9 Bakat Tersembunyi Ini Hanya Dipunya oleh Ibu Rumah Tangga! Warbiyasak!



Pekerjaan seorang ibu rumah tangga itu termasuk ke jenis ‘thankless job'.

Bener nggak, Ma?

Bener dong! Coba deh, saat Mama memikirkannya, pasti Mama juga setuju kalau pekerjaan ini membutuhkan energi besar, baik fisik maupun psikis.

Ironisnya pekerjaan yang sangat menyita tenaga dan pikiran ini masih dipandang remeh. Sampai sekarang.

Tapi, bagaimana kalau dalam keluarga tak ada sentuhan seorang ibu? Hmmm. Entahlah.

Dan, sadar atau enggak, bahwa seorang ibu rumah tangga itu punya bakat-bakat terpendam dan tersembunyi, yang tak semua orang menyadari, tapi benar-benar tertolong saat kita mulai mengeluarkan bakat-bakat kita itu.

Bingung? Nggak usah.


Nih, bisa dilihat nih, beberapa bakat yang dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga tapi sering nggak dianggap sebagai bakat


1. Menemukan barang-barang yang hilang

Setiap anggota keluarga, entah itu anak ataupun papanya, pasti sering menanyakan benda yang mereka lupakan di mana meletakannya terakhir kali pada Mama. Padahal kalau dipikir ya, yang memakai juga mereka sendiri.

Entah itu remote tivi, kunci motor, topi, kaus kaki, pemotong kuku, sampai tusuk gigi, semua ditanyakan ke Mama. Kadang  bahkan benda itu tak bergerak sejak diletakkan di tempat yang sama, mereka masih saja menanyakannya pada Mama!

Maka, nggak diragukan lagi. Mama memang memiliki kemampuan menemukan barang di lokasi paling tak terduga, seolah ada memiliki GPS canggih yang menempel pada otak Mama dan dapat memindai seluruh area rumah seperti sensor.

Luar biasa sekali!


2. Mengingat jadwal

Seorang ibu rumah tangga itu biasanya punya "mental kalender" luar biasa, nyaingin aplikasi pengingat jadwal di handphone!

Kita selalu tahu kapan jadwal anak PAS, kapan papanya harus berangkat dinas ke luar kota, kapan jadwal anak ke dokter, kapan liburan sekolah, kapan pertemuan komite orang tua, jam berapa Kakak pulang les piano, kapan Adik mesti berangkat les renang, dan seterusnya.

Dan, yang pasti juga, nggak akan pernah lupa tanggal gajian.

Betul? Betul!


3. Mengingat angka

Jumlah receh kembalian yang nggak diserahkan ke Mama oleh Kakak yang disuruh beli gula di warung pun akan diingat dengan tepat.

Nggak hanya itu, otak kita adalah penyimpan dokumen tercanggih yang pernah ada, terkait angka-angka--entah itu waktu lahir hingga ke menitnya, ukuran sepatu, nomer telepon--mulai dari nomor telepon papanya anak-anak, tukang galon, tukang gas, sampai abang sayur!


4. Ingat makanan favorit tiap anggota keluarga

Si Adik nggak suka bubur ayam pakai daun bawang. Si Papa nggak suka pakai kacang. Si Kakak nggak suka pakai bawang goreng.

Yes, Mama ingat semua itu!

Itu baru satu menu makan. Ajaibnya setiap menu makan kesukaan anggota keluarga, Mama bisa hafal apa yang disuka dan tidak dengan detail.


5. Bekerja multitasking

Semua Mama pasti pernah mengaduk opor yang belum matang sambil menggendong bayi, sambil sesekali nengok mesin cuci yang sedang bekerja, dan memotong-motong bawang merah yang akan digoreng untuk taburan opor nanti.

Oh, ya. Itu baru level satu, level yang lebih rumit lagi.

Mama bisa memikirkan banyak hal dan mengatur rencana serta waktu untuk setiap masing-masing anak, lengkap dengan urusan menyiapkan pakaian kerja Papa, sambil memikirkan bahan makanan apa yang habis di kulkas, dan menetapkan waktu untuk bayar tagihan-tagihan secara online.

Tangan memang hanya dua, tapi pekerjaan multitasking dan multithingking semacam itu sudah jadi pekerjaan sehari-hari.


6. Siap-siap dalam waktu singkat

Jika Mama pernah sedang terburu-buru harus pergi ke suatu tempat dan harus membawa perlengkapan anak-anak dengan cepat, maka Mama nggak perlu waktu lama untuk berpikir.

Segera saja ambil ini itu dan segala hal yang dibutuhkan pun siap dibawa dalam waktu singkat.

Bahkan sebagian keperluan pencegah kehebohan pun sudah siap ada di dalam mobil, mulai dari tisu basah, diaper, minuman, makanan, sampai mobil rasa-rasanya mirip dengan supermarket berjalan,

Mama mampu untuk selalu siap dan mengantisipasi segala hal dalam perjalanan. Apalagi jika Mama nyetir sendiri.


7. Penghilang noda andal

Ibu rumah tangga dan noda membandel, bagaikan musuh bebuyutan.

Tapi, noda membandellah yang selalu kalah. Apa pun bisa Mama hilangkan bahkan hanya dengan ramuan sederhana yang bahannya ada di dapur! Entah itu noda susu cokelat di kaus kesayangan Adik, noda kopi di sofa, lumpur, bekas krayon dan spidol bisa Mama hilangkan sampai tuntas.

Punya tongkat sihir ya, Ma?


8. Membuat makanan dari bahan seadanya

Terkadang kita lupa belanja untuk mengisi kulkas. Atau, lebih tepatnya tidak sempat karena padatnya jadwal, entah itu arisan yang berbarengan dengan pertemuan komite dan ada undangan sunatanlah, undangan nikahanlah, bahkan melayat.

Maka pilihan menu untuk makan malam jadi terbatas. Tapi ternyata tanpa diduga, Mama pun sering kali bisa menyulap isi kulkas yang hampir sekarat jadi menu makan yang enak.

Coba lihat makannya anak-anak. Lahapnya! Meski kalau Mama ditanya apa nama masakannya, Mama juga hanya mengedikkan bahu.


9. Tahu saat ada hal yang mencurigakan terjadi

Setiap ibu rumah tangga itu punya radar yang bisa mendeteksi sesuatu yang nggak beres.

Kita bisa memprediksi kesehatan anak yang sedang turun hanya dengan melihat raut mukanya. Kita bisa tahu kalau anak bohong. Atau, kalau si Papa lagi suntuk dengan pekerjaan, kita pun bisa dengan mudah merasakannya!

Lalu, kalau ada hal kurang beres terjadi, maka siapa lagi kalau bukan Mama yang mampu mengatasinya?


Ya, mungkin pekerjaan seorang ibu rumah tangga itu memang betul-betul irit pengakuan. Tapi kita perlu bersyukur bahwa surat tugasnya langsung ditandatangani oleh Tuhan dengan balasan surga.

Jadi, semangat terus ya, Ma!

9 Bakat Tersembunyi Ini Hanya Dipunya oleh Ibu Rumah Tangga! Warbiyasak! 9 Bakat Tersembunyi Ini Hanya Dipunya oleh Ibu Rumah Tangga! Warbiyasak! Reviewed by Carolina Ratri on August 30, 2018 Rating: 5

No comments