak Mama untuk ikut berinteraksi dengan banyak orang, bisa itu teman-teman Mama di kantor, dengan keluarga besar Mama, dan teman-teman gaul Mama lainnya.

Meski dekat bagai sahabat, namun jangan lupa, bahwa anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka membutuhkan sosok yang mampu mereka jadikan contoh, dan bisa mereka lihat sebagai batu penjuru hidup mereka. So, stand up for them at times!

Mama tak bisa terus berada di posisi yang sejajar dengan mereka, sekali waktu ada baiknya Mama tunjukkan otoritas Mama sebagai mama mereka.


Pisces



Seorang Piscesan secara alami memang menyukai anak-anak. Kalau boleh dibilang, orang-orang Pisces punya bakat alami menjadi guru TK.

Mama Pisces adalah mama yang kreatif, artistik, dan penuh kasih. Mama akan dengan mudah menemukan minat anak-anak, terutama dalam hal seni, dan kemudian tahu banget cara memfasilitasi mereka untuk bisa mengembangkan minat tersebut. Mama juga akan mendampingi mereka, dan memberikan tantangan-tantangan yang menyenangkan agar minat dan mimpi anak-anak bisa terwujud.

Saking antusiasnya akan mewujudkan mimpi, Mama tanpa sadar mengajak anak-anak ‘membangun dunia sendiri’. Hal ini terutama dikarenakan Mama memang sangat imajinatif.

Nggak buruk sih, Ma. Tapi ada baiknya juga mengajak anak-anak untuk sedikit down to reality, dan menunjukkan pada mereka dunia nyata itu seperti apa. Supaya pada saat nanti mereka terlepas dari Mama, mereka sudah bisa bersikap dan nggak kaget lagi.


Nah, Mama, tentu dengan mengenali kekuatan karakter cara mengasuh anak dari masing-masing zodiak di atas, Mama kemudian menjadi tahu ya, apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Mama.

Dengan demikian, Mama bisa mencari cara yang solutif untuk menjadikan kelemahan Mama menjadi kekuatan dalam mendidik anak-anak.

Happy parenting now, Mama!
Cara Mengasuh Anak Ternyata Sangat Dipengaruhi oleh Zodiak - Yang Mana Gayamu, Ma? Cara Mengasuh Anak Ternyata Sangat Dipengaruhi oleh Zodiak - Yang Mana Gayamu, Ma? Reviewed by Carolina Ratri on August 06, 2018 Rating: 5

No comments