7 Rahasia Awet Muda Meski Usia Bertambah dari Tahun ke Tahun




Yang namanya usia ya, Ma, memang nggak bisa dibuat jalan mundur. Yang namanya manusia, semakin hari ya semakin tua. Ya tapi masa mau menyerah begitu saja? Enggak dong! Kita harus tahu nih, rahasia awet muda meski usia bertambah dari tahun ke tahun.

Yes, kalau Mama mau (merasa) terus awet muda, ada beberapa rahasia awet muda yang harus Mama ketahui, yang bisa kita lakukan setiap hari!
Coba yuk, kita lihat!


7 Rahasia awet muda meski usia bertambah dari tahun ke tahun


1. Rajin-rajinlah menggunakan pelembap

Pelembap sangat penting untuk digunakan sehari-hari. Ah, tentunya Mama sudah tahu ya, dan barangkali juga sudah rajin menggunakan pelembap.

Ya, pelembap merupakan salah satu rahasia awet muda yang sudah umum diketahui. Nggak hanya bisa digunakan oleh kita yang berkulit kering saja, namun pelembap juga dapat melindungi kulit kita dari sinar matahari langsung, suhu udara yang seringkali ekstrem, dan juga paparan polusi udara.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit Mama ya!

2. Cek ukuran bra

Tahu nggak sih, Ma, kalau bra kita itu semestinya diganti setiap 6 bulan sekali?

Hal ini disebabkan oleh selama beberapa waktu, tubuh kita secara alamiah akan mengalami sejumlah perubahan, bisa berubah secara hormonal ataupun berat badannya. Terutama sih dipengaruhi oleh asupan gizi dan gaya hidup yang kita punya.

Perubahan tersebut juga memengaruhi bentuk dan ukuran payudara kita.

Menurut penelitian dari University of Portsmouth di Inggris, ukuran dan bentuk bra yang nggak sesuai dengan payudara akan bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, misalnya sakit punggung, payudara mengendur, dan seterusnya.
So, now you see, perbedaan ketika payudara kencang dan saat mengendur kan, Ma? Pastinya payudara yang tampak kencang akan membuat Mama tampak jauh lebih muda.


3. Memperhatikan kesehatan gigi

Kondisi kesehatan gigi ternyata amat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan lho!

Sebuah penelitian yang dilakukan di University’s Mailman School of Public Health di Inggris menyatakan, bahwa memelihara kesehatan gigi dan mulut bisa menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung.

Makanya, Ma, kita harus melakukan pembersihan plak dan karang gigi serta pemeriksaan kesehatan mulit setidaknya setiap 6 bulan sekali. Semua ini demi mencegah perkembangbiakan kuman dalam mulut kita.


4. Berusaha untuk selalu bergerak

Yes, tak perlu diragukan, bahwa kalau kita selalu aktif dan rajin bergerak, maka harapan hidup kita pun semakin panjang. Betul, Ma?

Dengan aktif bergerak, detak jantung akan selalu berdetak, kelenjar keringat juga akan terus berproduksi, pun otak Mama juga nggak akan berhenti bekerja. Semua terstimulasi dan terlatih terus. Gimana nggak bikin kita awet muda? Betul?

Bahkan nih, Ma, ada penelitian lo yang membuktikan, bahwa aktivitas berjalan kaki 30 menit yang dilakukan setiap hari mampu memperpanjang usia seseorang hingga 1.5 tahun. Wah!

Jadi, jadwalkan untuk jalan kaki pagi mulai besok ya!


5. Konsumsi sayur dan buah

Nasihat ini sepertinya selalu ada di setiap artikel kesehatan kayaknya ya, Ma. Meski begitu, kita juga masih saja sering lupa kan?

Ya, itu dia. Mama pasti sudah hafal banget dengan manfaat menyantap bahan pangan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, bukan?

Mulai dari menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menjamin asupan vitamin dan mineral dalam tubuh, memelihara kesehatan kulit dan organ lainnya, hingga mampu menguatkan kemampuan otak, itu semua bisa diperoleh hanya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Jadi, apa iya, masih saja alasan untuk nggak mau mengubah pola makan sehat?

Yah, kalau belum bisa sih nggak apa. Lakukan saja barang sehari atau dua hari dulu dalam seminggu. Jika berhasil, maka minggu depan kita bisa menambah hari lagi. Nggak kerasa deh jadinya.


6. Potongan rambut yang sesuai

Gaya rambut juga memengaruhi usia seseorang lo!

Ada potongan rambut yang bisa membuat kita jadi tampak jauh lebih tua dari usia sebenarnya, dan begitu pula sebaliknya. 

Wah, kalau sampai kita salah pilih gaya rambut, berarti bahaya nih!

So, coba deh, temukan gaya rambut yang paling cocok untuk Mama. Investasikan sedikit dana untuk pergi ke salon yang mahal, dan mintalah kapster untuk menatakan rambut Mama sesuai dengan bentuk wajah Mama.

Nah, kalau sudah mendapatkan yang pas, ambil ponsel lalu selfie deh. Bukan buat diupload ke Facebook sih (meski kalaupun iya, nggak apa-apa juga.) Tapi foto itu bisa Mama simpan dan perlihatkan saat lain kali Mama pergi ke salon langganan Mama yang harganya lebih terjangkau.

Nah, kan jadi punya gaya rambut yang cucok sepanjang waktu kan?


7. Berhenti merokok

Ini dia rahasia awet muda yang terakhir nih, yaitu jauhi rokok.

Selain meningkatkan risiko kanker paru-paru dan serangan jantung, paparan zat nikotin dari asap rokok juga bisa menimbulkan kerusakan pada kulit, rambut dan kuku, Ma. Ini masih belum termasuk kerusakan pada mata, terutama kalau Mama menggunakan lensa kontak. Apalagi rokok juga bisa membuat gigi menjadi menguning.

Terus, bagaimana Mama bisa tampak awet muda kalau kulit, rambut, mata, dan gigi Mama rusak? Karenanya, ayo, Ma, sedikit demi sedikit jauhi rokok!


Nah, ternyata simpel saja kan rahasia awet muda kita kali ini, Ma? Pastinya dari beberapa hal di atas, juga sudah Mama lakukan setiap hari. Tinggal melengkapi lagi dengan yang lainnya.
Stay healthy and pretty, Mama!

7 Rahasia Awet Muda Meski Usia Bertambah dari Tahun ke Tahun 7 Rahasia Awet Muda Meski Usia Bertambah dari Tahun ke Tahun Reviewed by Carolina Ratri on August 28, 2018 Rating: 5

No comments